10 Tempat Wisata Menarik Di Yogyakarta

Obyek Wisata adalah segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Menurut SK. MENPARPOSTEL No.: KM. 98 / PW.102 / MPPT-87, Obyek Wisata adalah semua tempat atau keadaan alam yang memiliki sumber daya wisata yang dibangun dan dikembangkan sehingga mempunyai daya tarik dan diusahakan sebagai tempat yang dikunjungi wisatawan.

Obyek wisata dapat berupa wisata alam seperti gunung, danau, sungai, pantai, laut, atau berupa objek bangunan seperti museum, benteng, situs peninggalan sejarah, dan lain-lain. Nah kali ini sandk mau ngebagiin tempat wisata yang ada di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta yang wajib kalian kunjungi ketika mapir ke Jogja, berikut ulasannya...

1. Pantai Nglambor


Pantai Nglambor Gunung Kidul ini adalah pantai yang di kelilingi oleh dua bukit kapur yang mempesona. Dan di depan pantai ini sendiri dihiasi juga dengan 2 bukit karang yang juga tak kalah indah dengan bukit kapur yang mengapit Pantai Gesing. Dua bukit karang di depan panti ini juga berfungsi sebagai pemecah ombak dari samudra hindia yang terkenal akan keganasan ombaknya. berkat kedua bukit karang ini, membuat kita bisa menjadi lebih aman jika ingin berenang di pantai ini. Keindahan pantai nglambor ini di tambah dengan indahnya hamparan pasir putih yang mempesona, membuat kita betah untuk disini. Kalian wajib mencoba wahana yang disediakan pengelola, seperti snorkling karena air yang cukup jernih dan ikan-ikannya yang beraneka ragam

2. Kedung Pedut


Kedung Pedut merupakan salah satu wisata alam yang di Kulonprogo yang dikenal karena keindahan warna airnya. Warna air yang sangat cantik terdiri dari dua komponen warna yaitu putih jernih dan hijau. Warna putih jernih terjadi karena aliran air deras yang berasal dari air terjun di samping kedung ini, sedangkan warna hijau tosca terbentuk dari pantulan batuan di dasar sungai yang terpancar sinar matahari. Rute menuju tempat wisata ini tidak sulit, karena hal tersebut dan pemandangan yang sangat asri di kawasan wisata ini cukup banyak menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Di samping kedung juga terdapat beberapa tempat istirahat untuk para wisatawan yang terbuat dari bambu sehingga menambah kesan alami dari tempat ini.

3. Desa Wisata Kalibiru


Terletak di kawasan Perbukitan Menoreh Yogyakarta, Kalibiru memiliki suhu yang sejuk dan udara segar sehingga cocok dijadikan tempat berlibur. Pada mulanya Kalibiru merupakan hutan milik pemerintah, namun kini hutan tersebut dikelola oleh masyarakat setempat dan dikembangkan menjadi wisata alam.

Desa Wisata Kalibiru ini dibuka sekitar tahun 2008 oleh masyarakat setempat secara swadaya, yang dilakukan masyarakat pertama kali adalah membangun jalan setapak kemudian pembangunan berbagai fasilitas lain. Hasil dari kerja keras masyarakat dapat kita lihat seperti sekarang dan berhasil menjadi tujuan wisata sekitar Jogja. Di kalibiru kalian bisa mencoba merasakan wahana yang menarik, seperti Flying Fox serta foto di atas pohon.

4. Pantai Indrayanti (Pantai Pulang Syawal)


Awalnya, pantai ini dikenal dengan Pantai Indrayanti. Penyebutan nama Pantai Indrayanti sebelumnya menuai banyak kontraversi. Indrayanti bukanlah nama pantai, melainkan nama pemilik cafe dan restoran. Berhubung nama Indrayanti yang terpampang di papan nama cafe dan restoran pantai, akhirnya masyarakat menyebut pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti. Sedangkan pemerintah menamai pantai ini dengan nama Pantai Pulang Syawal. Namun nama Indrayanti jauh lebih populer dan lebih sering disebut daripada Pulang Syawal. Keterlibatan pihak swasta dalam pengelolaan Pantai Indrayanti rupanya turut membawa dampak positif. Berbeda dengan pantai-pantai lain yang agak kotor, sepanjang garis pantai Indrayanti terlihat bersih dan bebas dari sampah. Hal ini dikarenakan pengelola tak segan-segan menjatuhkan denda sebesar Rp. 10.000 untuk tiap sampah yang dibuang oleh wisatawan secara sembarangan. Karena itu Indrayanti menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi.

5. Waduk Sermo


Waduk Sermo merupakan satu-satunya waduk yang ada di Jogja. Hijaunya Perbukitan Menoreh adalah latar mempesona yang menjadikannya tampak seperti telaga alami jika dilihat dari kejauhan. Untuk menikmati keelokannya, kita dapat mengelilinginya dengan berkendara atau dapat pula menyewa perahu wisata dan menyusuri tiap sisinya. Selain untuk berwisata, waduk ini juga menjadi tempat favorit mereka yang hobi memancing. Ikan "Setan Merah" adalah jenis ikan yang biasa menyambar umpan para pemancing karena ikan predator jenis inilah yang banyak menghuni waduk. Tak hanya itu saja, Waduk Sermo juga dikenal memiliki senja yang menawan sehingga wajar rasanya bila banyak orang menghabiskan waktu sore mereka di sini. 

6. Goa Pindul

Goa Pindul atau Gua Pindul adalah obyek wisata alam susur Gua bawah tanah, dengan aliran sungai di sepanjang lorong, salah satu tempat wisata dengan kategori minat khusus di Jogja.

Gua Pindul merupakan salah satu dari sekian banyak obyek wisata yang terletak di dusun Gelaran 2, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo kab. GunungKidul. Tepatnya di sebelah timur kota Yogyakarta. Desa ini termasuk  "Desa Wisata" di GunungKidul Yogyakarta.  Sejak tahun 2010 silam Obyek Wisata ini mulai dikembangkan oleh masyarakat sekitar dan hingga sekarang masih menjadi target destinasi untuk para wisatawan lokal, nasional maupun internasional.

7. Kebun Buah Mangunan


Terletak pada ketinggian 150 – 200 mdpl, Kebun Buah Mangunan tidak hanya menyajikan deretan pohon buah-buahan yang tertata apik. Di tempat ini wisatawan dapat menyaksikan keelokan Sungai Oyo yang mengalir meliuk membelah perbukitan.

Berwisata ke kebun buah bersama keluarga tentunya akan menjadi hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika bertepatan dengan musim panen buah sehingga anggota keluarga bisa bersama-sama memanen buah-buahan yang ada. Di Yogyakarta, tepatnya di daerah Mangunan, Bantul juga terdapat tempat rekreasi menarik bernama Kebun Buah Mangunan.

Deretan pohon buah-buahan menghiasi bukit seluas 23 hektar ini. Penataannya pun cukup menarik, yaitu disesuaikan dengan kontur kemiringan bukit. Pohon buah yang ada di tempat ini antara lain durian, mangga, rambutan, jambu air, jeruk, sawo, matoa, jambu biji, cempedak, kelengkeng, manggis, dan masih banyak lagi. Jika kalian ingin melihat negri diatas awan, kalian haru sdatang pagi-pagi karna diwaktu seperti ini yang sangat bagus untuk melihat pemandangannya.

8. Malioboro


Jalan Malioboro adalah nama salah satu kawasan jalan dari tiga jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Secara keseluruhan terdiri dari Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Mulyo. Jalan ini merupakan poros Garis Imajiner Kraton Yogyakarta.

Terdapat beberapa objek bersejarah di kawasan tiga jalan ini antara lain Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret.

Jalan Malioboro sangat terkenal dengan para pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas Jogja dan warung-warung lesehan di malam hari yang menjual makanan gudeg Jogja serta terkenal sebagai tempat berkumpulnya para seniman yang sering mengekpresikan kemampuan mereka seperti bermain musik, melukis, hapening art, pantomim, dan lain-lain di sepanjang jalan ini.

9. Hutan Pinus Mangunan


Hutan Pinus Mangunan merupakan bagian dari Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan yang lokasinya tak jauh dari Imogiri. Karena itu orang-orang kerap menyebutnya dengan nama Hutan Pinus Imogiri. Di kawasan ini wisatawan bisa menyaksikan deretan pohon pinus yang tegak menjulang.

Hutan Pinus Mangunan tidak hanya menjanjikan ketenangan bagi jiwa. Tempat ini juga menawarkan view yang cantik untuk diabadikan dalam jepretan kamera, tak heran jika akhirnya Hutan Pinus Mangunan menjadi salah satu spot hunting foto favorit. Bukan hanya wisatawan yang ingin selfie, pasangan yang hendak menikah pun banyak yang menjadikan tempat ini sebagai setting foto prewedding mereka. Dengan sudut pengambilan gambar yang tepat, foto-foto berlatar hutan pinus nan rimbun ala-ala setting film Hollywood pun bisa didapat. Bagi wisatawan yang menyukai petualangan, Anda bisa trekking mengikuti jalur outbond Wartu Abang menuju sumber mata air Bengkung yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai lokasi pertapaan Sultan Agung Hanyakrakusuma.

10. Pantai Timang


Pantai Timang adalah objek wisata berupa pantai yaitu wilayah yang menjadi batas antara lautan dan daratan yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Timang merupakan salah satu pantai di yogyakarta yang pasirnya berwarna putih. Pantai Timang terletak di antara Pantai Siung dan Pantai Sundak Gunungkidul. Aksesn menuju pantai ini cukup sulit, jalan ke arah pantai ini masih banyak yang belum diaspal karena lokasi pantai ini cukup terpencil. Keunikan pantai ini ialah terdapat sebuah pulau yang menjadi habitat lobster laut diseberang pantai. Ada yang berani mencoba! Seru loh

Masih banyak lagi wisata menarik yang ada di Jogja, jika kalian punya pengalaman menarik selama di Jogja kalian bisa berbagi cerita di kolom komentar yakk
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.