7 Taman Publik di Jakarta Yang Bisa Kamu Kunjungi

Tinggal di kota yang sangat padat penduduknya seperti kota jakarta sudah tidak asing lagi. Terlebih-lebih kemacetan dan folusi udara juga makin berlimpah. Sesekali kita ingin merasakan kedamaian, keindahan, kesejukan, dan kenyamanan di kota Jakarta ini.

Tapi, jangan pasrah dulu guys. Masih ada kok tempat-tempat di kota Jakarta yang bisa membuat kita tenang, nyaman, damai, dan banyak pepohonan. Ternyata, di kota Jakarta ini ada banyak sekali taman kota di beberapa tempat. Yuk langsung saja simak!

1. Taman Langsat

Taman langsat
Taman yang satu ini diresmikan di tahun 2012 sebagai Hidden Park, karena keberadaannya yang agak tersembunyi di balik Pasar Burung Barito, Blok M, Jakarta Selatan, serta potensinya yang belum diketahui oleh publik.

Karena lokasinya yang tersembunyi, banyak yang tidak mengetahui keberadaan taman cantik ini. Di sana, kamu bisa menemukan sejumlah kreasi seni yang dipajang sebagai dekorasi taman, seperti patung-patung kecil dan gantungan sarang burung warna putih. Ada juga papan-papan yang memberikan informasi mengenai proses recycling, go green, dan lain-lain.

Biasanya, orang-orang datang membawa tikar sendiri agar bisa berbaring di atas rumput, sambil bersantai dan membaca buku. Anak-anak juga bersepeda di jalur yang dibangun. Tidak jarang juga, orang-orang membawa kamera untuk berfoto dengan instalasi seni yang ada di sana, lho!

2. Taman Suropati

Taman Suropati
Berlokasi di Jalan Pangeran Diponegoro, taman ini jadi favorit banyak orang yang ingin bersantai di sore hari. Udaranya yang segar dan pohon yang rimbun, serta suara air mancur dari tengah taman jua menambahkan kesejukkan suasana.

Taman ini ramai dikunjungi di waktu sore dan malam hari. Mulai dari anak-anak dengan orangtuanya, hingga para pekerja kantoran yang hendak pulang ke rumah, sering kali menyempatkan untuk duduk-duduk dulu di bangku Taman Suropati.

Taman ini dihiasi oleh beragam patung-patung karya seniman dari kawasan ASEAN, dan hamparan bunga warna-warni di depannya dengan patung Pangeran Diponegoro.

Kelebihan lainnya adalah jika kamu mengunjungi Taman Suropati di akhir minggu, kamu berkesempatan menikmati aksi seniman-seniman jalan yang mempertunjukkan kebolehannya lewat alunan musik gitar hingga biola.

Selain itu, ada beberapa pedagang makanan yang berjualan di pinggir taman, dari mulai menjual gorengan, mie ayam, tahu gejrot, hingga nasi goreng, cocok bagi kamu yang ingin bersantai sambil menyantap camilan sore.

3. Taman Cattleya

Taman Cattleya
Dikenal juga dengan nama Taman Tomang, Taman Cattleya berada di samping lampu merah kawasan Tomang, Jakarta Barat. Taman yang berukuran 3 hektar ini, belum banyak dikunjungi oleh orang-orang. Padahal, taman ini memiliki banyak pohon besar dan tanaman bunga dengan aneka ragam yang masih terrawat.

Tampilan depan taman dengan gerbang tinggi yang terlihat cantik dengan hiasan pohon palem yang berjejer di jalan masuk. Ada banyak bangku putih bertebaran untuk kamu yang lelah berjalan, dan tempat sampah berbentuk buah-buahan lucu agar kamu tidak buang sampah sembarangan.

Untuk kamu yang ingin jalan-jalan sore atau bersepeda, taman ini cocok bagimu. Biasanya dibutuhkan kira-kira satu jam untuk mengitari taman ini dengan berjalan kaki.

Kamu juga bisa berpiknik dengan keluarga di taman ini, lho. Selain itu, Taman Cattleya juga kerap dijadikan lokasi foto pre-wedding, karena pemandangannya yang cukup fotogenik.

4. Taman Ayodya

Taman Ayodya
Taman yang satu ini adalah salah satu taman yang selalu ramai pengunjung, terutama di akhir minggu. Terletak di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, taman ini memiliki danau buatan dengan air mancur di tengah.

Keunikkan Taman Ayodya adalah walau ukurannya tidak sebesar taman-taman lainnya, taman ini memiliki bentuk lingkaran dengan tempat duduk interaktif teater, seperti tangga menurun ke tengah. Selain itu, ada pendopo dan gazebo yang memberi aksen pada dekorasi taman ini, membuat tampilannya semakin eksotis.

Taman yang dikenal juga dengan sebutan Taman Barito ini cocok bagi kamu yang memilih duduk-duduk santai, ketimbang bergerak banyak. Tapi, kamu perlu ingat, pepohonan hanya ada di area hijau, jadi jika kamu ingin duduk-duduk di pinggir danau, sebaiknya datang di pagi atau sore hari agar terhindar dari sengatan matahari.

5. Taman Kota Tebet

Taman Kota Tebet
Taman yang dikenal juga dengan nama Taman Tebet Honda ini, memiliki jogging track, jalur refleksi, sarana olahraga, dan area bermain anak. Tidak ketinggalan, juga bangku taman beratapkan tanaman rambat.

Taman ini juga dilengkapi dengan wi-fi gratis untuk para pengunjungnya. Selain itu, juga ada toilet umum dan musholla bagi yang ingin beribadah.

Kita juga bisa menemukan tatanan rapi tanaman hias, dan uniknya, tanaman-tanaman ini bisa kita dapatkan dengan gratis. Syaratnya, mengirimkan surat kepada Kelurahan Tebet untuk mendapatkan persetujuan, dan prosesnya pun bebas biaya!

Taman yang berukuran 2,6 hektar ini berlokasi di antara Jalan Tebet Barat dan Jalan Tebet Timur. Jika kamu mengunjungi taman ini di hari Minggu, kamu akan menemukan komunitas-komunitas pencinta alam atau hewan yang melakukan pengamatan dan aktivitas di sana.

6. Taman Kota Waduk Pluit

Taman Kota Waduk Pluit
Kawasan di sekeliling Waduk Pluit, Jakarta Utara, dulunya dipadati oleh hunian liar, sehingga kondisi waduk saat itu penuh dengan sampah dan nampak tidak terurus. Namun, mantan Gubernur Joko Widodo dan wakilnya Basuki Tjahaja Purnama ini, memulai proses revitalisasi, yang kini membuat Waduk Pluit terlihat asri dan bersih.

Taman Kota Waduk Pluit dibangun di atas tanah yang sebelumnya dipenuhi oleh hunian liar warga, setempat seluas 5 hektar. Di sana, kamu bisa menemukan zona parkir, zona plaza utama, zona amfiteater, zona tanaman obat (arboretum), dan zona olahraga dengan jogging track.

Area yang luas dapat kamu jadikan tempat bersepeda atau bermain rollerskate dan skateboard.  Kamu bisa juga duduk di bangku taman yang disediakan atau membawa tikar agar bisa berpiknik di tepi waduk.

Namun, karena masih dalam proses pertumbuhan, pepohonan di taman ini belum terlalu rindang, maka ada baiknya kamu memakai tabir surya sebelum pergi ke sana.

7. Taman Menteng

Taman Menteng
Taman yang berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto, Jakarta Pusat, ini tentunya sudah familiar bagi banyak orang. Tak jauh dari Taman Suropati, taman ini memiliki ciri khas, yaitu rumah pamer berdinding kaca yang terlihat indah di sore dan malam hari.


Diresmikan pada tahun 2007, sebelumnya Taman Menteng ini adalah Stadion Persija, sebagai tempat klub sepakbola DKI Jakarta bertanding. Taman ini layaknya Central Park di Amerika Serikat, yang lokasinya berada tepat di tengah keramaian kota.

Dengan luas 3,4 hektar, taman ini memiliki arena bermain anak, jalur sepeda dan jogging, serta lapangan futsal dan basket. Tidak ketinggalan, Taman Menteng juga memiliki gedung parkir sendiri, lho. Jadi, untuk kamu yang ingin ke sana membawa mobil tidak akan kebingungan untuk mencari parkir.

Taman ini biasanya ramai di sore hari dan semakin ramai lagi di malam hari, ketika lampu taman sudah menyala dan mempercantik suasana taman tersebut. (diahanggra, hitsss.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.