Inilah 14 Situs Yang Diam-Diam Bisa Membuat Skripsimu Cepat Selesai!

Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

Bagi mahasiswa/i tingkat akhir pasti sedang berperang dengan skripsinya. Proses pengerjaan skripsi yang sangat menguras waktu dan tenaga dalam memperoleh data penelitian tentu sangat menjenuhkan terlebih lagi mahasiswa yang jurusannya TI, mereka juga perlu membuat aplikasi sebagai pendukung skripsi mereka. Tapi tenang saja, Sekarang sudah ada situs-situs yang menyediakan referensi data dan informasi lengkap dan terpercaya kok. Yuk langsung saja simak!

1. Google Scholar

Google Scholar
Situs buatan google ini menyediakan publikasi ilmiah yang sangat lengkap. Google Scholar juga menyediakan jurnal-jurnal online yang bisa kamu akses secara gratis sehingga bisa memudahkan kamu untuk bisa mengutip data-data yang kamu butuhkan untuk bahan skripsi yang kamu butuhkan.

2. Library Genesis

Library Genesis
Berbagai macam buku-buku digital berformat pdf, mobi, hingga ePub ada pada Library Genesis. Semua prodi kuliah seperti jurusan ekonomi, politik dan bahasa tersedia lengkap. Sayangnya situs ini memiliki kekurangan, yaitu harus teliti dalam menulis keyword, karena filter yang digunakan dalam situs ini cenderung tidak akurat saat di-download.

3. Microsoft Academic

Microsoft Academic
Jika kamu membutuhkan referensi penelitian yang lebih spesifik, Microsfot Academic merupakan pilihan yang tepat. Situs ini memiliki filter-filter yang lebih menjurus ke bidang ilmu yang sangat luas. Selain itu, situs pencarian jurnalnya tergolong sangat mudah jika dibandingkan dengan situs jurnal penelitian lainnya.

4. Eureka Pendidikan

Eureka Pendidikan
Berbeda dengan situs lainnya yang menyediakan jurnal ilmiah, maka Eureka Pendidikan merupakan situs yang memuat artikel berisi pendapat para ahli dalam bentuk opini. Untuk mendapatkan artikel dari situs ini, kamu harus mendapatkan ijin dahulu terhadap penulis aslinya.

5. Academia

Academia
Ini adalah salah satu situs yang sangat sering digunakan oleh mayoritas mahasiswa. Academia banyak memuat tentang penelitian-penelitian yang dilakukan oleh orang lain. Layanannya yang mirip seperti sosial media memungkinkan kamu untuk berkomentar memberikan saran.

6. Research Gate

Research Gate
Buat kamu yang penasaran dengan peneliti dari seluruh dunia, Research Gate tempatnya. Di situs ini kamu bisa bebas untuk bertanya dan berpendapat melalui forum yang disediakan. Asyik kan bisa sharing ilmu dari berbagai dunia?

7. OAPEN Library

OAPEN Library
Bagi kamu yang hanya fokus pada penelitian dalam ranah sosial humaniora, OAPEN Library ahlinya. Hanya buku-buku yang lolos uji baca akademisi terpilihlah yang ditampilkan di situs ini. Jadi, sudah bisa terpercaya referensi-nya.

Baca Juga:
  1. 5 Tanaman Yang Dapat Membuat Anda Mengalami Halusinasi
  2. Inilah Beberapa Jenis Kucing Peliharaan Yang Dapat Anda Pelihara

8. Wiley Online Library

Wiley Online Library
Wiley Online Library memiliki lebih dari enam juta artikel, 1.500 jurnal, 18.000 buku online dan ratusan referensi yang bisa kamu akses gratis untuk penelitian kamu.

9. Indonesian Publication Index

IPI
Hampir sama dengan Google Scholar maupun Microsoft Academic. Bedanya Indonesian Public Index menyediakan publikasi ilmiah dalam bahasa Indonesia. Buat kamu yang kesulitan dalam bahasa Inggris, situs ini bisa menjadi alternatif.

10. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perpustakaan nasional RI
Situs ini merupakan layanan milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Mereka memiliki jurnal-jurnal ilmiah yang bisa kamu download secara gratis. Untuk bisa men-download jurnalnya, kamu harus mendaftar menjadi anggota terlebih dahulu melalui website yang disediakan.

11. Science Direct

Science Direct
Science Direct adalah situs yang berisi karya tulis dari bermacam penjuru negara di dunia. Situs ini memiliki lebih dari 34.000 buku dan 3.500 jurnal. Kamu bisa men-download jurnal tersebut hanya dengan menuliskan judul di kolom pencarian.

12. Project Gutenberg

Project Gutenberg
Tersedia 49.000 judul buku dari berbagai subjek dari sastra, fabel, sejarah, sampai sains di Project Gutenberg. Situs yang merupakan proyek Michael Hart ini sudah ada sejak tahun 1971.

13. Open Library

Open Library
Open Library merupakan situs raksasa yang meilibatka seluruh penggunanya. Asyiknya, kamu bisa mengakses jurnal maupun e-book gratis yang bisa dibaca kapanpun tanpa koneksi internet.

14. Literature

Literatur
Bidang penelitian sastra dunia tersedia lengkap di Literature. Ribuan buku dari sastrawan ternama dunia bebas diakses di situs ini. Kamu tidak akan menghabiskan banyak kuota internet, karena situs ini hanya menampilan tulisan. Sayangnya kamu tidak bisa mengunduh dalam format pdf, epub atau kindle.

Jadi, masih mengeluh soal skripsi? (diahanggra, life.idntimes.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.