Ternyata Make Up Juga Ada Masa Kadaluarsanya lho!

Tata rias wajah (bahasa Inggris: make up) adalah kegiatan mengubah penampilan dari bentuk asli sebenarnya dengan bantuan bahan dan alat kosmetik. Istilah make up lebih sering ditujukan kepada pengubahan bentuk wajah, meskipun sebenarnya seluruh tubuh bisa di hias (make up).

Seperti kenangan anda dengan si mantan, ada beberapa make up yang harus di buang. Misalnya make up yang sudah kadaluarsa. Seing kita anggap sebagai barang yang aman untuk digunakan dalam waktu yang lama. Tahu gak si? ternyata makeup mu juga ada masa kadaluarsanya. Walaupun terkadang kita tidak menemukan tanggal kadaluarsanya.
Meskipun tidak selalu ada tanggal kadaluarsa pada makeup, kamu harus tahu bahwa makeup juga bisa basi

Ketahuilah jika make up bisa basi
Memang sih, beberapa produk-produk makeup ada yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa, tapi bukan berarti mereka bisa digunakan selamanya lho. Sama seperti di negara-negara besar seperti Amerika dan Kanada, badan POM di Indonesia tidak mewajibkan perusahaan kosmetik untuk mencantumkan tanggal kadaluarsa pada produk mereka. Produk-produk makeup asal luar negeri seperti MAC dan MakeUp For Ever hanya mencantumkan tanggal kadaluarsa di sebagian produk mereka, dan mereka pun bukan satu-satunya. Meskipun begitu segala macam produk makeup ada tanggal kadaluarsanya.

Dampak negatif memakai makeup kadaluarsa; mulai dari berkurangnya efektivitas, iritasi, hingga jerawat

Dampak negatifnya
Membuang makeup yang meskipun sudah lama tak dipakai rasanya berat, benar nggak girls? Membuang makeup yang harganya 500rb-an dan baru kamu pakai selama 3 bulan itu rasanya pedih, menyayat hati, bagaikan membuang dambaan hati. Tapi, mau gimana lagi? Ketika kita memakai makeup yang sudah kadaluarsa, kita menempatkan wajah cantik kita pada resiko deteriorasi estetika dan pastinya nggak ada cewek yang mau akan hal itu.

Memakai makeup yang sudah kadaluarsa memiliki beberapa risiko bagi kulit kita. Risiko yang paling ringan adalah berkurangnya efektivitas makeup ketika dipakai. Contohnya, foundation atau concealer yang kadaluarsa mungkin tak akan bisa memberikan coverage yang sebagus dulu. Cream blush yang kadaluarsa mungkin tidak akan memberikan rona yang secerah dan setahan ketika baru dibeli.

Baca Juga: 
  1. Menarik, Remaja Ini Bangun Dari Koma Lalu Lancar Berbahasa Spanyol
  2. 7 Cara Mudah Untuk Jaga Privasi di Dunia Maya

Selain itu, ada juga risiko yang lebih berbahaya dari itu. Makeup yang kadaluarsa juga bisa mengakibatkan iritasi kulit dan juga jerawat. Hal tersebut biasanya terjadi pada produk-produk water-based dan yang cair. Produk seperti maskara dan liquid foundation biasanya cenderung mudah tercampur bakteri karena memudarnya bahan pengawet yang ada pada makeup. Hal tersebut pun bisa menjadi penyebab iritasi dan juga jerawat.

Makeup biasanya bisa bertahan mulai dari 3 bulan hingga 2 tahun, ini nih lengkapnya!

Hanya 3 bulan sampai 2 Tahun
Untuk mempermudah mengingat tanggal kadaluarsanya, kita bisa mengkategorikan makeup berdasarkan fungsi pada anatomi wajah.
  • Makeup mata. Untuk makeup mata yang cair seperti maskara dan liquid eyeliner, tanggal kadaluarsanya hanya 3 bulan saja. Setelah itu, maskaramu memiliki kemungkinan untuk menjadi sarang bakteri. Sedangkan untuk eyeliner biasa dan juga pensil alis, kamu bisa memakainnya hingga 2 tahun.
  • Makeup wajah yang cair. Untuk liquid foundation, liquid concealer, dan cream blush, masa kadaluarsanya adalah 6 hingga 1 tahun.
  • Makeup wajah bubuk. Untuk bedak, compact foundation, compact concealer, blushon, bronzer, dan ditambah eyeshadow, mereka semua bisa digunakan hingga 2 tahun.
  • Untuk bibir. Lip gloss dan lipstik biasanya bisa dipakai untuk 1 hingga 2 tahun, tergantung merek.
  • Skincare. Moisturizer, toner, essence, serum, dan lotion, bisa kamu pertahankan selama 2 tahun juga.

Perubahan warna, aroma, dan konsistensi makeup juga bisa menjadi tolak ukur kapan harus dibuang

Lihat beberapa perubahannya
Selain patokan waktu di atas, sebenarnya kamu juga bisa menentukan kapan produk makeupmu harus dibuang melalui bentuk fisiknya. Ketika makeup sudah berganti warna, aroma, konsistensi, atau bahkan muncul jamur, saat itulah kamu harus membuang makeupmu.

Tapi, ada juga beberapa produk makeup yang tahan dipakai hingga bertahun-tahun. Gimana tuh?


Walaupun tidak kadaluarsa tetap hati-hati ya guys
Bukannya justifikasi untuk menimbun makeup sih, tapi kadang ada juga produk makeup yang tahan bertahun-tahun dan sudah melewati rekomendasi tanggal kadaluarsanya. Sayang kan ketika kamu harus membuang foundation MUFEmu yang harganya 700rb itu, concealer MACmu yang harganya 400rb itu, atau lipstik Maybelline yang 200rb-an itu.

Memang sih, kadang kamu bisa memakai makeup kamu dengan lama jika memang belum ada perubahan-perubahan drastis pada aroma, konsistensi, atau warna. Meskipun begitu, kamu harus super bersih dalam menghandle makeup sehingga bakteri tak mudah masuk. Jangan lupa cuci tangan sebelum jari memegang makeup. Jangan lupa mencuci kuas atau sponge dan jangan juga bertukar makeup dengan orang lain.

Meskipun begitu, akan lebih baik jika kamu selalu mengikuti aturan tanggal kadaluarsa makeup di atas. Karena pada dasarnya, ada banyak uang yang bisa dicari di dunia ini, tapi muka cantik kita hanya ada satu. (diahanggra, hipwee.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.