Okiku-ido, Sumur Paling Menakutkan Seantero Jepang

Apakah kalin mengetahui mitos bahwa ada sumur paling menakutkan serta menyeramkan dari Jepang. Mendengar kata sumur saja kita sudah merasakan hawa angker dan seram, apalagi sumur tersebut mempunyau kisah atau sejarah yang menakutkan. Seperti kisah sumur asal Jepang ini.

Okiku-ido atau sumur Okiku merupakan bagian dari legenda mistis paling terkenal di Jepang. Kabarnya sumur ini merupakan tempat bersemayam arwah Okiku, seorang gadis cantik yang dibunuh dengan dilemparkan ke dalam sumur.

Sumur Okiku-ido
Okiku-ido berada di Puri Himeji, Prefektur Hyogo, Jepang. dilansir Eyewitness Travel Guides: Japan, puri itu sendiri termasuk salah satu contoh terbaik dari peninggalan arsitektur zaman feodal Jepang.

Okiku-ido bisa ditemukan di halaman kompleks puri. Sumur tersebut dihalangi jaring kawat dan dikelilingi tonggak-tonggak batu untuk melindungi para pengunjung yang ingin mengintip ke dalam.

Okiku dan pusaka kesepuluh yang raib

Ada banyak mitos dan legenda mengenai Okiku dan kemalangan yang membawanya menuju kematian. Menurut salah satu versi, Okiku adalah pelayan yang merusak/menghilangkan satu dari sepuluh pusaka milik tuannya, Asayama Tetsuzan. Atas kesalahan ini, Okiku dihukum mati dan jasadnya dilemparkan ke dalam sumur.

Ilustrasi Okiku oleh Tsukioka Yoshitoshi Tsukioka Yoshitoshi
Sejak itu, setiap malam terdengar suara Okiku yang meratap sambil menghitung pusaka dari dalam sumur. Begitu sampai ke angka sembilan, suaranya berubah menjadi tangisan memilukan. Kabarnya arwah Okiku baru bisa ditenangkan jika dari atas ada orang yang berteriak 'sepuluh' untuk melengkapi hitungannya.


Kisah Okiku berkembang menjadi cerita rakyat terkenal di Jepang. Kisah tersebut diceritakan kembali di teater Kabuki, populer dengan judul Bancho Sarayashiki. (Ref: sandk, merdeka.com, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.