Menarik, Remaja Ini Bangun Dari Koma Lalu Lancar Berbahasa Spanyol

Koma adalah situasi darurat medis ketika penderitanya mengalami keadaan tidak sadar dalam jangka waktu tertentu. Ketidaksadaran ini disebabkan oleh menurunnya aktivitas di dalam otak yang dipicu oleh beberapa kondisi.

Selain tidak menyadari keadaan di sekeliling mereka, orang yang mengalami koma umumnya juga tidak dapat mendengar suara atau merespons rasa sakit. Sebagian yang mengalaminya ada yang terlihat seperti tidur, namun sebagian lagi ada yang matanya terbuka, atau bahkan ada yang terdengar seperti mengeluarkan suara. Namun tentu saja mereka tidak menyadari gerakan-gerakan ini. Ada kisah yang membuat kita merasa terheran-heran mendengarnya, kenapa? 

Remaja yang secara ajaib bisa berbicara bahasa Spanyol setelah mengalami koma
Seorang pesepakbola remaja asal Amerika Serikat mengalami hal yang unik. Bocah bernama Reuben Nsemoh ini baru bangun dari koma, namun dia malah bisa berbahasa Spanyol.

Remaja 16 tahun itu koma setelah menerima tendangan di kepala saat memasukkan bola ke gawang untuk sebuah tim elit. Menurut pelatihnya, Bruno Kalonji, remaja tersebut sempat berhenti bernapas selama beberapa saat.

Dikutip dari metro.co.uk, Sabtu (22/10), Nsemoh segera dibawa ke rumah sakit usai kejadian itu. Dari dokter yang memeriksanya, dia mengalami luka serius di bagian kepala dan koma selama tiga hari.

Saat dia bangun, dia malah kehilangan kemampuannya untuk berbahasa Inggris, gantinya dia malah bisa berbahasa Spanyol dengan sangat lancar.

"Dia tidak pernah memiliki kemampuan itu sebelum kepalanya terluka," ujar orangtua Nsemoh.

Baca Juga:

  1. Ternyata 5 Benda Yang Ada di Rumah Kita Ini Mempunyai Masa Kadaluarsa
  2. Inilah Ancaman Kesehatan Dari Tinggi Pendeknya Tubuh Seseorang

Setelah beberapa hari berlalu, kemampuan berbahasanya mulai kembali normal. Remaja 16 tahun ini percaya, dia tiba-tiba bisa bahasa Spanyol karena pikirannya teringat pada percakapan antara teman-temannya.

Siswa SMA ini melanjutkan rawat jalan di rumahnya. Meski demikian, dia masih belum diperbolehkan untuk kembali ke lapangan. Sekarang, kemampuan bahasa Inggris Nsemoh sudah kembali, meski demikian, dia masih bisa sesekali berbahasa Spanyol. (Ref: sandk, metro.co.uk, alodokter.com, merdeka.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.