10 Manfaat Dari Bunga Pepaya Untuk Kesehatan Kita

Pepaya adalah monodioecious' (berumah tunggal sekaligus berumah dua) dengan tiga kelamin: tumbuhan jantan, betina, dan banci (hermafrodit). Tumbuhan jantan dikenal sebagai "pepaya gantung", yang walaupun jantan kadang-kadang dapat menghasilkan buah pula secara "partenogenesis". 

Buah ini mandul (tidak menghasilkan biji subur), dan dijadikan bahan obat tradisional. Bunga pepaya memiliki mahkota bunga berwarna kuning pucat dengan tangkai atau duduk pada batang. Bunga jantan pada tumbuhan jantan tumbuh pada tangkai panjang. Bunga biasanya ditemukan pada daerah sekitar pucuk.
Apakah kamu tahu? jika semua bagian pepaya bermanfaat lho! Mulai dari akar, daun, buah, getah samapai bunga pepaya mempunyai manfaat. Langsung saja simak yuk manfaat bunga pepaya untuk kesehatan kita

Bunga Pepaya
Kandungan Gizi Bunga Pepaya

Khasiat bunga pepaya, terletak di dalam kandungan gizinya yang melimpah. Di dalam setiap 100 gram bunga pepaya, terdapat:

Kandungan dalam bunga pepaya
Berbagai kandungan gizi yang terdapat di dalam bunga pepaya mungkin masih tidak cukup untuk membuat bungan pepaya ini dikonsumsi, karena tidak suka akan rasanya yang pahit. Padahal khasiat bunga pepaya yang kita dapatkan setelah mengkonsumsi, akan membuat anda melupakan rasa pahitnya, seperti berikut ini :

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan dalam bunga pepaya seperti tannin membantu organ-organ pencernaan di dalam tubuh, untuk melakukan fungsinya dengan optimal. Kandungan gizi di dalam bunga pepaya yang membantu fungsi organ pencernaan ini, akan membuat metabolisme tubuh pun menjadi lebih lancar.

2. Memperbaiki Nafsu Makan

Jika anak sedang mengalami kesulitan makan, bunga pepaya bisa digunakan sebagai obat untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang. Penggunaan bunga pepaya untuk tujuan ini, sudah banyak dilakukan sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Dan hasilnya pun terbukti sangat ampuh untuk membuat nafsu makan kembali.

3. Menangkal Radikal Bebas

Di dalam bunga pepaya mengandung unsur yang berperan sebagai manfaat antioksidan. Antioksidan sendiri berguna untuk menangkal masuknya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Radikal bebas yang berasal dari polusi yang terjadi di lingkungan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang dapat merugikan kesehatan.

4. Melancarkan Peradaran Darah

Jika mengalami penyakit tekanan darah tinggi, tembahkan bunga pepaya pada menu makanan secara teratur, bisa membantu untuk menormalkan kembali tekanan darah. Kandungan yang ada di dalam bunga pepaya sangat bermanfaat untuk mengatur sirkulasi darah di dalam tubuh, serta melancarkan kembali peredaran darah, yang juga di dapat dari :

5. Menjauhkan dari Penyakit Kanker

Manfaat senyawa flavanoid dan antioksidan yang terdapat di dalam bunga pepaya dapat berfungsi untuk menangkal dan mencegah masuknya radikal bebas di dalam tubuh sebagai penyebab macam-macam kanker. Flavonoid dan antioksidan juga mempunyai fungsi lain yakni untuk menjaga kestabilan sistem imun tubuh kita.

6. Mengobati Diabetes

Bunga pepaya dipercaya dapat membantu menurunkan kadar insulin di dalam tubuh sebagai penyebab utama seorang mengalami diabetes. Meskipun demikian, belum ada penelitian yang secara ilmiah menunjukan bahwa bunga pepaya memang bisa menyembuhkan diabetes. Namun orang-orang jaman dulu banyak yang mengkonsumsi bunga pepaya ini, guna mengontrol kadar dula di dalamnya.

Seperti manfaat buah-buahan alami, manfaat bunga pepaya ini termasuk juga untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Karena banyak dirasakan perubahan yang lebih baik setelah mengkonsumsi bunga pepaya.

Baca Juga:
  1. Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan
  2. 8 Khasiat Buah Pare Bagi Tubuh Kita

Dr. Shika Sharma, seorang dokter di sebuah institusi kesehatan juga mengamini hal tersebut, dan mengungkapkan jika memang bunga pepaya mengandung banyak vitamin dan unsur-unsur yang dapat berfungsi untuk menyembuhkan.

7. Menurunkan Berat Badan

Bunga pepaya seperti manfaat buah pepaya juga mengandung serat, vitamin A, B dan C yang cukup, walaupun tidak sebanyak pada buahnya. Bunga pepaya memiliki manfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Makanlah bunga pepaya secara teratur yang diimbangi dengan pola hidup sehat, maka berat badan pun akan menjadi seperti yang diimpikan.

8. Menurunkan Kolesterol

Bunga pepaya juga terbukti kaya akan folat dan antioksidan yang juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk menurunkan kolesterol. Dengan mengkonsumsi bunga pepaya, tubuh akan menambah asupan folat serta antioksidan yang dapat melawan kolesterol jahat di dalam tubuh.

9. Mencegah Penyakit Stroke

Kandungan di dalam bunga pepaya dengan tingkatan yang tinggi, sangat berguna untuk sebagai pencegahan penyakit stroke yang dapat diakibatkan oleh buruknya sirkulasi darah di dalam tubuh.

10. Mencegah Serangan Jantung

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, manfaat bunga pepaya mengandung sejumlah zat yang  bisa membantu melancarkan peredaran darah. Hal ini selanjutnya akan membantu jantung tetap sehat, serta bisa mencegah serangan jantung.

Nah itu dia manfaat dari bunga pepaya. Semoga bermanfaat ya.(diahanggra, manfaat.co.id)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.