10 Negara Terkecil Di Dunia

Dari hampir 200 negara yang ada di dunia ini, tak semuanya "layak" disebut negara jika dilihat dari luas wilayahnya. 

Beberapa negara di dunia, khususnya yang ada di dalam daftar berikut ini, hanya memiliki wilayah kurang dari separuh ibu kota Jakarta yang memiliku luas sekitar 660 kilometer persegi. Negara mana saja, berikut ulasannya yang berhasil dikutip dari laman Kompas

10. Malta


Malta adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri atas tujuh negara yang terletak di Laut Tengah. Meski memiliki tujuh pulau tetapi luas negara ini secara keseluruhan hanya 316 kilometer persegi. Dari ketujuh pulau itu hanya tiga yang berpenghuni yaitu Malta, Gozo dan Cominel. 
Negeri ini hanya memiliki populasi kurang dari 450.000 jiwa sekaligus menjadikannya salah satu negara terpadat di dunia.

9. Maladewa


Kepulauan ini terletak di Samudera Hindia dan terdiri dari 1.900 pulau tetapi hanya 200 pulau saja yang berpenghuni. Meski memiliki 1.900 pulau Maladewa hanya memiliki luas wilayah 298 kilometer persegi dengan populasi sekitar 393.000 jiwa. Maladewa sudah dihuni manusia sejak abad ke-5 sebelum masehi. Bangsa Portugis, Belanda dan Inggri sudah bergantian menjajah negeri ini sejak abad ke-16 sebelum merdeka pada 1965.

8. Saint Kitts and Nevis


Negeri kepulauan ini terletak di Lautan Karibia dan mulai diketahui keberadaannya ketika Christoforus Kolombus tiba di tempat ini pada 1498. Inggris tiba di kepulauan ini pada 1623 yang kemudian disusul Perancis pada 1627.

Alhasil kedua negara ini memperbutkan St Kitts and Nevis selama hampir satu abad, hingga Inggris resmi berkuasa pada 1723 hingga negeri ini merdeka pada 1983. Kepulauan dengan wilayah selyas 261 kilometer persegi ini berpenduduk hampir 52.000 jiwa dan dikenal dengan pantai yang indah, lembah yang hijau dan iklim yang nyaman. Negeri mungil ini menggantungkan perekonomiannya dari perkebunan gula dan industri wisata.

7. Kepulauan Marshall


Kepulauan Marshall di Samudera Pasifik terdiri atas ratusan pulau kecil yang tersambung dengan 29 karang atol. Namun, 68.000 penduduk negeri ini hanya tinggal di 24 pulau saja. Spanyol, Jerman, Inggris, Jepang dan AS bergantian menduduki kepulauan ini hingga merdeka pada 1986. Perekonomian negeri ini ditunjang industri kerajinan tangan, kopra, pengolahan ikan dan wisata.

6. Liechtenstein


Liechtenstein adalah negeri kerajaan kecil di Pegunungan Alpen di antara Swiss dan Austria. Negeri ini hanya memiliki wilayah seluas 160 kilometer persegi dengna populasi 37.000 orang. Meski kecil, negeri ini sangat makmur dengan pendapatan per kapita mencapai 25.000 dolar AS, sehingga Liechtenstein termasuk negeri terkaya di dunia. Selain kaya, angka pengangguran di Liechtenstein juga sangat kecil, yaitu hanya 1,5 persen dari seluruh jumlah penduduknya. Industri utama negeri ini adalah baja, keramik, produk-produk dental dan elektronika serta pariwisata.

5. San Marino


Dengan wilayah hanya seluas 61 kilometer persegi, San Marino menjadi negeri terkecil ketiga di Eropa. Seluruh perbatasan negeri ini dikelilingi Italia. Selain kecil, San Marino adalah republik tertua di Eropa karena telah berdiri sejak 301 M. Negeri berpenduduk hanya 30.000 jiwa ini juga merupakan salah satu negara terkaya dengan pendapatan per kapita mencapai 36.000 dolar AS. Untuk menghidupi diri, San Marino menggantungkan perekonomiannya pada industri wisata, perbankan dan tekstil.

4. Tuvalu


Negeri kepulauan di Pasifik ini terdiri dari lima atol dan empat pulau dengan penduduk sebanyak 11.000 jiwa. Titik tertinggi negeri ini hanya 4,5 meter dari permukaan laut sehingga kepulauan ini sangat terancam naiknya permukaan laut. Kepulauan ini sudah dihuni manusia sejak abad pertama Masehi dan setelah dijajah Inggris, Tuvalu merdeka pada 1978.

3. Nauru


Nauru adalah negeri pulau terkecil di dunia karena hanya memiliki wilayah sekuas 21 kilometer persegi.  Dengan penduduk kurang lebih 10.000 jiwa, Nauru menjadi negara dengan penduduk paling sedikit kedua di dunia.  Nauru pernah menjadi penghasil fosfat utama dunia pad 1960-1970, tetapi karena penambangan yang serampangan maka sumber daya alam itu kini nyaris habis.

2. Monako


Negeri mungil di sisi selatan Perancis ini merupakan negara terkecil kedua di dunia dengan luas wilayah hanya 2 kilometer persegi saja. Namun di Monako yang sempit itu tinggal hampir 40.000 jiwa sehingga membuat negeri ini menjadi salah satu tempat terpadat di dunia. Negeri kecil ini hanya memiliki satu pemerintah daerah sehingga menjadikannya sebuah negara sekaligus sebuah kota.

Dengan pendapatan mencapai 6,7 miliar dolar AS setahun, Monako menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Sentra perjudian Monte Carlo yang terkenal ini menjadi daya tarik sekaligus pendapatan utama negeri ini. Akibat pendapatannya yang tinggi dari perjudian, pemerintah Monako tidak membebankan pajak pendapatan kepada rakyatnya dan hanya mengenakan pajak yang sangat ringan untuk pengusaha.

1. Vatikan


Vatikan, yang sepenuhnya berada di dalam wilayah kota Roma, merupakan negara terkecil di dunia dengan luas hanya 0,44 kilometer persegi. Vatikan juga menjadi negeri dengan populasi paling sedikit di dunia karena hanya memiliki 850 warga negara.

Vatikan adalah sebuah negara monarki dengan kepala negara Uskup Agung Roma yang juga sekaligus sebagai pemimpin umat Katolik sedunia. Rekor lain yang dimiliki Vatikan adalah jalur kereta api terpendek di dunia sepanjang 1,27 kilometer.

Vatikan dulunya tak sekecil ini, ketika seluruh semenanjung Italia masih berada di bawah kekuasaan Paus (700-1870). Saat itu Negeri Kepausan memiliki wilayah seluas 44.000 kilometer persegi. Namun, setelah unifikasi Italia pada 1870, sebagian besar bagian Negara Kepausan memilih menjadi wilayah Italia. Perjanjian Lateran yang ditandatangani pada 11 Februari 1929 antara Kerajaan Italia dan Tahta Suci memastikan Vatikan tetap menjadi sebuah negara independen.

Sumber internasional.kompas.com
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.