5 Bahan Alami Pencegah Kanker Kelenjar Getah Bening

Mencegah merupakan salah satu tindakan yang lebih baik daripada mengobati. Begitu pula tubuh kita, yang harus dicegah dari segala macam penyakit, khususnya penyakit yang berbahaya, yakni kanker kelenjar getah bening. Jenis kanker yang satu ini akan membuat hidup seseorang tidak senyaman ketika sehat. Bahkan, biasanya jika penderita putus asa, boleh jadi penyakit itu tidak kunjung sembuh darinya.

Kanker kelenjar getah bening bisa menyebar dengan cepat dan biasanya membutuhkan perawatan yang tidak murah. Karena itu, sebelum penyakit tersebut menimpa diri kita, kita harus segera mencegahnya. Tapi, bagaimana caranya? Salah satu cara yang bisa Anda lakukan ialah mengonsumi makanan yang bisa mencegah penyakit tersebut. Apa sajakah itu?

Kanker Kelenjar Getah Bening
1. Brokoli
Brokoli menjadi makanan yang sangat efektif untuk mencegah kanker kelenjar getah bening. Brokoli mengandung sebuah zat yang bisa mencegah kanker yaitu senyawa glukosinolat. Zat ini bisa didapatkan dari brokoli yang sudah diolah dengan cara dikukus atau direbus. Namun perhatikan untuk mengukus atau merebus brokoli dalam api yang sangat kecil dan waktu yang tidak terlalu lama. Proses memasak yang berlebihan menyebabkan glukosinolat hilang dari brokoli.

2. Artichoke

Sayuran artichoke adalah sayuran yang sangat baik untuk mencegah kanker kelenjar getah bening. Kandungan senyawa yang terdapat dalam artichoke adalah senyawa silimarin. Silimarin adalah senyawa yang menjadi sumber antioksidan alami dalam artichoke dan bisa mencegah kanker secara efektif. Konsumsi terbaik dari sayuran artichoke adalah dengan mengambil bagian dalam artichoke kemudian iris tipis dan rebus atau kukus selama setengah jam saja. Konsumsi saat masih hangat sehingga antioksidan tidak hilang.

3. Bawang Putih
Bawang putih yang dikonsumsi mentah menjadi salah satu bahan yang sangat baik untuk mencegah kanker kelenjar getah bening. Bawang putih bisa mencegah kanker kelenjar getah bening karena mengandung senyawa sulfur alami yang sangat tinggi. Senyawa sulfur bisa mencegah kanker dengan cara menghilangkan semua jenis sel yang akan tumbuh menjadi kanker. Bawang putih juga bisa membantu proses apoptosis, yaitu sebuah proses perlawanan sel sehat dalam tubuh untuk melawan pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga :

  1. 13 Manfaat Dari Buah Arbei Bagi Kesehatan Kita
  2. 10 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Kita

4. Buah Kiwi
Buah kiwi bisa menjadi sumber makanan untuk mencegah kanker kelenjar getah bening. Kiwi mengandung beberapa sumber nutrisi yang bisa mencegah semua jenis sel penyebab kanker, radikal bebas dan juga menguatkan sistem pertahanan tubuh dari infeksi virus dan bakteri. Nutrisi yang terdapat pada kiwi seperti vitamin C, vitamin E, tembaga dan lutein sangat ampuh mencegah kanker kelenjar getah bening. Cara terbaik untuk mengkonsumsi buah kiwi sebagai pencegah kanker adalah dengan makan sebagai buah camilan. Hindari konsumsi jus kiwi karena proses yang mungkin bisa menghancurkan nutrisi buah kiwi.

5. Anggur Merah
Anggur merah bisa mencegah kanker kelenjar getah bening karena mengandung resveratrol. Resveratrol adalah salah satu bahan yang bisa mencegah pertumbuhan kanker getah bening. Buah anggur merah juga mengandung vitamin C. Selain itu anggur merah mengandung flavonoid alami yang bisa mendukung fungsi pencegah radikal bebas. (Ref: sandk, kelenjargetahbening.org, islampos.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.