Unik, Bunga Langka Yang Hanya Mekar 3000 Tahun Sekali Ini Tumbuh di Jembara Bali

Bunga Udumbara, adalah bunga legendaris yang mekar 3000 tahun sekali dan ternyata ada di Indonesia. Bunga ini sangat nyaris tidak kasat mata, dalam mitosnya umat Buddha, bunga yang mekarnya 3000 tahun sekali ini dapat membawa keberuntungan dan menjadi fenomena supranatural. Karennya bunga ini disebut bunga surgawi yang tidak tumbuh di dunia biasa. 

Dan baru-baru ini di negara kita tepatnya di pulau dewata ternyata bunga yang sangat langka ini mekar di salah satu rumah warga.

Bunga Udumbara mekar di salah satu rumah warga Bali

Warga Lingkungan BB Agung, Kelurahan BB Agung, Kecamatan Negara, Jembrana, dihebohkan dengan adanya penemuan Bunga Udumbara. Bunga yang hanya tumbuh dan mekar tiap 3000 tahun sekali tersebut tumbuh di pekarangan rumah Kadek Suardana (36), warga setempat.


Bahkan bunga langka yang terakhir ditemukan tumbuh di Jepang tersebut di rumah Suardana tersebut ditemukan tumbuh subur di dua lokasi. Yakni di ranting pohon jeruk dan daun pintu rumahnya.

Pohon bunga udumbara biasanya juga dikenal dengan sebutan “pencekik ara”, karena ia hidup sebagai parasit dan tumbuh pada cabang-cabangnya pohon inang. Pohon ara sendiri disimbolkan sebagai pohon yang bunganya terbungkus dalam buah dan sembunyi dari pandangan manusia.

Bunga tersebut sangat kecil, nyaris tidak terlihat dengan kasat mata. Bentuknya menyerupai jamur dengan mahkota bunga berwarna putih bulat bertangkai halus berwarna keemasan.

Bunga Udumbara di rumah I Kadek Suardana (36) di Lingkungan Baler Bale Agung, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara.
Bunga ini juga bisa tumbuh di logam, kaca, tanaman, serta patung-patung Buddha. Namun, para peneliti berfikir bahwa orang-orang salah menafsirkan bahwa telur serangga atau “lacewing hijau” diduga adalah bunga Udumbara karena bentuk tampilannya yang serupa.

"Sebenarnya, bunga Udumbara yang tumbuh di ranting jeruk ditemukan istri saya setahun lalu dan yang di daun pintu ditemukan oleh anak saya lima bulan lalu," ujar Suardana, Minggu (30/10).

Baca Juga :
  1. 10 Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan
  2. Kisah Gaun Pengantin Anna Baker

Menurut Suardana, awalnya dia tidak mengetahui kalau bunga tersebut adalah bunga Udumbara. Baru setelah mertuanya memberitahukan bahwa bunga tersebut bunga Udumbara, barulah dia meletakannya di dalam kamar dan merawatnya.

"Saya yakin ini bunga Udumbara. Katanya bunga ini membawa berkah. Ini bukan jamur, buktinya banyak kejadian aneh yang saya rasakan setelah menemukan bunga ini," tuturnya.

Lanjut Suardana, meskipun telah ditemukan setahun lalu, namun hingga kini bunga tersebut tumbuh subur dan tidak pernah layu. Karena itu dia mengaku tetap akan menjaganya dengan baik.

"Kalau memang itu jamur, tidak mungkin bisa bertahan tumbuh sampai setahun. Kalau jamur paling seminggu sudah layu," tutupnya. (Ref: sandk, merdeka.com, lifeblogid.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.