Semut Panda, Semut Unik Yang Terancam Punah

Kita tahu bahwa hewan kecil satu ini adalah hewan yang sangat tangguh dan juga hewan ini mempunyai sifat gotong royong yang kuta, ya semut.

Semut adalah semua serangga anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera. Semut memiliki lebih dari 12.000 jenis (spesies), sebagian besar hidup di kawasan tropika. Sebagian besar semut dikenal sebagai serangga sosial, dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per koloni. Anggota koloni terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Dimungkinkan pula terdapat kelompok semut penjaga. Satu koloni dapat menguasai daerah yang luas untuk mendukung kehidupan mereka. Koloni semut kadangkala disebut "superorganisme" karena koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

Semut Panda
Meskipun ukuran tubuhnya yang relatif kecil, semut termasuk hewan terkuat di dunia. Semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri, dapat dibandingkan dengan gajah yang hanya mampu menopang beban dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri. Semut hanya tersaingi oleh kumbang badak yang mampu menopang beban dengan berat 850 kali berat badannya sendiri.

Anda tentu sudah tidak asing dengan semut dan panda. Namun, tahukah Anda ada semut yang memiliki bulu dengan warna sama dengan panda? Berdasarkan laporan PandaAnt, Rabu (31/8/2016), semut panda berasal dari garis pantai Cile dan pertama kali dikenal sebagai euspinolia militaris. Namun karena warnanya yang seperti panda, semut yang cukup kuat ini diberi nama semut panda.

Semut panda sebenarnya adalah spesies tawon tanpa sayap dan berhubungan dengan red velvet ant yang juga dikenal bisa membunuh seekor sapi dewasa. Semut panda disebut mampu melumpuhkan sapi dewasa dengan enam sengatannya. Sayangnya, semut panda merupakan spesies yang hampir punah di dunia. 


Mereka hanya menelurkan 2.000 telur setiap tahun. Mereka menjadi makanan bagi predator dan yang dewasa hanya mampu bertahan selama dua tahun. 

Spesies dengan nama Latin multillidae ini biasa hidup di pasir atau kerikil. Kini mereka hanya bisa ditemukan di wilayah tropis terutama gurun seperti di Amerika Serikat bagian barat laut atau Meksiko. 

Panjang untuk semut panda dewasa rata-rata 8 mm dengan ketinggian 2–3 mm. Mereka hidup secara soliter dan lebih aktif di suhu setelah matahari tenggelam. (Ref: sandk, techno.okezone.com, wikipedia.org)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.