8 Ritual Agar Kamu Tidur Nyenyak dan Tidak Mimpi Buruk

Tidur merupakan kondisi tiak sadar dimana induvidu dapat dibangunkan oleh stimulasi atau sensoriyang sesuai atau juga dapat dikatakan sebagai keadaan tidak sadarkan diri yang relatif, bukan hanya keadaan penuh ketenangan tanpa kegiatan, tetapi lebih merupakan suatu urutan siklus yang berulang, dengan ciri adanya aktifitas yang minim, memiliki kesadaran yang bervariasi terhadap perubahan fisiologis dan terjadi penurunan respon terhadap rangsangan dari luar.

Banyak sekali penyebab susah tidur nyenyak. Mulai dari stres, kondisi kamar tidur, dan pola makan serta gaya hidup. Dan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak tanpa dihantui mimpi buruk, sejumlah solusi alternatif yang bisa kamu pilih. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. Yuk langsung saja simak!

Ilustrasi tidur
1. Konsumsi 1 sdt madu sebelum tidur.

Campur 1 sdt madu dengan air hangat secukupnya, lalu minum beberapa saat sebelum tidur. Mengonsumsi madu sebelum tidur ini juga bisa mengurangi rasa ingin mengonsumsi camilan malam hari.

2. Tarik dan hembuskan napas perlahan.

Rilekskan otot dan pikiran yang dengan melatih pernapasan. Tarik dan hembuskan napas perlahan setiap kali akan tidur. Agar tidur jadi lebih nyaman dan tenang.

3. Tidur dengan selimut tebal.

Selimut di sini bertujuan untuk menjaga suhu tubuh. Sehingga tidur bisa terasa lebih nyenyak.

4. Kondisikan suhu kamar.

Sebaiknya suhu kamar tidak terlalu hangat atau panas. Kondisikan suhu kamar yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu.

5. Meditasi 15 menit setiap hari.

Kesibukan dan rutinitas yang padat kerap membuat stres. Untuk mengatasi hal ini, coba lakukan meditasi 15 menit setiap harinya. Agar pikiran bisa lebih jernih dan pastinya bisa memaksimalkan waktu istirahat dengan baik.

Baca Juga:
  1. Ini Tandanya, Jika Kamu Tidur Tidak Bermimpi!
  2. Mengerikan, 4 Benda Yang Secara Tak Sadar Telah Kita Makan

6. Lakukan peregangan tubuh.

Sering merasa otot kaku saat bangun tidur? Coba lakukan peregangan ringan setiap kali akan tidur. Otot-otot yang rileks akan memudahkanmu mendapat tidur yang nyenyak.

7. Ngemil keju atau biskuit asin.

2 jam sebelum tidur, kamu bisa coba ngemil sedikit keju atau biskuit asin. Sehingga perut tak terlalu lapar ataupun kekenyangan dan tidur jadi lebih nyenyak.

8. Tidur di jadwal yang sama setiap harinya.

Atur jam biologis tubuhmu dengan memiliki jadwal jam tidur yang sama setiap harinya. Dengan cara ini, kebugaran tubuh bisa lebih mudah terjaga.

Nah, kamu bisa memilih cara yang sekiranya paling mudah dan bisa kamu lakukan dari cara-cara yang disebutkan di atas. Kondisi tubuh setiap orang pastinya berbeda satu sama lain. Tinggal bagaimana cara kita saja memilih cara yang paling tepat. (diahanggra, vemale.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.