Mengenal Teknologi USB Type C yang Mampu Mentransfer dengan Kecepatan Tinggi Hingga 10Gbps

USB Type C adalah konektor USB terbaru saat ini dengan segudang fitur canggih, USB type C bisa juga di sebut USB versi 3.1 yang merupakan penerus dari USB versi sebelum nya yakni 2.0 dan 3.0. Pada awal nya usb seri C ini hanya di gunakan oleh perangkat laptop.

Sudah diperkenalkan ke dunia teknologi sejak 2014, rasanya USB Type-C bisa dibilang bukan lagi termasuk teknologi baru.

Meski begitu, hingga saat ini masih sedikit ponsel yang sudah mendukung teknologi ini lho.
Lalu apa ya yang jadi sebabnya?

USB Type C

Pasalnya, USB Type-C memiliki kecepatan transfer file yang begitu tingggi bahkan hingga 10Gbps.

Memiliki spesifikasi daya hingga 100Watt serta memiliki pin kecil berjumlah 24 yang ada di dalamnya.

USB atau Universal Serial Bus pada dasarnya memang sebuah kabel yang dapat menghubungkan anatar dua perangkat elektronik.

Selain untuk mentransfer sejumlah data, kabel USB juga dapat difungsikan sebagai penghantar arus listrik antara perangkat satu ke perangkat satunya.

Salah satu jenisnya ya USB Type-C ini, guys. Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, USB tipe ini memiliki beberapa keunggulan.

Seperti daya charge yang jauh lebih cepat, serta tingginya kecepatan jika kalian gunakan untuk transfering file dari ponsel kemana pun menggunakan USB ini.

USB Type-C juga memiliki sifat reversible yang berarti mampu bekerja pada semua bagian dan tidak tergantung pada orientasi pemasangan.

Mau pasang terbalik pun tak perlu khawatir, guys. Namanya sebuah perangkat pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya bukan?

Dukungan perangkat yang sudah support USB Type-C belum begitu banyak jika dibandingkan dengan versi sebelumnya yang terdapat pada sebagian besar smartphone.

USB Type C
USB Type C memiliki tingkat bahaya pada konektornya yang lebih tinggi daripada USB 2.0.

Ada banyak kasus juga mengenai kabel USB Type-C yang dijual di pasaran namun sebenarnya masih memiliki standar konektor USB 2.0.

Baca Juga :
  1. Tahukah Kamu Kenapa Manusia Tidak Bisa Menggelitik Dirinya Sendiri?
  2. Unik, Perusahaan Ini Membuat Perhiasan Dari Asi Ibu

Tentu berbahaya bukan, jika perangkatmu mendukung USB Type-C namun justru kalian charge menggunakan versi abal-abal Type-C yang masih mendukung konektor versi sebelumnya.

Masalah lainnya ialah ketersediaan USB Type-C yang jauh masih lebih sedikit jika dibandingkan dengan versi sebelumnya dan juga harga yang lebih mahal tentunya.

So, jangan asal beli murah USB Type-C ini ya. Lebih baik lagi jika kalian membeli versi aslinya dari smartphone kalian meski harganya jauh lebih mahal dari biasanya.
(Ref: sandk, androidauthority.com, hpsaja.com, style.tribunnews.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.