Tiyanak, Hantu Berwujud Bayi Asal Filipina Yang Hobi Minum Darah Manusia

Kalau di Indonesia terkenal akan hantu tuyul yang berbentuk seperti anak kecil yang hobinya mencuri uang untuk diberikan ke majikannya. Berbeda dengan urban legend asal Filipina, disana terdapat mitos tentang sosok yang bernama Tiyanak dengan perawakan yang hampir mirip dengan tuyul namun terlihat seperti bayi akan tetapi lebih seram, kenapa seram ? karena Tiyanak bukan untuk mencuri uang seperti tuyul melainkan menghisap darah korbannya seperti vampir.

Tiyanak atau juga dikenal sebagai tianak, merupakan sosok vampir dalam mitologi Filipina. Makhluk penghisap darah ini memiliki wujud menyerupai bayi baru lahir atau anak kecil. 

Ilustrasi Tiyanak
Tiyanak akan menyamar menjadi bayi dan menangis untuk menarik perhatian manusia. Ketika seorang manusia mendekatinya, dia akan berubah ke wujud aslinya dan mengisap darah orang tersebut. Konon tiyanak juga senang menyerang wisatawan yang tersesat, atau menculik anak-anak. 

Meski tiyanak umumnya diceritakan dalam berbagai versi, semua cerita tentang tiyanak memiliki beberapa kesamaan, yakni tentang kemampuannya meniru wujud dan suara tangis bayi untuk memikat korban. Beberapa rumor mengatakan bahwa tiyanak memiliki wujud pria tua dengan kulit keriput, jenggot dan kumis panjang, hidung datar dan mata ukuran koin.


Cerita lain juga mengatakan bahwa tiyanak relatif malas untuk bergerak karena kaki kanannya jauh lebih pendek daripada kaki kirinya. Oleh karena itu, tiyanak digambarkan lebih suka melompat daripada berjalan. Sementara itu, orang-orang Mandaya di Mindanao mengklaim bahwa tiyanak adalah roh dari seorang anak yang ibunya meninggal sebelum melahirkan. Hal ini menyebabkan dirinya harus lahir di dalam tanah.

Tiyanak
Pada masa penjajahan Spanyol di Filipina, abad ke-16, mitos tiyanak diintegrasikan ke dalam agama Kristen. Tiyanak dalam versi Kristen adalah jiwa bayi yang mati sebelum sempat dibaptis. Kini, definisi tersebut diperluas menjadi, janin yang diaborsi dan kembali dari kematian untuk menuntut balas pada orang-orang yang telah merampas hidupnya. (sandk, merdeka.com, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.