Perhatian!, 4 Penyakit Ini Bisa Membuat Jantung Anda Rusak Secara Perlahan

Penyakit adalah suatu keadaan abnormal dari tubuh atau pikiran yang menyebabkan ketidaknyamanan, disfungsi atau kesukaran terhadap orang yang dipengaruhinya. Untuk menyembuhkan penyakit, orang-orang biasa berkonsultasi dengan seorang dokter.

Penyakit sering menyerang orang dengan kekebalan tubuh yang lemah, berbagai penyakit akanmudah masuk jika seseorang sedang dalam kondisi yang tidak stabil dalam artian kondisi tubuh dan kekebalan tubuh menjadi lemah dan membuatnya gampang terserang oleh berbagai macam penyakit.

Salah satunya adalah jantung. Jantung merupakan organ vital dalam tubuh manusia. Perannya sebagai penyaring darah yang kemudian bertugas menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh tentu saja sangat penting. Sayangnya, meski jantung memegang peranan penting, jantung juga tak lepas dari beragam penyakit berbahaya yang bisa secara perlahan merusak kesehatan jantung. Apa sajakah penyakit yang membuat kondisi jantung secara peralahan akan rusak, berikut informasinya...

1. Dislipidemia (kolesterol tidak normal)

Dislipidemia
Kolesterol merupakan zat lemak yang bisa ditemukan di semua sel tubuh. Mereka yang memiliki kolesterol tinggi dalam darah memiliki kesempatan lebih besar untuk terkena penyakit jantung koroner.

Saat kolesterol tinggi, terjadi penumpukan lemak di lapisan dalam arteri yang kemudian membentuk plak. Seiring waktu, penumpukan lemak ini mempersempit aliran arteri. Mereka yang memiliki kolesterol tinggi juga berisiko besar untuk terkena stroke.

2. Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Hipertensi
Ketika seseorang memiliki tekanan darah tinggi, jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang kemudian membuat jantung menjadi lebih tebal dan kaku yang akan berakibat dengan rusaknya jantung secara perlahan.


3. Diabetes

Diabetes
Penderita diabetes berisiko dua kali lebih tinggi untuk terkena penyakit kardiovaskular. Hal ini terjadi karena diabetes menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang kemudian membuat mereka rentan terkena hipertensi.

Sayangnya, tak banyak penderita diabetes yang menyadari hal ini. Hingga pada akhirnya mereka tahu-tahu bahwa saraf dan pembuluh darah telah rusak dan kemudian diakhiri dengan serangan jantung.

4. Kegemukan

Kegemukan
Kegemukan yang berakhir dengan diabetes menjadi faktor utama penyebab penyakit jantung. Sebab di dalam tubuh orang yang obesitas, terdapat tumpukan lemak yang kemudian mempengaruhi tekanan darah dan mengganggu kerja insulin. Insulin digunakan untuk memproses glukosa yang berasal dari makanan yang kamu konsumsi. Saat insulin tidak bisa bekerja dengan baik, maka kamu berisiko tinggi terkena diabetes yang berujung dengan penyakit jantung.

Karena jantung memegang peranan penting dalam tubuh, maka sudah merupakan kewajibanmu untuk menjaga kesehatannya. Caranya adalah dengan selalu menerapkan pola hidup sehat seperti makan sehat, tidur cukup, dan olahraga teratur. Cukup mudah, bukan? (sandk, merdeka.com, wikipedia.org, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.