Gejala Penyakit Tension Headache Yang Perlu Kamu Ketahui

Tension type headache adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sakit kepala kronis tanpa gejala karena disebabkan gejalanya yang kurangnya karakteristik dibandingkan migrain atau sakit kepala cluster.

Faktor penyebab Tension Headache adalah karena lapar, stres, kurang tidur, dehidrasi bahkan kafein. Menggunakan komputer dan smartphone terlalu lama juga bisa mengakibatkan Tension Headace. 

Ilustrasi Tension Headache
Dikarenakan terdapat banyak jenis sakit kepala, maka dibutuhkan identifikasi khusus terhadap gejala Tension Headache dan ini sangat penting untuk diagnosa. Hal ini akan sangat membantu pakar kesehatan Anda dalam menentukan penanganan dan perawatan yang tepat. Pelajari lebih lanjut mengenai gejala Tension Headache berikut ini:
  • Rasa sakit atau tekanan bisa terjadi pada kedua sisi kepala dan ada kemungkinan juga rasa sakit tersebut akan menjalar ke leher dan bahu. Sakit akan terasa sedikit demi sedikit hingga akhirnya tajam menekan kepala Anda. Tidak seperti migrain, Tension Headache tidak disertai dengan muntah-muntah, mual dan sensitivitas.
  • Orang tidak akan dapat mengira serangan sakit kepala tersebut. Beberapa tipe sakit kepala memiliki periode yang memungkinkan untuk mengidentifikasi kedatangan serangan sakit kepala dan bisa dirasakan oleh seseorang.
  • Gejala Tension Headache biasanya dialami di hari pada saat pekerjaan telah usai dan tubuh merasa sangat lelah.
  • Jika kondisi tersebut berlangsung hingga lebih dari enam bulan lamanya, maka itu adalah tipe Tension Headache kronis. Segeralah berobat untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Pejelasan dan penggambaran yang baik mengenai gejala Tension Headache menyebabkan dokter dapat dengan mudah membuat diagnosa. Rasa sakit yang terjadi dapat secara berdenyut, menusuk, dan merambat. Lokasi tepatnya sakit tersebut pada kepala harus ditunjukkan kepada dokter, dan juga beritahukan dokter Anda seberapa buruk efek sakit kepala tersebut terhadap keseharian Anda. Tension Headache juga membuat penderita sulit tidur karena sakit yang dirasakan membuatnya terjaga sepanjang malam.


Gejala Tension Headache dapat menyingkap masalah kesehatan pokok yang terjadi pada seseorang. Jadi, berkonsultasi pada dokter adalah solusi yang terbaik. Para pakar kesehatan juga merekomendasikan beberapa tes seperti MRI atau CT Scans yang dapat membantu dalam diagnosa. Walaupun demikian, Tension Headache dapat ditangani dengan istirahat yang cukup. Namun jika rasa sakit yang ditimbulkan sudah tidak dapat ditoleransi, segeralah mencari perawatan khusus untuk menanganinya. (diahanggra, doktermu.com, wikipedia.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.