7 Kapal Pesiar Paling Mewah di Dunia

Kapal pesiar (bahasa Inggris: cruise ship atau cruise liner) adalah kapal penumpang yang dipakai untuk pelayaran pesiar. Penumpang menaiki kapal pesiar untuk menikmati waktu yang dihabiskan di atas kapal yang dilengkapi fasilitas penginapan dan perlengkapan bagaikan hotel berbintang. Sebagian kapal pesiar memiliki rute pelayaran yang selalu kembali ke pelabuhan asal keberangkatan. Lama pelayaran pesiar bisa berbeda-beda, mulai dari beberapa hari sampai sekitar tiga bulan tidak kembali ke pelabuhan asal keberangkatan.

Kapal pesiar berbeda dengan kapal samudra (ocean liner) yang melakukan rute pelayaran reguler di laut terbuka, kadang antar benua, dan mengantarkan penumpang dari satu titik keberangkatan ke titik tujuan yang lain. Kapal yang lebih kecil dan sarat air kapal yang lebih rendah digunakan sebagai kapal pesiar sungai.

Seperti dikutip melalui laman DW Indonesia, Kamis (01/09/16) Kapal pesiar pribadi adalah simbol kemewahan yang absolut. Sebab itu penguasa dan kaum kaya gemar menghias diri dengan mainan mewah ini. Beberapa bahkan dilengkapi dengan kapal selam dan sistem pertahanan peluru kendali. Mau tau info lebih lanjutnya berikut ulasannya..

1. Terpanjang di Dunia


Predikat kapal pesiar pribadi paling panjang di dunia saat ini masih dipegang "Azzam." Kapal buatan Luersen Werft di Bremen, Jerman, ini memiliki panjang 180 dan pernah dimiliki oleh Syeikh Khalifa bin Zayed al Nahyan, penguasa Uni Emirat Arab. Kapal ini tidak cuma menawarkan kemewahan, tetapi juga sistem pertahanan dengan kapal selam dan peluru kendali.

2. Istana Sultan di Samudera Lepas


Tunggangan penguasa Oman, Sultan Qabus Ibnu Said ini, memang cuma memiliki panjang 164 meter. Tapi "Fulk al Salamah" mengantongi gelar kapal pesiar pribadi paling besar di dunia dengan delapan lantai. Istana laut buatan galangan kapal Mariotti, Italia, ini memiliki ajungan pendaratan helikopter, bioskop, kolam renang, pantai buatan dan garasi untuk kapal cepat.

3. Ketiga dari Rusia


Pernah didaulat sebagai kapal pesiar pribadi terbesar di dunia, kini "Eclipse" milik penguasaha Rusia Roman Abramovich mendarat di peringkat ketiga. Dengan panjang 164 meter, kapal buatan Blohm + Voss ini mampu menampung 36 tamu di 18 kabin dan 70 kru kapal. Menurut produsennya, "Eclipse" juga menampung kapal selam berkapasitas tiga orang dan dua kolam renang yang masing-masing sepanjang 16 meter.

4. Siluman Laut


Kapal bernama "A" milik bankir Rusia Andrey Melnichenko ini bukan yang terpanjang atau terbesar. Tapi "A" memiliki keunikan yang jarang ditemui pada kapal pesiar, yakni teknologi siluman. Menurut desainernya, karakter unik kapal tersebut cocok untuk sang pemilik yang merupakan jenius matematika.

5. Mutiara Nahyan


Adalah pemilik klub Inggris Manchester City, Syeikh Mansour bin Zayed al Nahyan yang memesan kapal mewah ini seharga 400 juta Dollar AS dari galangan kapal Luerssen di Jerman. Hanya saja biaya operasionalnya tidak murah. Pengisian bahan bakar saja sudah menelan biaya sebesar 500.000 Dollar AS.

6. "Graceful" yang Penuh Gosip


Kendati bukan yang termewah, "Graceful" punya kisah unik. Kapal yang dirampungkan oleh Blohm + Voss di Jerman ini awalnya dibangun di galangan kapal Sevmash milik militer Rusia. Selain dikendalikan oleh kapten berlatarbelakang militer, "Graceful" juga sering terlihat melabuh di Sochi, Rusia. Tidak heran jika banyak yang menggosipkan "Graceful" sejatinya milik Presiden Rusia Vladimir Putin.

7. Kapal Sewa Kaum Berduit


Berbeda dengan kapal pesiar lain, "Samar" yang memiliki panjang 77 meter ini bisa disewa oleh publik umum. Biayanya mencapai 650.000 Dollar AS per pekan. Untuk itu penyewa bisa mendapatkan istana laut yang memiliki garasi mobil, spa, bioskop, kolam renang dan mampu mengelilingi dunia dengan daya jangkau 6000 mil laut.

Sumber Deutsche Welle, rzn/yf (dari berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.