5 Hal Yang Sering di Lakukan Orang Bermata Minus Ini Ternyata Salah!

Mata minus atau rabun jauh memiliki istilah medis miopia. Kondisi ini menyebabkan Anda kesulitan melihat benda jarak jauh. Sinar yang direfleksikan dari sebuah objek masuk ke mata melalui kornea, kemudian difokuskan oleh lensa mata ke retina.

Hampir separuh manusia didunia menggunakan kaca mata karena mempunyai gangguan penglihatan. Kebanyakan di usia remaja menderita rabun jauh, bahkan usia anak-anak pun juga ada yang menderita rabun jauh. Banyak yang berfikir jika sudah menggunakan kaca mata maka minusnya tidak akan naik atau bertambah. Ternyata itu salah, jika kamu salah melakukan kegiatan yang sering kamu lakukan maka matamu akan bertambah minusnya. Langsung saja yuk simak ini tipsnya agar tidak nambah minusnya!

Meski minusmu masih di angka 0 koma, kebiasaan buruk seperti; terbiasa terpapar layar laptop dan handphone terlalu dekat tetap harus dihindari!

Terlalu dekat dengan layar laptop maupun smartphone
Kalau kamu seseorang yang bekerja didepan layar monitor dengan rentang waktu lama, sebaiknya jangan terlalu memaksakan melihat monitor. Alasannya, mata yang sudah minus akan jauh lebih cepat bertambah angka minusnya dibanding mata yang belum minus. Sesekali, kamu perlu mengistirahatkan matamu agar tidak terlalu bekerja lebih lama di depan layar.
Kalau kita lihat dekat terus-terusan pakai layar monitor atau handphone dengan jarak dekat, mata kita dipaksa untuk kerja terus. Akhirnya bola matanya teregang-regang.
Dokter ahli Ophtalmologi, Tjahjono D. Gondhowiardjo

Lepaslah kacamata saat mau tidur. Biar nggak lupa, dan matamu bisa istirahat ‘bekerja’

Jangan gunakan kacamata saat tiduran
Salah satu kunci agar mata tidak menjadi semakin bertambah minus adalah dengan cara melepaskan kacamata saat mau tidur. Hal ini akan meringankan beban mata. Otot-otot mata akan lebih rileks bila tubuh dalam posisi rebahan atau tidur. Kalau memaksa tidur memakai kacamata, siap-siap saja nambah minusnya.

Terbiasa main laptop atau handphone di tempat gelap juga bisa berpengaruh pada mata minusmu. Ini bahaya!

Jangan main laptop dengan pencahayaan yang kurang
Melihat layar monitor dengan rentang waktu lama saja bikin minus nambah, apalagi melihat layar monitor dengan kondisi ruangan yang gelap. Jelas, ini meningkatkan kerja otot di dalam mata dipaksa untuk kerja lebih keras. Jangan macam-macam deh kalau sudah minus! Kamu harus lebih 10 kali lipat menjaga mata agar tidak bertambah minusnya.

Terlalu menyepelekan sinar UV bukanlah kebiasaan yang bijaksana. Ganti kacamata minus dengan sunglasses saat cuaca sedang terik adalah solusinya

Hindari sinar UV
Saat siang hari yang terik, usahakan ganti kacamata minus dengan kacamata sunglasses. Kenapa? Seperti yang dilansir oleh foxnews.com, kacamata sunglasses melindungi mata agar tidak terbakar matahari serta memperlambat katarak.

Tidak hanya itu, kacamata sunglasses juga berfungsi melindungi kulit di area sekitar mata termasuk kelopak mata yang rawan terkena kanker kulit. Nah, ini sangat membantu matamu agar tidak bertambah angka minusnya. Cobain, yuk!

Pola hidup termasuk pola makan yang nggak sehat adalah penyebab mata minusmu nggak sembuh-sembuh. Begini penjelasannya…

Terapjan pola hidup sehat
Terapkan pola hidup sehat. Meskipun matamu minus, ini tetap penting agar tidak bertambah parah. Sayur dan buah-buahan banyak mengandung manfaat agar matamu tetap sehat setiap harinya.


Vitamin A, betakaroten, omega 3, luthein, lycopene, dan zink. Kandungan zat ini sangat dibutuhkan oleh mata. Beberapa makanan yang mampu mengembalikan kesehatan mata antara lain seperti wortel, ikan salmon, alpukat, kol, bayam, telur, dan tiram.

Sejatinya, kalau mata sudah minus, kamu harus lebih giat untuk menjaga agar tidak semakin parah angka minusnya. Sedikit lebih repot sih, tapi memang itu yang harus kamu lakukan. Kelak, kalau nanti ada uang lebih, sebaiknya obati segera dengan cara lasik, biar kamu nggak repot harus bikin kacamata. So, tetap semangat dan jaga kesehatan mata. Karena mata adalah jendela hati! (diahanggra, hipwee.com, wikipedia.com)

Nah itu dia yang menyebabkan minus pada mata gampang sekali bertambah jika kalian terus-terusan melakukan hal seperti diatas! Semoga bermanfaat ya 
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.