Unik! Hövding Helmet, Helm Penyelamat Para Pesepeda

Tidak hanya kendaraan bermesin saja yang mempunyai pelindung kepala atau orang sering menyebutnya dengan helm, atau helmet. 

Helm biasanya digunakan sebagai perlindungan kepala untuk berbagai aktivitas pertempuran (militer), atau aktivitas sipil seperti olahraga, pertambangan, atau berkendara. Helm dapat memberi perlindungan tambahan pada sebagian dari kepala (bergantung pada strukturnya) dari benda jatuh atau berkecepatan tinggi.

Di beberapa negara, helm wajib digunakan bagi pengendara sepeda motor, bahkan ada yang mewajibkannya bagi pengendara sepeda tak bermotor. Di Inggris hanya penganut Sikh yang diperbolehkan tidak memakai helm karena harus memakai turban.

Hovding bike airbag
Penemuan terbaru mengungkap, helm konvensional yang terbuat dari bahan plastik dan sterofoam tak cukup ampuh melindungi pengendara dari dampak kecelakaan. Karena itu, para peneliti di Amerika Serikat membuat penggantinya, yakni helm dari bahan airbag.

Sebuah tim dari Universitas Stanford melakukan pengujian dengan membandingkan kemampuan helm konvensional dan helm airbag dalam melindungi penggunanya. David Camarillo, seorang peneliti Universitas Stanford mengatakan, berdasarkan penelitian, helm konvensional memang terbukti bisa mengurangi potensi patah tulang tengkorak dan cedera otak. “Namun salah jika ada yang beranggapan helm konvensional bisa melindungi penggunanya dari gegar otak. Itu tidak benar,” kata David, seperti dikutip dari Daily Mail. 


Dalam penelitian di laboratorium helm airbag terbukti dapat mengurangi dampak benturan hebat yang bisa menyebabkan luka parah di kepala. Para peneliti mengklaim, helm airbag bekerja enam kali lipat lebih efektif dalam melindungi kepala ketimbang helm konvensional yang bagian dalamnya dilapisi sterofoam. Helm airbag sebenarnya sudah lama tersedia untuk pengguna sepeda. 


Bentuknya simpel yakni seperti kerah yang digunakan melingkar di leher. Begitu pengendara jatuh, algoritma pada kerah akan bekerja untuk mengembangkan airbag dalam waktu satu detik. Kerah tersebut akan mengembang seperti airbag, menutup seluruh bagian kepala. 

Salah satu perusahaan yang memproduksinya adalah Hovding asal Swedia. Sejauh ini helm itu dibuat untuk pengguna sepeda. Namun harganya jauh lebih mahal dari helm biasa yakni mencapai USD279 atau sekira Rp3,6 juta per unit. Setiap airbag mengembang, maka helm harus diganti. (Ref: sandk, news.okezone.com, wikipedia.org, theguardian.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.