5 Kebiasaan Remeh Ini Ternyata Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan

Kita tahu bahwa setiap manusia pasti memiliki kebiasaan, mau itu baik ataupun buruk. Namun tanpa kita sadari ada berbagai macam kebiasaan yang sangat sering kita lakukan yang dapat berbahaya bagi tubuh kita. Tanpa disadari beberapa kebiasaan ini berefek buruk untuk kesehatan tubuh seperti kebiasaan yang ternyata mempercepat penyebaran kuman. 

Contohnya seperti sering menggigit kuku, dan masih banyak lagi. Dilansir dari medicaldaily.com, berikut adalah daftar kebiasaan yang remeh namun menjadi sumber berbagai macam penyakit..

Ilustrasi Menggiti Kuku
1. Menggigiti kuku
Beberapa orang memiliki kebiasaan buruk yaitu menggigiti kuku ketika mereka sedang stres, bosan, atau merasa khawatir. Kebiasaan ini sendiri mampu memindahkan kuman ke mulut dan membuatmu tak sengaja menelannya. Apalagi jika kamu menggigiti kuku hingga menimbulkan lecet dan luka.

2. Tidak mencuci tangan setelah buang air
Terkadang setelah buang air baik buang air besar atau buang air kecil, manusia lupa untuk mencuci tangan. Padahal ada beragam bakteri seperti salmonella, E.coli, atau norovirus yang tersembunyi di balik kuku setelah kamu buang air.

3. Menggunakan sebagai tisu
Entah itu untuk mengelap atau menutup mulut ketika bersin, banyak orang yang menggunakan tangannya sebagai tisu. Kebiasaan inilah yang kemudian mempercepat penyebaran kuman apalagi jika kamu tidak segera mencuci tanganmu setelah bersin.


4. Membuka bungkus sesuatu dengan gigi
Saat tidak sabaran, biasanya kamu sering menggunakan gigimu untuk membuka bungkus makanan atau hal yang lain. Dan kamu pun tidak menyadari bahwa kebiasaan ini bisa menyebarkan kuman baik dari bungkus makanan atau dari dalam mulutmu sendiri.

5. Mengunyah bolpen
Selain menggigiti kuku, orang juga sering mengunyah bolpen. Padahal di dalam bolpen terdapat beragam kuman yang bisa menyebabkan beragam penyakit tubuh.
(Ref: sandk, merdeka.com, medicaldaily.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.