Ini Dia Tebing Sejauh 14 km Yang Merupakan Galeri Lukisan Terpanjang di Dunia

Tebing atau jurang adalah formasi bebatuan yang menjulang secara vertikal. Tebing terbentuk akibat dari erosi. Tebing umumnya ditemukan di daerah pantai, pegunungan dan sepanjang sungai. Tebing umumnya dibentuk oleh bebatuan yang yang tahan terhadap proses erosi dan cuaca. 

Tebing padas di Nine Mile Canyon tak ubahnya kanvas alam yang melatari lebih dari 10000 lukisan dari zaman prasejarah. Panjangnya yang mencapai 14 kilometer membuat tempat ini berjuluk galeri seni terpanjang di dunia.

Nine Mile Canyon. Flickr

Dilansir Merdeka melalui Amusing Planet, Nine Mile Canyon terletak di di Utah timur, Amerika Serikat. Tempat ini menyimpan lukisan prasejarah terbanyak di dunia. Dari 10000 lukisan yang terukir di tebing Nine Mile Canyon, baru 1000 saja yang sudah diidentifikasi. Namun beberapa arkeolog menduga jumlah lukisan yang belum ditemukan masih ada ratusan ribu, mengingat panjang Nine Mile Canyon yang sebenarnya adalah 40 mil.

Nine Mile Canyon. Flickr
Sebagian besar ukiran dan piktograf yang dibuat di dinding ngarai kemungkinan besar dibuat oleh Indian Fremont, suku primitif yang mendiami wilayah tersebut sejak tahun 300. Suku Fremont awalnya nomaden, kemudian mulai menetap dan bercocok tanam sejak tahun 750. Mereka mulai mengenal seni lukis antara tahun 950 dan 1250. Inilah zaman keemasan budaya Fremont. Pada tahun 1500, keberadaan Fremont tak diketahui lagi rimbanya.

Baca Juga:
  1. Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan Kita
  2. Terungkap, Inilah Rahasia Besar Dari Arti Tanggal Kadaluwarsa Makanan

Nine Mile Canyon. Flickr
Saat ini, artifak peninggalan Fremont telah dilindungi oleh negara. Namun upaya konservasi terhadap lukisan dinding sepanjang 9 mil masih sulit untuk dilakukan. Penutupan terhadap situs sejarah hampir tak mungkin dilakukan. (Ref: sandk, amusingplanet.com, merdeka.com, wikipedia.org)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.