7 Universitas di luar Negeri Yang Menjadikan Bahasa Indonesia Mata Kuliah Wajib

Universitas adalah suatu institusi pendidikan tinggi dan penelitian, yang memberikan gelar akademik dalam berbagai bidang. Sebuah universitas menyediakan pendidikan sarjana dan pascasarjana. Kata universitas berasal dari bahasa Latin universitas magistrorum et scholarium, yang berarti "komunitas guru dan akademisi".

Kita harus banga lho! pada Negeri kita Indonesia, karena banyak kebudayaan Indonesia yang sudah diakui dunia. Termasuk soal bahasa, termasuk daftar 10 bahasa yang digunakan di dunia. Bahasa Indonesia masuk urutan ke 4 sebagai bahasa paling bahagia di dunia. 

Hal itu merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh University of Vermont, Burlington, Amerika Serikat. Tidak hanya itu Indonesia sendiri menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan pemakai 3 bahasa dengan 17 persen penduduknya menggunakan tiga bahasa. Begitu beragamnya bahasa yang ada di Indonesia, namun tidak membuat bahasa Indonesia sendiri terkikis. Malah semakin kuat saja, ini terlihat dari banyaknya orang asing yang mempelajari bahasa Indonesia dan budaya tanah air kita. Di luar negeri sendiri beberapa kampus ternama juga menjadikan Bahasa Indonesia sebagai mata kuliahnya. Yuk langsung saja simak!

1. University of Shouthern Queensland, Australia

Universitas Shothern Queensland, Australia
Yang pertama adalah University of Shouthern Queensland yang berbasis di Toowoomba, Queensland, Australia. Universitas ini memiliki 3 kampus, di mana Bahasa Indonesia dipelajari secara menyeluruh dalam program Bachelor of Arts. Maka untuk mahasiswa yang mengambil jurusan ini juga akan belajar berbagai hal tentang Bahasa Indonesia.

2. National University of Singapore (NUS)

Universitas Nasiunal Singapore
NUS menjadi Universitas terkemuka dengan peringkat paling atas di Asia Tenggara dan Asia. Salah satu pusat studi bahasa di National University of Singapore juga memberikan mata kuliah Bahasa Indonesia.

3. University of Sydney, Australia

Universitas Sydney, Australia
Kita kembali lagi ke Australia, Bahasa Indonesia memang telah merasuk ke studi di Australia. University of Sydney yang memiliki jumlah mahasiswa S1 32.393 ini juga mengadakan program sarjana untuk studi Indonesia. Jadi tidak hanya bahasa Indonesia saja akan dipelajari namun lebih menyeluruh. Seperti sejarah, budaya dan politik di Indonesia.

Baca  Juga:
  1. Daftar 10 Universitas Terbaik di Dunia
  2. Tradisi Unik dan Aneh Kampus di Dunia
4. Tokyo University of Foreign Studies, Jepang

Universitas Tokyo (TUFS), Jepang
Tokyo University of Foreign Studies atau disingkat dengan TUFS memang dikenal sebagai pusat kajian internasional, penelitian dan pertukaran dosen sedunia. Bahasa Indonesia termasuk ke dalam 26 jurusan disana yang mengkaji bahasa asing dari berbagai negara, keren kan!

5. Australian National University

Universitas Australian Nastional. Australia

Hampir sama dengan di University of Sydney, namun di ANU jurusan ini hanya mempelajari bahasa Indonesia saja. Australian National University juga membuka jurusan Bahasa Indonesia.

6. Hong Bang University, Vietnam

Universitas Hong beng, Vietnam
Di Vietnam juga ada universitas yang menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahan studinya. Diantaranya adalah Hong Bang University. Sebab menurut Konsul Jenderal Republik Indonesia periode 2007-2008 bahasa Indonesia itu sejajar dengan bahasa Inggris, Perancis, dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diutamakan di Kota Ho Chi Minh.

7. Hankuk University of Foreign Studies, Korea Selatan

Universitas Hankuk
Tidak hanya orang Indonesia yang tertarik dan belajar bahasa Korea. Tapi ternyata orang Korea juga tertarik dengan Bahasa Indonesia. Buktinya di Hankuk University of Foreign Studies, Korea Selatan ada dua jursan sekaligus yang mempelajari tentang Bahasa Indonesia. Department of Malay-Indonesia di College of Oriental Language dan Department of Malay-Indonesian Interpretation College of Interpretation and Translation.

Nah itu dia universitas yang memasukkan Bahasa Indonesia dalam Mata Kuliah wajibnya. Semoga bermanfaat ya (diahanggra, style.tribunnews.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.