Unik, Jenis Aspal Ini Bisa Menyerap Air dan Menanggulangi Banjir, Sangat Cocok Untuk Jalanan di Indonesia

Aspal atau bitumen adalah suatu cairan kental yang merupakan senyawa hidrokarbon dengan sedikit mengandung sulfur, oksigen, dan klor. Aspal sebagai bahan pengikat dalam perkerasan lentur mempunyai sifat viskoelastis. Aspal tampak padat pada suhu ruang padahal adalah cairan yang sangaaat kental. Biasanya aspal dipergunakan untuk membuat jalan, nah bagaimana dengan aspal yang bisa menyerap air?

Aspal Topmix Permeable didesain khusus memiliki daya serap baik yang bisa "meminum" air dengan sangat cepat sehingga bisa menanggulangi banjir.

Dalam sebuah video di Tarmac. aspal ini di tes dengan sebuah truk molen yang diparkir lalu truk tersebut mengeluarkan 4000 liter air dalam beberapa menit, dan kemudian air-air tersebut menghilang begitu saja masuk ke dalam daratan.

Topmix Permeable

Bahan ini mampu mencegah banjir saat badai. Aspal ini juga mampu membuat jalanan lebih aman karena tidak menyebabkan kubangan atau lubang yang bisa membahayakan para pengendara, menurut Tarmac, yang mengembangkan aspal ini.

Cara kerjanya adalah dengan membuat aspal ini mempunyai pori-pori yang dapat mengalirkan air ke pembuangan di bawahnya.

Sistem drainase juga dihubungkan di bawah aspal ini sehingga bisa menampung air yang masuk.
Pernyataan dari perusahaan tersebut memang mengatakan bahwa aspal ini tidak bisa mengatasi banjir dadakan di area urban namun aspal ini dapat mengurangi panas pada saat cuaca panas.

Mereka mengatakan, "Pori-pori dapat membuat air permukaan untuk terserap kedalam tanah dengan kemampuan untuk menampung air ketika air sulit."

Topmix Permeable
Konsep pori-pori ini memang sudah ada sejak 60 tahun dan biasanya digunakan untuk menanggulangi banjir.

Tarmac mengklaim bahwa sekarang aspal ini bisa digunakan dengan lebih praktis dan bisa menahan beban dari kendaraan.

Topmix Permeable
Mereka juga mengklaim, aspal berpori ini sangat ideal untuk area yang luas di mana air menjadi masalah, seperti di tempat parkir.

Baca Juga :
  1. 5 Ciri Teman Berbahaya Yang Harus Dihindari
  2. Sst Bocoran, Inilah Ciri-ciri Dia Adalah Jodohmu

Kekurangan dari aspal ini adalah ketika cuaca sangat dingin, kemungkinan besar aspal ini akan rusak.

Tarmac juga mengatakan telah mengaplikasikan aspal Topmix Permeable ini di tempat parkir di Wycombe dan tempat latihan golf. Kalau di Indonesia mungkin cocok banget nih, kan enggak ada cuaca dingin ekstrim.

Berikut adalah Videonya

(Ref: sandk, tarmac.com, style.tribunnews.com, youtube)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.