Mana Yang Lebih Sehat, Sarapan Dua Porsi Atau Tidak Sama Sekali? Inilah Jawabannya...

Sarapan atau makan pagi adalah keadaan untuk mengonsumsi hidangan utama pada pagi hari. Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 pagi. 

Dianjurkan menyantap makanan yang ringan bagi kerja perncernaan, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kadarserat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak rendah.

Ilustrasi makanan untuk sarapan pagi

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Yale dan University of Connecticut telah mengonfirmasi pentingnya sarapan untuk kesehatan, menjaga berat badan ideal, terutama untuk mereka yang memiliki berat badan berlebih.

Singkatnya, penelitian tersebut memiliki kesimpulan: dua porsi sarapan lebih baik ketimbang tidak sama sekali.

Walau responden adalah remaja usia sekolah, namun ini juga berlaku untuk orang dewasa.
Untuk mendapatkan kesimpulan tersebut, peneliti melibatkan 600 siswa sekolah menengah yang sudah mendekati kelulusan.

Mereka mencatat kenaikan berat badan responden dan mengelompokkannya dalam 3 kategori, yaitu siswa yang tidak pernah sarapan, rutin sarapan di rumah atau di sekolah, atau sarapan di kedua tempat (makan dua porsi sarapan).

Selama masa penelitian, peneliti menemukan kenaikan berat badan yang dialami oleh siswa yang rutin sarapan di rumah atau di sekolah relatif ideal dan tidak ditemukan risiko obesitas.

Sebaliknya, anak yang tidak sarapan, atau hanya sesekali sarapan, dua kali lebih mungkin untuk kelebihan berat badan atau mengalami obesitas sama seperti para siswa yang mengonsumsi sarapan sebanyak dua porsi.

Baca Juga :
  1. 5 Cerita Salah Kaprah Paling Kocak Sedunia
  2. Inilah 8 Keajaiban Minum Air Putih Saat Baru Bangun Tidur

Para peneliti memiliki teori, orang yang melewatkan sarapan atau tidak makan apapun di pagi hari lebih mungkin untuk makan berlebihan di jam-jam selanjutnya, sadar ataupun tidak sehingga berisiko lebih gemuk.

Dan ketimbang melewatkan sarapan, masih lebih baik responden yang sarapan dua porsi, karena setidaknya mereka bisa menikmati hidup dan memiliki energi untuk lebih produktif di pagi hari, walau sama-sama memiliki risiko obesitas, tentu keduanya tak terlalu baik bagi kamu, terutama bila traveler peduli tentang masalah berat badan. Jadi, mari biasakan memulai hari dengan sarapan!
(Ref: sandk, travel.tribunnews.com, wikipedia.org)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.