6 Bagian Tubuh Ini Disarankan Untuk Tidak Disentuh

Setiap kali merasa gatal, kita akan cenderung menggaruk bagian tubuh yang terasa gatal dengan menggunakan jari. Ini adalah bentuk tindakan spontan yang terjadi tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Kita akan menyentuh bagian tersebut dengan kuku terutama. Namun apakah Anda tahu bahwa sebenarnya ada bagian-bagian tubuh yang tidak boleh disentuh dengan jari?

Dilansir laman Merdeka, bagian tubuh mana saja yang disarankan untuk tidak disentuh dengan jari. Ini benar-benar penting karena berhubungan langsung dengan kesehatan Anda. Kira-kira bagian tubuh mana saja? Berikut ulasannya!

1. Bagian dalam telinga

Ilustrasi mengorek kuping
Pastikan Anda tidak pernah memasukkan jari ke dalam telinga. Karena memasukkan jari ke dalam telinga bisa sangat berbahaya dan meningkatkan risiko merobek kulit tipis yang melapisi saluran telinga.

Biasanya orang cenderung membersihkan telinga dengan kuku kelingking yang kecil dan runcing untuk menjangkau kotoran di dalam sana. Ini berbahaya karena Anda tidak mengetahui tingkat kebersihan jari dan kuku Anda. Jelas, infeksi telinga dan radang pun akan terjadi jika Anda tetap melakukannya.


2. Wajah

Ilustrasi mengelus wajah
Mungkin Anda pun sudah mengetahui banyak larangan yang tidak menganjurkan kita untuk menyentuh wajah dengan telapak tangan kita. Terutama dengan jari, kuman dan jari-jari kita dapat menyumbat pori-pori dan dapat menyebabkan breakout pada kulit sensitif pada wajah.  Anda tidak bisa memastikan apakah tangan Anda benar-benar bersih dari kuman dan kotoran.

3. Pantat

Ilustrasi menggaruk pantat
Jika pada suatu saat Anda merasakan pantat Anda sangat gatal, jangan pernah menggaruknya dengan tangan telanjang. Artinya langsung bersentuhan antara jari (kuku) dengan pantat. Karena dapat mengandung banyak bakteri yang paling berbahaya, bahkan jika Anda sudah mencucinya secara menyeluruh.

4. Mata

Ilustrasi mata biru
Anda pun sudah mendengar tentang hal ini. Menggosok atau mengucek mata menggunakan tangan atau jari adalah tindakan yang berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan berbagai infeksi mata. Kuman yang menempel pada mata dapat menyebabkan konjungtivitis dan styes. So, pastikan Anda menghindari menyentuh mata sering-sering dengan tangan.

5. Bibir

Ilustrasi bibir merona
Sebagian besar kebiasaan orang ketika bosan akan menempelkan jari ke bibir atau daerah di sekitarnya. Apakah ini juga berbahaya? Ya, tentu saja! Sepertiga kuman yang ada di jari dan tangan mampu ditransfer hanya dengan menempelkan jari ke mulut. Belum lagi ketika Anda langsung makan setelah itu. Bukankah kuman-kuman itu langsung masuk ke dalam tubuh?

Baca Juga :

  1. Inilah Hotel Yang Paling Murah di Dunia, Mau Mencoba?
  2. Yuk, Ungkap Kepribadianmu Dari Bentuk Lidah

6. Bagian dalam hidung

Ilustrasi mengorek hidung
Ini adalah kegiatan yang mutlak menjijikkan! Ya, ngupil! Para peneliti telah membuktikan bahwa sekitar 51 persen orang yang sering ngupil dengan menggunakan tangan cenderung membawa bakteri Staphylococcus di hidung mereka dibandingkan orang yang tidak. Ini sangat berbahaya karena hidung berurusan langsung dengan pernapasan! (Ref: sandk, merdeka.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.