4 Phobia Paling Aneh di Dunia

Phobia adalah rasa takut yang berlebihan terhadap objek atau situasi tertentu. Ketakutan berlebihan ini tidak jarang menyebabkan depresi, kecemasan, serta kepanikan yang parah.

Berdasarkan jenis ketakutannya, phobia dibagi menjadi dua. Phobia yang pertama adalah phobia spesifik. Phobia spesifik biasanya mulai berkembang sejak masa kanak-kanak atau remaja. Contoh-contoh phobia spesifik adalah phobia terhadap lingkungan (kedalaman air atau ketinggian), phobia terhadap hewan (ular, ulat, atau laba-laba), phobia terhadap situasi (berkunjung ke dokter), phobia seksualitas (takut tertular penyakit seksual), dan phobia secara fisik (takut jarum suntik atau darah).

Phobia jenis kedua adalah phobia kompleks. Jenis phobia ini biasanya berkembang di masa dewasa. Salah satu contoh phobia kompleks adalah phobia sosial. Orang yang menderita phobia ini akan merasa cemas ketika berada di lingkungan sosial. Mereka takut dipermalukan orang lain atau mempermalukan dirinya sendiri jika salah bicara. Tentu saja hal ini akan sangat mengganggu keseharian penderitanya, termasuk dampaknya dalam dunia bisnis, pekerjaan, relasi, maupun terhambatnya pengembangan diri.

Tapi apakah kalian tahu? ternyata phobia itu ada yang aneh. Mungkin kalian pernah mendengarnya, atau bahkan kamu yang mengalami phobia ini? Yuk langsung saja simak phobia apa yang paling aneh di dunia!

1. Xanthophobia

Xanthophobia
Banyak sekali warna yang terdapat di dunia ini dari mulai warna merah, pink, cokelat, hijau dan sebagainya. Warna memiliki peran yang penting dalam membuat hidup lebih indah, dinamis dan tidak membosankan. Semua hal yang ada di dunia ini tentu memiliki warna. Bahkan, banyaknya pilihan warna yang ada membuat setiap orang memiliki warna kesukaan tersendiri. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi penderita Xanthophobia. 

Xanthophobia merupakan phobia paling aneh yang pertama,  phobia ini disebabkan oleh warna kuning. Pengidap Xanthophobia akan berteriak-teriak saat melihat semua yang berwarna kuning dan saat mendengar kata kuning karena rasa takut yang berlebihan terhadap warna yang identik dengan pisang dan matahari ini. Biasanya hal ini dipicu oleh trauma masa lalu yang menakutkan atau mengejutkan dari penderita yang melibatkan warna kuning.

2. Venustraphobia

Venustraphobia
Pria tentu menyukai wanita yang cantik dan wanita menyukai pria yang tampan, hal ini memang telah menjadi kodrat alami manusia. Pria akan senang saat melihat, bertemu, berteman atau bahkan berpacaran dengan wanita cantik dan begitu pula wanita. Berbagai cara dilakukan pria untuk bisa dekat atau menjalin asmara dengan wanita yang cantik. 

Namun, hal ini tidak berlaku bagi pengidap Venustraphobia. Venustraphobia merupakan phobia paling aneh kedua. Phobia ini dialami oleh pria, di mana dia akan merasakan takut berlebihan jika berdekatan, bertemu, bahkan sekedar melihat wanita cantik. Tentu hal ini akan sangat merepotkan. Hal ini umumnya dipicu oleh kejadian mengerikan yang pernah dialami penderita dan melibatkan keberadaan wanita cantik.

3. Ombrophobia

Ombrophobia
Semua negara pasti memiliki musimnya sendiri, baik musim salju, gugur, semi, panas, hujan dan sebagainya. Namun, musim yang pasti ada di hampir seluruh negara adalah musim hujan. Terutama Indonesia yang memang dikategorikan negara beriklim tropis sehingga musim panas dan musim hujan tentu hal yang akan selalu ditemui setiap tahunnya. 

Beberapa orang juga begitu mengidolakan hujan karena air yang menetes bisa menyuburkan berbagai tanaman, menyegarkan udara, mendinginkan suhu dan sebagainya. Tetapi tidak semua orang merasakan hal ini. Hujan menjadi momok yang menakutkan dan musuh utama bagi para penderita Ombrophobia. Phobia paling aneh berikutnya adalah Ombrophobia di mana penderita phobia ini akan meringkuk ketakutan di rumah ketika hujan turun dan berteriak-teriak tak jelas saat tanpa sengaja terkena tetesan air hujan.

4. Pogonophobia

Pogonophobia
Fisik pria tentu akan berubah sesuai dengan pertambahan umur, begitu juga bagi wanita. Pria dewasa akan mengalami perubahan fisik seperti tumbuhnya cambang, tumbuhnya jenggot dan perubahan suara yang menjadi lebih matang. Perubahan ini tentu menjadi hal yang wajar dan biasa bagi wanita, tetapi tidak bagi wanita penderita Pogonophobia. 


Pogonophobia merupakan phobia paling aneh lainnya yang menjangkit wanita dalam bentuk kegelisahan dan ketakutan berlebihan saat mendapati pria berjenggot. Menurut data yang ada, wanita pengidap ketakutan ini semakin hari semakin meningkat. (diahanggra, kepoan.com, alodokter.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.