10 Bakso Unik Yang Ada di Indonesia

Bakso adalah suatu makanan berbentuk bola-bola yang terbuat dari tepung dan daging. Untuk menambah selera dan rasa, biasanya makanan ini disajikan dengan tambahan kuah dan mie.

Seluruh orang Indonesia pasti sangat kenal dengan yang namanya Bakso. Selain Nasi Goreng, Mie Goreng, dan Mie ayam makanan yang sering dijual di pinggiran jalan, makanan yang satu ini juga tidak kalah populernya. Bakso banyak sekali yang penggemarnya lho! Dengan sensasi kuah yang segar, gumpalan daging nya yang gurih rasanya pasti sangat lezat. Hmmm.... tapi tahukah kamu? di Indonesia ini ada bakso yang unik dan menggoda kita untuk mencicipinya. Yuk langsung saja simak!

1. Kalau bakso biasanya identik dengan kuah bening, kamu wajib rasakan sensasi dari bakso comberan ini. Asal nggak sambil bayangin comberan beneran, bakal nikmat kok makannya

Bakso comberan
Warung bakso comberan ini milik pak Brewok, yang terletak di wilayah Depok, tepatnya di perempatan Jalan Ridwan Rais dengan Jalan Walet dan Jalan Lengkeng (depan pintu masuk UI). Bakso andalannya ialah bakso comberan. Yap, kuahnya asli berwarna hitam dan keruh seperti layaknya comberan atau air selokan yang keruh itu. Hehee… Warna hitam pada kuah bakso ini berasal dari kluewek yang menghasilkan kaldu mirip seperti kuah rawon. Rasanya baik-baik aja kok, unik dan gurih karena perpaduan antara bakso dan kuah rawon ini. Keunikan lainnya ialah potongan tulang belulang ayam yang memenuhi mangkok bakso. Jadi kapan kamu ke sini?

2. Kalau kamu menganggap bakso selalu bulat, kamu salah. Datang ke bakso barbel ini kamu akan gamang, mau makan atau malah olahraga?

Bakso Barbel
Siapa sangka kuliner bakso barbel ini ternyata milik si Agung Hercules. Sama seperti mikrofong bentuk dumbell yang kerap dipakainya saat bernyanyi, bentuk bakso Malang produksinya juga serupa alat olahraga itu. Nggak hanya baksonya saja, namun mangkok, sendok, garpu, tempat sambal, hingga bangku yang digunakan pun berbentuk dumbell. Totalitas banget ya? Kuliner unik ini hadir di Bandung, tepatnya di daerah Antapani dan Jalan Riau.

3. Semprotan gurih segar ala bakso moncrot bisa jadi tujuanmu kalau lagi ada urusan di daerah Tebet, Jakarta. Kata siapa bakso nggak bisa dicampur sayuran?

Bakso Moncrot
Bakso bisa dipadupadankan dengan sayuran ternyata, tomat misalnya. Datanglah ke gerai bakso sederhana bernama Bakso Moncrot di kawasan Tebet, di sini kamu akan mendapatkan pengalaman lidah yang berbeda. Suapan baksomu yang bertekstur kenyal akan berpadu dengan asam segarnya tomat, ditambah saat kamu menyeruput gurihnya kaldu. Duh! Kata moncrot sendiri berasal saat kamu membelah bakso berselimut tomat ini, seketika air tomatnya akan keluar kemana-mana. Hihiii…

4. Yang satu ini sih antimainstreamnya udah level dewa. Bayangin deh, ketika kurma yang manis dijadikan isian bakso. Rasanya gimana ya?

Bakso isi kurma
Bakso super unik ini bisa kamu temui di foodcourt daerah Tebet, Jakarta Selatan, tepatnya di Corner Tebet Utara (CTU). Buah kurma yang identik dengan sajian berbuka puasa saat ramadhan tiba itu dijadikan isian baksonya, kurang unik apa? Pemilik kedainya memang keturunan Arab, dan ingin menciptakan sensasi rasa berbeda dari bakso-bakso lain yang sudah ada. Ukurannya yang besar, dijamin bikin kamu langsung kenyang selesai melahap semangkok bakso kurma ini.

5. Nggak cuma kurma, bakso rambutan pun ada. Sensasi kriuk-kriuknya bikin nagih. Kalau nggak percaya, buruan ke sana gih..

Bakso rambutan
Bakso rambutan ini cuma ada di warung Pak Bas yang terletak di Jalan Danau Sentani Raya H1-B41 Sawojajar, Malang. Penampilannya begitu menggugah selera. Dibuat dari daging sapi dan ayam, kemudian ditambahkan dengan kulit pangsit yang dirajang tipis dan dibalutkan pada adonan bakso. Karena sepintas tampilannya menyerupai buah rambutan, maka disebutlah bakso rambutan, dalemnya berisikan telur puyuh. Krispi di luar, lembut di dalam, ahh jadi nggak sabar.

6. Bakso telur setengah matang ini nyaris mirip sama bakso comberan. Ketika kuah bening bakso tercampur kuning telur yang masih cair itu~

Bakso telur lumer
Bakso isi telur memang sudah biasa dibuat, bagaimana dengan bakso isi telur setengah matang yang kuning telurnya masih cair? Saat bakso dibelah dengan sendok, seketika kuning telur ini akan luber dan bercampur dengan kuah, rasanya pun akan jadi berkali-kali lipat lebih nikmat.Yang begini jelas banyak penggemarnya~

7. Bakso setan memang menyeramkan. Bakso dengan penampakan sebesar bola takraw ini diisi daging sapi giling dan disajikan dalam mangkuk penuh.

Bakso bola takraw
Bakso ini bisa kamu temui di puncak Bogor. Beratnya mencapai 500 gram, dan harga per porsinya Rp 50 ribu. Walau untuk ukuran bakso harganya relatif mahal, namun pelanggannya terus datang dan datang lagi karena rasa yang didapat dirasa setimpal. Meski raksasa, bakso ini mudah dimakan karena kenyal serta daging gilingnya yang empuk. Kuahnya disajikan terpisah, dicampur dengan mie atau bihun serta sayur sebagai pelengkap. Biasanya, seporsi bakso setan ini bisa disantap bersama tiga orang, jadi cukup murah kan kalau begini? Hehee…

8. Jangan ngaku pecinta pedas dulu, sebelum mampir ke Jakarta Selatan dan berhasil menghabiskan seporsi Bakso Mercon yang satu ini. Rasa pedasnya bikin inget omongan mantan

Bakso Mercon
Bakso mercon ini jadi variasi bakso isi yang digemari. Dalam bulatan adonan bakso, tersembunyi sambal yang super pedas. Dijamin, keringatmu akan langsung bercucuran dan lidahmu serasa terbakar. Berlokasi di Karet Pedurenan, Kuningan, bakso yang satu ini sudah punya banyak pelanggan. Ukuran baksonya lumayan besar, begitu dibelah akan nampak sambal rawit merah memenuhi setengah permukaan bakso, ada pula cacahan daging giling yang terselip diantaranya. Udah, nggak usah nambah sambal segala..

9. Sama halnya dengan bakso barbel, bakso gulung bragi seolah membuktikan bahwa bakso tak selalu bulat. Bakso berbentuk silinder ini sering bikin orang ngiler

Bakso Gulung
Bertempat di Jalan Palayu, Bantarjati, Bogor, di sini kamu bisa menemukan bakso yang tidak bulat. Adonan bakso dari daging digulung dengan menggunakan kembang tahu, jadilah bentuknya silinder. Selain bentuknya yang unik, bakso gulung ini juga punya tekstur unik. Baksonya yang kenyal serta kembang tahu yang sedikit krispi dan liat, membuat sensasi rasa enak yang membuat siapapun ketagihan.

10. Kenyal pedas bakso penyet ini rasanya pas untuk santap malammu. Bakso ternyata bisa kok dipisahkan dari kuahnya

Bakso Penyet
Bakso nggak hanya enak dimakan dengan kuah gurih saja. Pasalnya, makanan bertekstur kenyal ini pun cocok disantap bersama sambal penyetan yang pedas. Selain ayam dan iga, banyak restoran yang kini berkreasi dengan resep bakso penyetnya. Biasanya, bakso digoreng dan diberi tambahan sambal pedas menyengat. Kalau yang ini, kamu bisa menyantapnya dengan nasi putih yang hangat. Di Jakarta, kamu bisa mengunjungi warung Bu Kris yang ada di Jalan Raya Fatmawati untuk menikmatinya.


Jadi, gimana? Makin cinta pada Indonesia karena aneka sajian unik baksonya? Kamu sudah coba yang mana aja? Jadiin wish list kamu sampai akhir tahun boleh juga, hihii… Indonesia itu nggak cuma alamnya aja yang surga, tapi juga kulinernya. Jangan lupa ajak dia ya (diahanggra, hipwee.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.