12 Fakta Tentang Negara Indonesia

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau, nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara. Dengan populasi lebih dari 258 juta jiwa pada tahun 2016, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India. Berikut 12 Fakta Tentang Negara Indonesia yang dikutip dari factslides.com

1. Kepulauan Indonesia


Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, dengan lebih dari 13.000 pulau yang membentang dari sabang sampai merauke.

2. Komodo


Komodo adalah hewan nasional dan endemik dari Indonesia.

3. Penebangan Hutan


Indonesia adalah negara dengan rating penebangan hutan terbesar di dunia bersama Brazil diperingkat ke-2 dunia.

4. Islam


Indonesia adalah rumah dari agama islam dengan populasi penduduk beragama Islam terbesar di dunia.

5. Homo Sapiens


Homo Sapiens pertama masuk ke wilayah Indonesia sekitar 45.000 tahun yang lalu.

6. Api Biru


Indonesia mempunyai salah satu kawasan yang menarik di dunia yaitu Gunung Ijen melaui kawahnya yang bisa memancarkan cahaya biru di malam hari.

7. Hukuman Mati


Indonesia adalah negara yang melegalkan hukuman mati bagi para terpidana, hukuman seperti ini juga diberlakukan di negara-negara lain seperti China, India, dan Amerika Serikat. Dan 60% penduduk dunia meninggal dikarenakan hukuman mati.

8. Pernikahan Suku Minangkabau


Pernikahan Suku Minangkabau adalah pernikahan paling menarik dan unik.

9. Rata-Rata Tinggi Wanita


Rata-rata tinggi wanita di Bolivia, Indonesia, dan Guatemala cukup pendek berkisar 4'10 atau lebih pendek.

10. Bocah Perokok


Pada tahun 2010, bayi asal Indonesia menggemparkan dunia, Ardi Rizal. Ardi Rizal bisa menghabiskan 40 batang rokok dalam sehari dan itu sudah menjadi kebiasan bayi ini.

11. Pendudukan Jepang


Sebuah laporan yang berasal dari PBB mengatakan bahwa 4 juta orang meninggal di Indonesia akibat kerja paksa selama pendudukan Jepang di Indonesia.

12. Erupsi Gunung Krakatau


Erupsi gunung Krakatau di Indonesia dipercaya sebagai alasan kenapa langit dilukisan Edvard Munch's "The Scream" berwarna merah.

Itulah 12 fakta tentang Indonesia yang berhasil dikutip di laman factslides.com
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.