5 Kunci Sukses Buka Usaha Franchise, Untuk Kamu Yang Pemula

Mempunyai usaha sendiri sangat di dambakan oleh sebagian orang, apa lagi seperti kamu anak muda yang kreatif dan mampu berinovasi. Tapi perjalanan dalam memulai usaha tidak selalu mulus, pasti ada pasang surutnya dalam mengelola usaha tersebut. 

Itu semua terjadi karena kurangnya pengetahuan dan keahlian dalam berbisnis. Untuk itu jika kamu wirausaha pemula, sebaiknya memilih usaha waralaba (franchise). Karena usaha waralaba bisa meminimalisir resiko.

Dan bagi kamu pebisnis pemula yang ingin merintis usaha waralaba yang hebat, eksis dalam waktu yang panjang dan tidak goyah, wajib perhatikan 5 rahasia sukses ini. Yuk langsung saja simak!

1. Siapkan mental

Siapkan Mental
Faktor utama yang perlu kamu siapkan untuk terjun ke dunia bisnis adalah kesiapan mental. Tumbuhkan mental kewirausahaan dalam diri kamu, yaitu memiliki tekad dan motivasi kuat untuk sukses dalam menjalankan bisnis.

Sebab banyak yang beranggapan, dengan membeli sebuah waralaba, maka usaha tersebut sudah pasti sukses, sehingga mereka tidak merasa perlu terjun langsung ke lapangan, tak melakukan kontrol dan cenderung santai dalam menjalankan usahanya.

2. Berapa besar investasinya

Berapa besar biaya investasinya
Sebagai pemula, disarankan kamu memilih waralaba dengan investasi terjangkau dan sesuai dengan budget yang dimiliki. Kecuali merek yang kamu pilih benar-benar terkenal, kamu yakin waralaba tersebut memiliki manajemen yang baik dan terbukti menguntungkan.

3. Sudah berapa lama waralaba tersebut berdiri?

Sudah berapa lama berdiri?
Hal ini penting, karena korelasinya adalah semakin lama usaha waralaba tersebut berdiri dan eksis, maka semakin terbukti waralaba tersebut tahan krisis dan bukan usaha musiman. Faktanya, karena banyak brand baru yang kini bermunculan namun sudah menawarkan kerja sama waralaba atau kemitraan, yang akhirnya hanya bertahan seumur jagung saja.

Pilihlah waralaba yang banyak pengalaman dan sudah bertahan lebih dari lima tahun. Meski investasi yang diperlukan biasanya lebih besar, tapi usaha waralaba dengan merek yang sudah dikenal dan memiliki pengalaman, memudahkan kamu dalam menjalankan usaha.

Selain itu, kepercayaan masyarakat tentu lebih besar pada waralaba yang sudah berpengalaman.

4. Lakukan survei ke salah satu mitra terlebih dahulu
Lakukan survei
Sebisa mungkin lakukan investigasi dari mitra yang sudah bergabung lebih dahulu dan mencari tahu tentang waralaba yang ingin kamu ambil, terkait wujud dukungan (support) serta fasilitas apa saja yang selama ini diberikan. Misalnya, dukungan dalam segala aktivitas pemasaran, fasilitas pelatihan dan teknik bisnis.

5. Sesuai hobi atau minat

Sesuai hobi/minat
Memiliki usaha waralaba tentu memberikan kamu banyak kebebasan dan fleksibilitas untuk memilih bisnis yang kamu inginkan. Untuk itu pilih waralaba yang sesuai dengan hobi atau passion kamu. Sebab, bukan rahasia banyak pelaku usaha yang sukses dari hobinya.


Di sisi lain, memilih usaha sesuai dengan hobi, tentu dapat meningkatkan gairah dan kepercayaan diri,  dalam menjalani usaha tersebut. Pasalnya, sedikit banyak kita sudah menguasai bidang tersebut dan tentunya akan lebih enjoy dalam menjalankannya. (diahanggra, hitsss.com)

Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.