5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Jika Handphone Tercelup Air

Ada banyak cara untuk dapat merusak smartphone Anda secara tak sengaja. Mulai dari hanya menaruhnya di saku yang ketat dan layarnya retak, mengisi dayanya terlalu lama dan smartphone overheat, serta menjatuhkannya ke tempat yang tak bersahabat bagi smartphone yaitu air.

Hampir keseluruhan handphone di dunia ini rusak akibat terkena atau terjatuh ke dalam air. Beruntung jika handphone tersebut tidak rusak. Bagi orang yang mempunyai handphone atau smartphone yang dibekali anti air semua itu tidaklah masalah, namun bagaimana jadinya jika handphone tersebut tidak dibekali anti air, pasti akan langsung rusak.

Permasalahannya seringkali tindakan penyelamatan terhadap smartphone yang terkena air justru membuat keadaan smartphone jadi makin parah. Padahal hanya ada beberapa hal yang harus dan tidak boleh Anda lakukan.

Berikut adalah pantangan yang tak boleh dilanggar jika Anda ingin menyelamatkan handphone Anda yang habis tercelup air...

1. Memeriksa smartphone dengan menekan tombol

Ilustrasi HP Jatoh ke air

Hal pertama yang tak boleh dilakukan ketika smartphone Anda 'nyemplung' ke wastafel atau kolam, jangan coba untuk memeriksa apakah smartphone tersebut hidup atau tidak. Anda juga tak boleh memencet tombol-tombol smartphone Anda. Memencet berbagai tombol di smartphone akan memperburuk masuknya air ke perangkat Anda.


Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencopot baterai. Hal ini dapat meminimalisir masuknya daya yang dapat menyebabkan korslet. Copot juga SIM card dan juga SD Card, dan coba keringkan sebisanya.

2. Menaruhnya di beras

Ilustrasi hp di beras
Banyak yang percaya bahwa menaruh perangkat smartphone basah di beras akan membuat partikel air yang berada di dalam perangkat keras smartphone akan keluar dengan sendirinya. Hal ini dipercaya kalangan luas hingga percobaan dilakukan untuk menguji kebenarannya. Ternyata terbukti hal tersebut sama sekali tak membantu.

Bahkan, ketika sang peneliti mengganti beras dengan berbagai benda seperti pasir kucing, kuskus, oatmeal mentah, oatmeal instan, beras instan, serta pasir kucing premium, ternyata beras adalah komponen terburuk untuk menyerap air yang terlanjur masuk di komponen smartphone. Bahkan pasir kucing bisa melakukannya dengan lebih baik.

Tak perlu diapa-apakan terlebih lagi disimpan di beras. Taruh saja smartphone Anda di rak dan bawa ke service center jika sempat.

3. Membiarkannya

Ilustrasi hp terkena tumpahan air
Terlalu banyak upaya 'aneh-aneh' untuk menyelamatkan smartphone Anda yang terkena air memang terbukti tak baik. Namun membiarkannya ternyata juga hal yang salah.

Tetaplah untuk membuka bagian belakang dan mengusapnya dengan tisu pengesat, atau apapun yang bisa Anda lakukan agar smartphone basah Anda selamat. Paling tidak, buka bagian belakang smartphone Anda dan letakkan di depan kipas angin, atau jangan biarkan smartphone Anda disimpan di tempat yang tak ramah sinar matahari.

Bahkan, ketimbang membiarkannya Anda lebih baik merendamnya dalam beras.

4. Menggunakan hair-dryer

Ilustrasi hp jatuh ke air
Sejatinya, tak ada cara langsung yang bisa menghilangkan air yang meresap di perangkat Anda secara sekejap. Begitupun dengan ide untuk meniup smartphone basah Anda dengan hairdryer, atau metode lain yang melibatkan panas.

Hal ini dikarenakan panas akan meningkatkan resiko smartphone Anda 'overheating.' Hal ini bisa merusak komponen mikro yang ada di dalam smartphone Anda. Selain itu, jika memang ada air terjebak dalam smartphone Anda, memanaskannya tak menjamin air tersebut bisa keluar dari smartphone. Dengan demikian, Anda hanya mendidihkan air yang terjebak di smartphone Anda.

5. Menyalakannya

Ilustrasi hp basah
Anda mungkin sudah melakukan berbagai upaya untuk mengeringkannya. Namun jangan terlalu optimis dan kemudian menyalakan smartphone Anda.

Baca Juga :

  1. Ternyata Mulut Berbakteri Adalah Penyebab Utama Sakit Kepala
  2. 5 Rumah Hantu Yang Bisa Membuatmu Merinding

Hal paling berbahaya untuk smartphone basah kita saat ini adalah ketidak sabaran kita yang hanya akan merusak komponen-komponen mikro di dalamnya. Belum lagi ada kemungkinan korslet jika memang masih ada air yang terserap di perangkat keras tanpa bisa kita keringkan.

Untuk membuka smartphone tanpa peralatan mekanik milik jasa servis, tak mungkin smartphone Anda berada dalam keadaan kering sempurna. Paling tepat Anda tak perlu apa-apakan smartphone Anda dan membawanya ke service center terdekat. (Ref: sandk,  merdeka.com, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.