Inilah 8 Keajaiban Minum Air Putih Saat Baru Bangun Tidur

Seperti kita ketahui air adalah kebutuhan paling utama yang harus dipenuhi manusia. Air juga mempunyai manfaat yang sangat banyak.

Tubuh manusia terdiri dari 55% sampai 78% air, tergantung dari ukuran badan. Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara satu sampai tujuh liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi; jumlah pastinya bergantung pada tingkat aktivitas, suhu, kelembaban, dan beberapa faktor lainnya. Selain dari air minum, manusia mendapatkan cairan dari makanan dan minuman lain selain air.

Wanita di Jepang dikenal karena tubuhnya yang langsing, sehat, dan berkulit kencang. Terlepas dari genetika mereka, mereka melakukan ritual pagi hari yang membantu tubuh tetap sehat. Minum air putih segera setelah bangun tidur.

Ilustrasi minum air

Ritual tersebut, begitu mengakar dalam budaya Jepang. Namun, sebenarnya hal itu merupakan manajemen air yang terbukti secara ilmiah membantu memperbaiki sejumlah gangguan tubuh.


Berbeda dengan kebanyakan penduduk AS atau negara-negara di Barat sana, penduduk Jepang tidak mengalami gangguan seperti obesitas dan diabetes. Hal ini menjadi alasan bahwa kita bisa mempelajari gaya hidup sehat mereka. Salah satunya dari kebiasaan minum air putih segera setelah bangun tidur.

Berikut delapan manfaat bagi tubuh Anda ketika melakukan ritual minum air putih segera setelah bangun tidur, seperti dikutip dari LifeHack, 

1. Membantu mengeluarkan racun tubuh
Ketika Anda minum air, hal itu secara alami mendesak terjadinya gerakan dalam perut Anda. Di malam hari, tubuh mengalami regenerasi sel dan mengusir semua racun dalam tubuh. Ketika Anda minum air saat perut kosong di pagi hari, Anda akan mengeluarkan racun-racun berbahaya, membuat tubuh Anda segar dan sehat. Minum banyak air dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel otot dan sel-sel darah baru.

2. Meningkatkan Metabolisme
Minum air saat perut kosong dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda menjadi setidaknya 24 persen. Hal ini sangat penting bagi orang-orang yang sedang melakukan diet ketat. Tingkat metabolisme meningkat, itu berarti sistem pencernaan meningkat pula. Anda akan lebih mudah dalam menjalani rutinitas diet jika Anda mencerna lebih cepat. Minum air segera setelah bangun tidur itu membersihkan usus besar, sehingga lebih mudah untuk menyerap nutrisi.

3. Menstabilkan berat badan
Ketika Anda minum air di pagi hari saat perut kosong, hal itu akan melepaskan semua racun dan akan meningkatkan sistem pencernaan Anda. Anda akan merasa tak terlalu lapar dan keinginan makan Anda akan berkurang. Hal ini akan mencegah kenaikan berat badan disebabkan pola makan yang berlebihan.

4. Meredakan mulas dan gangguan pencernaan
Gangguan pencernaan disebabkan oleh meningkatnya zat asam di perut. Anda merasa mulas ketika asam mengalir balik ke kerongkongan Anda. Ketika  minum saat perut kosong, asam tersebut didorong ke bawah tubuh dan dikeluarkan.

5. Membuat kulit lebih bercahaya
Dehidrasi menyebabkan terjadinya keriput dini dan pori-pori yang membesar pada kulit. Dalam sebuah studi, minum 500 ml air ketika waktu perut kosong dapat meningkatkan aliran darah di kulit dan membuat kulit menjadi lebih bersinar. Minum lebih banyak air sepanjang hari, membuat tubuh Anda melepaskan racun, itu akan membuat kulit Anda lebih bercahaya.

6. Membuat rambut tampak berkilau, halus, dan Sehat
Dehidrasi memiliki dampak serius pada pertumbuhan rambut Anda. Minum banyak air membantu memelihara rambut Anda dari dalam ke luar. Air menodminasi hampir ¼ dari berat sehelai rambut. Kurang asupan air dapat menyebabkan rambut rapuh dan tipis. Anda harus minum lebih banyak air setiap harinya, namun meminum air saat perut kosong dapat meningkatkan kualitas rambut Anda lebih baik lagi.

7. Mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih
Minum air segera setelah bangun, penting untuk mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih. Hal itu bekerja dengan cara mengencerkan asam yang menyebabkan adanya batu pada ginjal. Semakin banyak air yang Anda minum (dengan batas yang sehat), semakin Anda akan terhindar dari berbagai macam infeksi kandung kemih yang disebabkan oleh racun.

Baca Juga :
  1. Masya Allah, Ternyata Kalimat Dzikir Ini Melebihi Berat Tujuh Lapis Bumi dan Langit
  2. 4 Manfaat Dari Daun Pepaya Untuk Kesehatan Kita

8. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Minum air saat perut kosong membantu dalam menyeimbangkan sistem limfatik, yang menyebabkan peningkatan kadar imunitas. Sebuah sistem kekebalan yang kuat akan membuat Anda aman dari berbagai penyakit dan mencegah Anda sering jatuh sakit.

Namun hasil penelitian yang diterbitkan Universitas Pennsylvania pada tahun 2008 menunjukkan bahwa konsumsi sejumlah 8 gelas tersebut tidak terbukti banyak membantu dalam menyehatkan tubuh. Malah kadang-kadang untuk beberapa orang, jika meminum air lebih banyak atau berlebihan dari yang dianjurkan dapat menyebabkan ketergantungan. 

Literatur medis lainnya menyarankan konsumsi satu liter air per hari, dengan tambahan bila berolahraga atau pada cuaca yang panas. Minum air putih memang menyehatkan, tetapi kalau berlebihan dapat menyebabkan hiponatremia yaitu ketika natrium dalam darah menjadi terlalu encer. Jadi jika ingin mendapatkan manfaat dari air, jangan sampai berlebihan yak meminumnya.
(Ref: sandk, lifehack.org, wikipedia.org, inspirasidata.com, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.