Sejarah Perkembangan Sepatu Sepak Bola Dari Masa Ke Masa

Selama berabad-abad yang lalu, ternyata telah ada versi sepatu sepakbola yang tak terhitung jumlahnya - masing-masing dari sepatu menawarkan gaya yang unik dan fitur yang selalu berkembang dari masa ke masa. Beberapa lainnya berfokus pada teknologi sepatu sepakbola yang mutakhir, sementara yang lain mengandalkan kenyamanan dan kesederhanaan.

Foto-foto di bawah ini menunjukkan bagaimana sepatu sepak bola berevolusi selama bertahun-tahun, Anda juga bisa melihat-lihat di timeline interaktif yang dibuat oleh Sun and Sands Sports. Berikut perkembangannya

Prelude, Tahun 1526 : Awal dari sepatu sepakbola


Raja Henry VIII 'Great Wardrobe 1526 adalah yang pertama kali menggunakan sepatu sepakbola, namun kemudian raja Henry melarang permainan sepakbola pada tahun 1540. Sedangkan sejarah menyebutkan "ini adalah awal permulaan sepatu sepakbola dari sepatu sepakbola yang sekarang"

Tahun 1800-an dan awal tahun 1900-an


Salah satu aturan pertama kali diperkenalkan adalah diperlukannya kancing logam dari sepatu yang biasa kita lihat sampai sekarang. Ini membantu mencegah cedera dan merupakan salah satu evolusi pertama dalam desain sepatu sepakbola.

Ini adalah sepatu awal yang dapat dilihat di Piala Dunia tahun 1934 pada pertandingan perempat antara Italia dan Spanyol. Pertandingan yang sangat terkenal dari para pemain Italia yang bermain agresif dan wasit sempat mempertanyakannya. Pada akhirnya Italia menggertak Spanyol keluar dari pertentangan setelah gol Spanyol yang dianulir di kedua pertandingan.

Tahun 1940 dan 1950


Setelah Perang Dunia Kedua desain sepatu sepak bola untuk pertama kalinya diperkenalkan ke publik, dan sepatu sepakbola disain baru mulai berdampakbagi para pemain di dalam permainan.

Pada awal 1950-an Puma dan Adidas memperkenalkan sepatu dengan teknologi lubang tali dan tonjolan di telapak sepatu mereka, yang memungkinkan pemain untuk menyesuaikan sepatu mereka berdasarkan perubahan kondisi cuaca.

Tahun 1960


Pada tahun 1960 teknologi pada sepatu sepak bola terus berkembang pesat, para produsen memangkas disain sepatu tinggi pada masa lalu untuk dibuat pendek, didisain lebih baru, dengan potongan rendah dan lebih ringan. Sepatu bot memungkinkan pemain untuk bergerak lebih cepat dan mengubah arah lebih cepat.

Tahun 1970-an


Tahun 1970-an adalah era baru di dalam dunia sepakbola. Tidak hanya produsen yang semakin baik dalam memproduksi sepatu sepak bola, tapi untuk pertama kalinya beberapa merek mulai mensponsori para atlet. Pemain dibayar oleh produsen untuk aksesoris perlengkapan olahraga, seperti sepatu sepak bola saat mereka sedang bermain.

Adidas memperkenalkan Cosmos pada tahun 1970. sepatu ini adalah salah satu yang pertama yang dirancang untuk mencocokkan kaki para atlet yang sangat unik, seperti kaki milik Franz Beckenbauer. 

Satu lagi adalah Palé "Pemain Terbaik di dalam Turnamen" - yang memakai sepatu PUMA KING sepatu bot dan membantu negara Brasil untuk memenangkan gelar pada Piala Dunia ketigadengan mengalahkan Italia di final Meksiko.

Lalu Nike memasuki pasar dunia sepak bola dan menjadi produsen sepatu sepakbola yang berkembang pesat, dan pertama kali mereka menandatangani kemitraan dengan beberapa asosiasi seperti North American Soccer League associations

Tahun 1980-an



Sama seperti dekade sebelumnya, tahun 80-an membawa lebih banyak  teknologi ke dalam dunia desain sepatu sepak bola. Dan di disain ulang dengan diberikannya penempatan kancing, untuk meningkatkan traksi antara sepatu dan tanah. Para produsen mulai untuk menempatkan kekuasaan & menyimpang zona sepatu sepak bola, "Sweet Spots" yang bila dipukul atau ditendang dengan benar akan memberikan kekuatan yang lebih besar dan kontrol pada tembakan yang akurat.

Pada Copa Mundial, sepatu Adidas adalah sepatu sepak bola paling sukses, dan diperkenalkan untuk Piala dunia tahun 1982 di Spanyol.

Tahun 1990-an


Pada periode ini kita akan melihat perbedaan tidak hanya warna, ukuran, dan bentuk, tetapi juga pada kancing yang digunakan pada bagian bawah sepatu. Telapak sepatu juga menjadi fokus utama, dan dirancang untuk menjadi lebih fleksibel, meningkatkan keseimbangan pemain dan memungkinkan untuk melakukan gerakan alami lainnya pada sepatu

Tahun 2000-an

Pada dekade pertama abad ke-21 berbagai teknologi sepatu baru seperti prototyping cepat dan laser cutting menjadi lebih terjangkau. Akibatnya, mereka mulai menemukan cara mereka di dalam desain sepatu sepak bola. Lompatan besar ini memungkinkan para manufaktur untuk mulai memproduksi beberapa sepatu bola yang sepenuhnya disesuaikan untuk pertama kalinya.

Masa depan sepatu sepak bola


Permainan modern sepak bola telah meranjak secara lebih cepat, dengan para pemain yang lebih cenderung teknis daripada sebelumnya. Untuk mendukung generasi baru dari para atlet, produsen sekarang menginvestasikan sumber daya yang substansial dalam teknologi yang lebih baik dan bahan yang lebih baru untuk sepatu mereka.

Produsen tidak lagi diperlukan untuk memilih antara perlindungan, kinerja atau gaya - ketiganya dapat dikombinasikan dan disampaikan dalam desain yang sama. Selama ada sepak bola, akan ada kebutuhan untuk sepatu sepak bola. Sama seperti industri lainnya, produsen sepatu sepak bola akan selalu mencari cara baru untuk membuatnya lebih cepat, sepatu sepakbola ringan dan lebih kuat, dan kita tidak bisa menunggu untuk melihat apa yang mereka sedang kerjakan untuk sepatu sepakbola pada masa mendatang.

Kredit Foto BoredPanda
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.