Inilah 15 Siksaan Untuk Manusia Yang Sering Menunda-nunda Sholat

Sering menunda-nunda solat, ingat ada siksaan pedih yang akan menghampirimu di dunia maupun di akhirat. Salat atau sholat adalah tiang agama dan menjadi salah satu perintah wajib dalam Islam. Seorang muslim wajib meyakininya sebab jika tidak maka gugurlah keislamannya. Menurut syariat Islam, praktik salat harus sesuai dengan segala petunjuk tata cara Nabi Muhammad sebagai figur pengejawantah perintah Allah. Umat muslim diperintahkan untuk mendirikan salat karena menurut Surah Al-'Ankabut dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar.

Solat juga menjadi sarana komunikasi antara diri kita dengan Allah SWT. Ibadah sholat menempati posisi pertama sebagai amalan paling utama yang harus dikerjakan setiap muslim. Bahkan, amalan-amalan lainnya tidak akan ada artinya disisi Allah SWT jika perintah sholat ini dilalaikan. Dengan kata lain, sholat menjadi kunci utama bagi seluruh amalan yang telah dikerjakan. 

Ibadah Shalat
Mengenai kedudukan penting perintah sholat, Al-Qur’an menjelaskan bahwa siksaan di hari kiamat nanti bukan hanya diterima oleh orang tidak mengerjakan sholat, tetapi termasuk juga didalamnya orang-orang yang suka menunda waktu sholatnya. Sengaja mengulur-ngulur untuk sholat diakhir waktu.

Peringatan ini tercantum dalam surah Al-Maa’uun ayat 4-5, Allah SWT berfirman; "Maka celakalah bagi orang-orang yang sholat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari sholatnya."

Berikut ini adalah 15 daftar siksaan bagi orang-orang yang sengaja melalaikan ibadah salat atau sholat...

Enam siksaan yang akan diterima di dunia:

  1. Allah SWT akan menghapus cahaya orang shaleh dari wajahnya
  2. Allah SWT akan mencabut keberkahan dari umurnya
  3. Allah SWT akan menghilangkan keberkahan rezekinya
  4. Doanya tidak akan pernah dikabulkan
  5. Dia tidak akan mendapat bagian dari doa orang-orang shaleh
  6. Seluruh amal baiknya tidak mendapat imbalan dari Allah SWT

Tiga siksaan yang akan diterima di hari kematiannya:

  1. Mati dalam keadaan sangat terhina
  2. Mati dalam keadaan kelaparan
  3. Mati dalam kehausan, bahkan meskipun ia diberi minum dari air yang ada di dunia tidak akan mampu mengobati rasa hausnya. 

Tiga siksaan yang diterima di dalam kubur:

  1. Allah SWT akan mempersempit kuburnya
  2. Allah SWT akan memenuhi kuburnya dengan kegelapan
  3. Allah SWT akan mengirimkan malaikat yang akan membuatnya sangat ketakutan di dalam kubur.

Tiga siksaan yang diterima saat hari kiamat ketika dibangkitkan dari kubur:

  1. Mendapat hisab dengan hisab yang sangat sulit
  2. Allah SWT akan memberikan perintah kepada malaikat untuk menyeret wajahnya sementara seluruh makhluk akan memandang kepadanya
  3. Allah SWT tidak sudi melihatnya dan tidak akan mensucikannya. 


Rasullah SAW bersabda bahwa, "Amalan yang pertama kali dihisab dari seorang hamba Allah pada hari kiamat nanti adalah sholatnya. Jika sholatnya baik maka beruntunglah ia. Sebaliknya, jika sholatnya rusak, maka sungguh kerugian besar menimpa dirinya." (HR Tirmidzi dan Abu Hurairah). 

Maka dari itu semua umat Islam tidak boleh melalaikan ibadah shalat karna ada ganjarannya yang sangat pedih. (Ref: sandk, ilmusiana.com, wikipedia.org, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.