Info, Rasa Kesepian Merupakan Sebuah Pertanda, Jangan Sampai Diabaikan!

Kesepian adalah keadaan emosi dan kognitif yang tidak bahagia yang diakibatkan oleh hasrat akan hubungan akrab tetapi tidak dapat mencapainya. Individu yang tidak menginginkan teman bukan orang yang kesepian, tetapi seseorang yang menginginkan teman dan tidak memilikinyalah orang yang kesepian. Kesepian adalah pengalaman subjektif. Kesepian juga dideskripsikan sebagai kesakitan sosial - suatu mekanisme psikologis untuk memperingatkan seorang individu atas isolasi yang tidak diinginkan dan memotivasinya untuk mencari hubungan sosial.

Sering merasa kesepian, padahal kamu memiliki banyak teman dan tak kekurangan aktivitas menyenangkan untuk dilakukan? Ini adalah sebuah sinyal dari sistem psikologis kita. Jangan dibiarkan begitu saja.

Ilustrasi kesepian

Dilansir Lifehack, Maike Luhmann, psikolog dari University of Cologne mengatakan bahwa rasa kesepian merupakan perwujudan dari 'kesakitan sosial' seperti halnya kesakitan fisik yang kita rasakan. Jadi jangan heran jika terkadang rasanya seperti tak tertahankan.


Tapi merasa kesepian sebenarnya merupakan hal yang sangat sehat dan wajar. Ini merupakan cara yang dipilih pikiran kita untuk memberitahu saatnya membuat perubahan. Batin kita merasakan kebutuhan atas rekoneksi, terhubung kembali dengan orang-orang di sekitar kita. Ini adalah tanda dari sistem psikologis kita bahwa ada sesuatu yang salah. Jika kita merasa kesepian saat berada di antara sekelompok orang yang kita kenal, kemungkinan besar ada yang salah dengan interaksi sosial kita selama ini. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah menemukan titik kesalahan tersebut dan memperbaikinya.

Baca Juga :

  1. Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan Kita
  2. Pusing Saat Bangun Tidur? Inilah Penyebabnya..

Namun ini juga bisa menjadi hal positif, selama kita tidak mengabaikan perasaan ini dan menanganinya dengan tepat. Luhmann mengatakan bahwa mengabaikan sinyal kesepian dapat menyebabkan efek kesehatan yang merugikan. Jika terus-menerus diabaikan, berhubungan dengan orang lain akan semakin sulit.

Singkatnya, ketika kita merasa kesepian, artinya kita sedang mendambakan interaksi sosial. Kita perlu melakukan sesuatu terhadap hubungan sosial yang kita miliki saat ini. Tetapi perlu diingat, merasa kesepian dan keinginan untuk menyepi merupakan dua hal yang sangat berbeda.
(Ref: sandk, lifehack.org, merdeka.com, wikipedia.org)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.