Tak Hanya Membuat Gemuk, Ternyata Polusi Udara Bisa Menyebabkan Hipertensi

Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti.

Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. Beberapa definisi gangguan fisik seperti polusi suara, panas, radiasi atau polusi cahaya dianggap sebagai polusi udara. Sifat alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara dapat bersifat langsung dan lokal, regional, maupun global.

Ilustrasi polusi udara
Polusi udara berikut dengan kemacetan yang menyertainya adalah pemandangan sehari-hari kota besar.


Jika selama ini polusi udara dikaitkan dengan gangguan kesehatan paru-paru, maka polusi udara juga bisa membuat seseorang terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Penelitian yang dilakukan di negara seperti Norwegia, Swedia, Denmark, Jerman, dan Spanyol menemukan bahwa setiap mikrogram udara kotor yang terhirup mengandung bahan kimia seperti debu mineral, amonia, karbon hitam, dan sulfat yang kemudian menembus masuk ke dalam paru-paru," ungkap penelitian dari WHO ini.

"Paparan kronis dari partikel ini berkontribusi terhadap pengembangan penyakit kardiovaskular dan pernapasan, termasuk peradangan di sistem kardiovaskular yang merusak pembuluh darah dan berujung dengan penyakit hipertensi," jelas pemimpin penelitian ini, Barbara Hoffmann, profesor kesehatan dari Centre for Health and Society di Heinrich-Heine-University of Dsseldorf, Jerman.

Baca Juga :

  1. Tips Menjadi Orang Berwibawa dan Disegani Banyak Orang
  2. Kebiasaan Jelek Ini Justru Sangat Baik Bagi Kesehatanmu

"Dengan ditemukannya hasil penelitian ini, maka sebenarnya wajib dikeluarkan peraturan yang berhubungan dengan tingkat batas polusi udara yang diperbolehkan agar tidak merugikan kesehatan masyarakat umum," sarannya.

Well, jika kamu sendiri takut dengan dampak tersebut, kamu bisa meminimalisir bersinggungan dengan udara kotor yaitu dengan selalu menggunakan masker setiap kali keluar rumah. Serta mengonsumsi makanan sehat guna meningkatkan kesehatan tubuh dan kesehatan paru-paru pada khususnya. (Ref: sandk, wikipedia.org, merdeka.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.