5 Langkah Menghilangkan Jerawat Kemerahan Dalam Satu Malam Saja!

Jerawat adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Bintik-bintik tersebut dapat berkisar mulai dari yang ringan, seperti komedo hitam dan komedo putih, hingga bintik-bintik parah yang berisi nanah dan kista.

Mungkin kamu panik jika besok ada acara reonian sekolahmu, dan kalian mengadakan pesta yang sangat meriah. Tapi, hari ini mendadak ada jerawat bengkak merah muncul di wajahmu. Tidak bisa dibayangkan jika besoknya kemerahan diwajahmu belum mereda juga. Yuk langsung saja simak cara menghilangkan kemerahan dalam waktu semalam

Ilustrasi Jerawat
Kenapa jerawat memerah?

Kemerahan pada jerawat bukanlah luka. Itu adalah bentuk peradangan. Kemerahan pada jerawat diawali ketika sebum berlebih melewati dinding folikel. Dalam pori-pori, sebum bercampur dengan sel kulit mati, menyebabkan penyumbatan pori-pori. Hal ini memungkinkan bakteri jerawat berpopulasi dan radikal bebas merusak jaringan yang menyebabkan peradangan dan kemerahan.

Jika infeksi tidak berkembang, kemerahan akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika warna merah ini tidak berubah setelah setahun, kemungkinan itu adalah luka bekas jerawat.

Lalu bagaimana cara mengusir kemerahan jerawat dalam semalam?

Ada dua hal penting yang perlu Anda ketahui jika ingin menghilangkan kemerahan pada jerawat dalam semalam.

Yang pertama, kemerahan disebabkan oleh efek peradangan. Oleh karena itu, perawatan yang Anda gunakan haruslah yang menangani masalah peradangan ini.

Yang kedua, Anda harus memastikan jerawat sembuh dengan cepat. Ini akan mengurangi kemerahan pada jerawat dengan cepat.

Ada beberapa perawatan yang efektif dan sederhana sehingga bisa Anda praktikkan di rumah untuk mengurangi kemerahan pada jerawat.

Cara 1: es batu
Metode tercepat adalah dengan es. Gunakan kain untuk menampung beberapa es baru dan letakkan pada bagian wajah yang terinfeksi. Diamkan selama beberapa menit. Ulangi hingga kemerahan berkurang. Pastikan Anda jangan menekan terlalu kencang, karena dapat melukai jerawat dan menyebabkan bakteri menyerang bagian tersebut.

Cara 2: obat tetes mata
Obat tetes mata seperti Visine mengandung tetrahydrozoline hydrochloride yang dapat membantu menghilangkan kemerahan pada jerawat dengan cepat. Letakkan kapas yang sudah dibasahi dengan tetes mata di dalam freezer. Biarkan selama semalam. Keesokan paginya, letakkan kapas tersebut di atas jerawat selama beberapa menit. Ketika cairan tetes mata terserap ke dalam kulit, akan ada penyempitan sementara pembuluh darah. Hal ini akan membuat kemerahan pada jerawat berkurang. Jika kemerahan tidak berulang, ulangi hal yang sama.

Baca Juga:
  1. Yuk Dicoba, Ternyata Pasta Gigi Bermanfaat Untuk Mengeringkan Jerawat Lho!
  2. 11 Manfaat Dari Buah Nanas Untuk Kesehatan

Cara 3: aspirin
Aspirin tak hanya untuk mengobati sakit kepala. Aspirin mengandung asam salisilat yang bisa mengurangi peradangan dengan mengelupas kulit dan kemerahan melalui penyempitan pembuluh darah. Untuk mengatasi kemerahan pada jerawat dalam waktu singkat, belah aspirin menjadi separuh. Tambahkan air. Kemudian oleskan pada bagian jerawat. Gunakan plester untuk melindunginya. Biarkan selama 30 menit.

Cara 4: pasta gigi tanpa mint, tanpa flouride
Pasta gigi adalah salah satu obat yang sering disebut dalam mengatasi kemerahan pada jerawat. Hal ini bekerja karena pasta gigi mengandung silica, yang membantu mengeringkan jerawat. Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung mentol atau flouride. Bahan ini tidak hanya mengakibatkan iritasi pada kulit tetapi juga akan menyebabkan munculnya lebih banyak jerawat.

Cara 5: makeup
Anda juga bisa menggunakan makeup untuk menyembunyikan kemerahan. Saat ini sudah banyak kosmetik tersedia yang tidak berminyak dan non-komedo. Pilih kosmetik berbahan mineral yang menggunakan silica, titanium dioksida, dan zinc oksida karena bahan-bahan ini tidak mengiritasi kulit. Mereka juga efektif menghilangkan minyak dari kulit dan menutupi kemerahan. Bila Anda menggunakan concealer untuk menyamarkan kemerahan, gunakan yang berwarna hijau karena kontras dengan warna merah pada jerawat, membuatnya terlihat samar. Taburkan bedak setelah memakai concealer untuk menyamakan warna kulit Anda. Hal ini juga akan mencegah lunturnya makeup.

Walaupun kemerahan pada jerawat bisa mengganggu penampilan Anda, tetapi hal ini tidak seburuk luka yang ditinggalkan setelah jerawat. Menghilangkan kemerahan tidak meminimalisir risiko terbentuknya luka bekas jerawat. Anda perlu mengobati jerawat Anda sedini mungkin untuk mencegah terjadinya luka.(diahanggra, hellosehat.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.