7 Wanita Berhijab Yang Mampu Mengalahkan Tekanan Yang Berada di Negara Minoritas Islam

Agama Islam adalah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dengan agama inilah Allah menutup agama-agama sebelumnya. Allah telah menyempurnakan agama ini bagi hamba-hambaNya. Dengan agama Islam ini pula Allah menyempurnakan nikmat atas mereka. Allah hanya meridhoi Islam sebagai agama yang harus mereka peluk. Oleh sebab itu tidak ada suatu agama pun yang diterima selain Islam.

Kamu harus bersyukur ya, tinggal di Indonesia yang mayoritas penduduknya agama islam. Kamu bisa lebih bebas melakukan ibadah apapun, dimanapun, dan kapanpun. Tapi, sangat berbeda jika muslimah yang tinggal di negara yang minortas islam. Mereka sangat sulit untuk melakukan ibadah. Hanya tempat tertentu yang bisa mereka lakukan untuk ibadah. Jangankan untuk ibadah, untuk mendengar kumandang adzan dan menemukan masjid ataupun mushola saja sulit sekali. Hanya gadgedlah yang diandalkan mereka untuk mengetahui masuknya waktu sholat. Berbagai rintangan menghampiri dan mereka berhasil untuk melewatinya. Yuk langsung saja simak kisahnya

1. Siapa sangka ada polwan di Amerika Serikat yang berhijab?

Polwan Berhijab
Terlepas dari kabar ada polisi di Amerika Serikat (AS) meminta seorang muslimah melepas hijabnya, ternyata ada lho polisi wanita (polwan) yang berhijab. Polwan ini bernama Kadra Mohamed yang masih berdarah Somalia. Dia pun menjadi polwan berhijab pertama di salah satu bagian di AS, tepatnya di St. Paul, Minnesota. Kamu bisa bayangkan kayak gimana jadi cewek berhijab yang bertugas jaga keamanan di negara barat – di mana Sebagian warga sekitar masih memandang agama Islam dengan sebelah mata. Beragam ujian pun telah dihadapinya dan kenyataannya dia lolos sebagai polwan. Nah, kamu yang berhijab namun masih sulit dapatkan pekerjaan, jangan patah arang ya!

2. Berhijab membuat wartawan yang juga model ini bisa menghasilkan karya jurnalistik, yakni selalu mengedepankan kebenaran dalam pemberitaannya

Wartawan berhijab

Itu (Hijab) membuatku berdaya. Hijab membantuku untuk melakukan apa yang aku inginkan. Menggunakan hijab tak membuatku memberitakan hal yang melenceng, ungkap Noor,

Beberapa bulan lalu tersiar kabar untuk pertama kalinya majalah pria dewasa – Playboy memakai model cewek berhijab dalam sesi pemotretannya. Dalam rangka menunjang majalah itu berbenah dengan tak menggunakan model tanpa busana lagi, seorang cewek berhijab yang berprofesi sebagai jurnalis pun dipilihnya. Cewek bernama Noor Tagouri ini lah yang membuat gempar publik dunia atas keputusannya mengiyakan tawaran mengisi beberapa halaman dalam majalah dewasa itu.

Dia pun nggak sekadar mengisi halaman foto-foto, tapi juga melakukan sesi wawancara soal dirinya yang berhijab. Dalam wawancara itu, Noor mengakui bahwa hijab nggak membuatnya dibatasi untuk melakukan apapun selama itu positif. Dan terkait tentang profesinya sebagai jurnalis, dia pun mengaku bahwa hijab bikin dia menghasilkan berita-berita yang nggak melenceng. Dia selalu menerapkan nilai-nilai Islam dalam bekerja.

3. Negara yang terkenal dengan sepak bolanya juga nggak terlewatkan oleh keberadaan cewek berhijab. Ada wasit sepak bola pria berhijab di Italia!

Wasit Sepak Bola
Siapa bilang pakai hijab bikin cewek susah mau beraktivitas? Karena sesungguhnya ada cewek berhijab yang jadi wasit sepakbola pria di negara yang terkenal dengan olahraga sepakbola itu. Cewek asal Maroko bernama Chahida Chekkafi ini menjalani profesinya sebagai wasit sejak usia 16 tahun untuk pemain muda. Profesi yang dijalaninya ini nggak terlepas dari latar belakang sang ibu yang merupakan pemain sepakbola di Maroko.

Chadida Chekkafi nggak hanya menorehkan prestasi sebagai wasit cewek berhijab pertama dalam olahraga itu, tapi juga wajahnya dipakai oleh koran Italia Corriere Della Sera sebagai sampulnya. Bahkan, Presiden Komite Wasit di Milan, Italia berkomentar bahwa Chahida merupakan seorang wanita yang berbakat dan tahu bagaimana cara merealisasikan mimpinya. Hebat ya!

4. Bukan cuma wasit, tapi ada atlet hangar pertama cewek berhijab di Amerika Serikat lho!

Atlet Hangar
Berhasil mencapai mimpi tentu membuat siapapun cewek berhijab di negara-negara barat mendapat perhatian. Salah satunya yakni atlet hanggar pertama dari AS – Ibtihaj Muhammad yang mewakili negara adidaya itu saat Olimpiade Rio 2016 kemarin. Walau Olimpiade merupakan turnamen pertama yang diikutinya, namun dia tetap bersemangat untuk memberikan yang terbaik bagi negaranya. Sebagai seorang muslimah, Ibtihaj pun tetap teguh memakai hijab. Kamu yang masih ogah-ogah menutup kepala, semoga jadi tersentuh ya dengan kisah Ibtihaj!

5. Kalau tadi ada polwan, kali ini ada wanita berhijab yang berprofesi sebagai pemadam kebakaran. Dirinya siap mempertaruhkan nyawa demi keselamatan warga

Pemadam kebakaran
Adanya tren hijab yang telah mendunia ini membuat kain penutup kepala yang diwajibkan untuk muslimah lebih dikenal. Hal ini pun makin menguatkan tekad kaum hawa untuk menutup auratnya di kala banyak rintangan yang perlu dihadapi. Seperti yang dialami oleh Kae Asima – wanita berhijab pertama yang menjalani pekerjaannya sebagai pemadam kebakaran di Richmond, Virginia, AS. Hal ini juga nggak mudah dia jalankan, namun dirinya tetap berusaha menunjukkan pribadi seorang muslimah dalam bekerja. Di sinilah dia sangat menerapkan nilai-nilai Islam dalam mempertaruhkan hidupnya untuk orang lain. Dirinya sama sekali nggak rendah diri, justru bersemangat karena bangga berhasil mencapai apa cita-citanya sebagai pemadam kebakaran sejak kecil.

6. Nggak semua cewek berjilbab dipandang sebelah mata juga di sana. Karena ada cewek berhijab yang jadi anggota NASA lho

Anggota Nasa
Cewek berhijab juga menorehkan prestasi di NASA, yakni sebagai salah satu tim cabang Computational Fluid Dynamics (CFD) atau Komputasi Dinamika Fluida NASA. Tahani Amer inilah yang setiap harinya kerja di NASA sejak 1992 di proyek CFD. Di proyek CFD Tahani dapat banyak pengalaman berharga karena ketika itu dia bekerja sama dengan ilmuwan-ilmuwan cerdas.

Baca Juga:
  1. Bahkan Bau Surga Saja Tidak Dapat Dicium Oleh Orang-orang Ini
  2. Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan Kita

Pada pekerjaannya sekarang di bagian kode komputer CFD, dia juga memasang alat pengukur kecepatan – di mana ia harus mengoperasikannya sendiri ke langit-langit terowongan angin. Profesi yang digeluti ini berasal dari sejak kecil saat melihat sang ayah memperbaiki mobil di Mesir. Keahliannya dalam bidang teknik ini memuluskan jalannya meraih profesinya sekarang dengan didukung kepintarannya dalam pelajaran matematika. Akhirnya dia pun berhasil jadi insinyur aeronautika dan bekerja di NASA.

7. Ditolak mentah-mentah saat melamar kerja karena berhijab nggak mematahkan semangat cewek asal Selandia Baru

Pernah di tolak mentah-mentah

“Aku merasa malu karena butuh banyak keberanian untuk masuk ke toko dan berbicara dengan manejer mengenai pekerjaan terutama karena aku takut ditolak,” kata Mona Alfadli,

Jika 6 kisah insipiratif tadi merupakan wujud keberhasilan cewek berhijab meraih mimpi, yang ketujuh ini adalah kisah salah satu muslimah berhijab yang dapat kesulitan bekerja. Peristiwa ini terjadi di Selandia Baru, seorang cewek bernama Mona Alfadli yang ditolak wawancara kerja lantaran dirinya berhijab. Mona mengaku dipermalukan saat datang dengan dibilang hanya buang-buang waktu saja. Ketika itu Mona melamar untuk posisi sales assistant di perusahaan Steward Dawsons, Auckland, Selandia Baru. Tanpa melihat CV dan surat pengantarnya, dia langsung ditolak begitu saja.

Mona pun mengaku dia tetap teguh mengenakan hijab dan tak akan melepaskannya hanya demi sebuah pekerjaan. Hal itu dilakukan sebagai wujud seorang muslimah menjaga identitasnya serta menghormati budaya dan agamanya. FYI, kejadian seperti itu sebelumnya juga udah terjadi dan pihak perusahaan mengeluarkan rasa kecewanya. Kevin Turner – selaku Direktur Keuangan Stewart Dawsons menyayangkan hal itu terjadi lagi pada cewek berhijab. Kevin pun berkilah bahwa manager baru yang mengusir Mona masih belum paham tentang peraturannya. Dan dia juga menyatakan kalau permasalahan tersebut akan segera diproses secepatnya dengan cara yang tepat. Tak lupa, ucapan permintaan maaf juga akan diberikan dari perusahaan perhiasan itu. (diahanggra, hipwee.com, muslim.or.id)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.