7 Hal Mengerikan Jika Kita Lupa Membersihkan Makeup Sebelum Tidur

Kosmetik adalah zat perawatan yang digunakan untuk meningkatkan penampilan atau aroma tubuh manusia. Kosmetik umumnya merupakan campuran dari beragam senyawa kimia, beberapa terbuat dari sumber-sumber alami dan kebanyakan dari bahan sintetis.

Sering menggunakan peralatan kosmetik ? Khususnya bagi kaum hawa kosmetik menjadi perihal utama untuk tampil cantik di depan umum, tapi apakah kalian tau bahwa lupa atau tidak pernah membersihkan kosmetik dapat mengakibatkan hal yang sangat fatal bagi tubuh. Seperti tidur dengan riasan dapat menyumbat pori-pori kulit dan penumpukan ini akhirnya mencegah produk kecantikan lainnya menembus kulit," kata dokter kulit Mona Gohara, MD kepada Refinery29. 

Illustasi Wanita Dengan Kosmetik 
Mau itu produk kecantikan dengan harga semahal apapun jika kita tidak membersihkannya kita tidak akan mendapatkan hasilnya malahan akan mempercepat penuaan kulit secara dini. Maka dari itu alangkah baiknya kita selalu membersihkan kosmetik agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut informasi yang menunjukan akibat kelalaian atau kemalasan untuk membersihkan kosmetik...

1. Menjebak polutan di permukaan kulit

Sisa makeup yang tidak dibersihkan akan memerangkap polutan pada kulit. Akibatnya kulit jadi lebih rentan terhadap infeksi, iritasi, dan kekusaman.

2. Infeksi pada mata

Tidur dengan riasan mata yang tak dibersihkan bisa menimbulkan iritasi dan infeksi. Terutama jika riasan mata yang digunakan berbasis cairan. Tingkat kelembapan dalam botol maskara, eyeliner, atau glitter bisa menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri.

3. Bibir kering, kusam, dan pecah-pecah

Jarang membersihkan lipstik juga bisa berakibat buruk pada kulit bibir. Kulit jadi terlihat kering dan kusam. Garis-garis halus di area bibir jadi terlihat lebih jelas dan ini membuat bibir sulit dirias kembali keesokan harinya. Dalam jangka panjang, kulit bibir akan jadi terlihat gelap. 

4. Rosasea (peradangan) dan eksim

Malas membersihkan foundation atau BB cream dengan benar? Hati-hati, kebiasaan ini bisa mendatangkan masalah kulit yang cukup serius, antara lain rosasea dan eksim. Rosasea adalah peradangan kronis pada kulit wajah, biasanya disertai abses bernanah.

Membersihkan primer, alas bedak, atau BB cream memang membutuhkan ketelatenan ekstra, sebab produk-produk ini cenderung melekat kuat pada kulit. Tetapi jika tidak dibersihkan dengan sempurna, nutrisi krim malam dan produk perawatan yang kamu pakai sesudahnya akan terhalang.


5. Kerontokan bulu mata

Jika kamu mengenakan bulu mata palsu secara teratur, kamu perlu mewaspadai risikonya. Lem bulu mata yang dikenakan sepanjang hari, apalagi setiap hari bisa membuat akar bulu mata rapuh. Dalam jangka panjang, bulu mata akan mengalami kerontokan.

Selain itu, lem bulu mata juga dapat bertindak sebagai iritan, menyebabkan ruam merah dan gatal pada kelopak mata dan area sekitarnya.

6. Kinerja sel kulit menurun

Sisa makeup yang menumpuk tak hanya menyebabkan kulit rentan infeksi. Kemampuan kulit untuk menyerap zat aktif dalam produk perawatan jadi menurun. Sel-sel kulit juga kesulitan memperbarui diri. Pasalnya, proses pengelupasan kulit mati secara alami terhalang oleh kotoran yang mengendap di pori-pori.

7. Penuaan dini

Kebiasaan malas membersihkan makeup bisa menambahkan beberapa tahun pada wajahmu. Karena kulit sulit bernapas dan menjalankan fungsi normalnya, wajah jadi mengalami penuaan dini.

Nah mulai sekarang kita harus rajin membersihkan kosmetik yang masih menempel sebelum tidur agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak bakal terjadi khusunya kaum wanita. 
(sandk, merdeka.com, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.