Awas! Inilah 6 Narkoba Yang Dapat Ditemukan di Sekitar Rumah Kita

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Semua istilah ini, baik "narkoba" ataupun "napza", mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Menurut pakar kesehatan, narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Namun kini persepsi itu disalahartikan akibat pemakaian di luar peruntukan dan dosis yang semestinya.

Sekarang apakah kalian tahu bahwa zat adiktif dari narkoba ternyata ada di sekitar kalian, terutama di rumah.

Di dapur atau di kamar mandi, zat-zat yang memabukkan ternyata bisa ditemui di rumah, tanpa kita menyadarinya. Jika tidak hati-hati, bumbu dan obat ini bisa menuntun pada kecanduan, bahkan pada kematian.

1. Obat Anti Mabuk Perjalanan

Ilustrasi obat anti mabuk perjalanan
Obat ini mengandung Diphenhydramin, yang dalam dosis yang tepat dapat mencegah rasa mual dan pusing. Namun Diphenhydramin dapat mengakibatkan halusinasi jika dikonsumsi dalam dosis tinggi. Ini karena, Diphenhydramin memicu apa yand disebut sindrom antikolinergik, yang dapat mempercepat detak jatung, dan dapat mengakibatkan kejang-kejang.

2. Biji Pala

Biji pala
Dianggap sebagai alternatif murah bagi pecandu ectasy. Myristicin merupakan kandungan senyawa aktif pala yang dapat memabukkan. Dalam jumlah besar, pala bisa mendorong orang menjadi hiper aktif dan dapat menyebabkan halusinasi selama beberapa hari. Empat gram biji pala mampu membuat orang mabuk. Mengkonsumsi lebih dari 20 gram pala, dapat menyebabkan delirium parah dan bahkan menghentikan jantung.

3. Sirup Obat Batuk

Ilustarsi sirup obat batuk
Dosis tepat sirup obat batuk yang mengandung Dextromethorphan (DXM) dapat meredakan batuk Anda. Namun jika diteguk satu botol, obat ini bisa mengakibatkan halusinasi, paranoia dan pusing. Dosis tinggi obat ini memicu produksi hormon Dopamin dan memblokir reseptor yang disebut NMDA. Penyumbatan ini dapat mengakibatkan skizofrenia.

4. Pembersih Cat Kuku, Lem, Cat, Pernis, Spidol

Cat kuku
Narkoba sederhana, mudah didapat, murah…. dan sangat berbahaya. Benda-benda ini kerap disalahgunakan oleh para remaja, dengan cara menghirupnya. Paru-paru akan menghisap 50 persen gas dari produk kimiawi ini. Jika senyawa gas ini masuk ke aliran darah, sel darah merah akan mengangkutnya ke otak, menyebabkan halusinasi.

5. Deodoran

Deodoran
Kaleng deodoran biasanya diisi dengan gas propana atau butana. Gas ini mudah larut dalam lemak dan karena itu cepat didistribusikan ke otak. Jika dihirup, gas butana akan menggantikan oksigen dalam darah, dan menembus sistem saraf. Tubuh akan melepaskan adrenalin dalam jumlah besar, membuat orang mabuk.

Baca Juga :
  1. 5 Kebiasaan Yang Sama Berbahayanya Seperti Merokok
  2. Ketika Mendapat Jatah Jaga Saat Malam Hari Terjadi Kisah Mencekam!

6. Plester Penghilang Rasa Sakit

Plester penghilang rasa sakit
Fentanyl unsur aktif pada plester bagi pasien penderita kanker atau gangguan persendian untuk menghilangkan rasa sakit lebih kuat hingga 100 kali dibandingkan dengan morfin. Para pecandu narkoba mengkonsumsi Fentanyl dengan cara dihisap atau ditelan. Konsumsi berlebihan kerap berujung pada kematian, karena fentanyl dapat memperlambat pernafasan.

Nah sobat sandk udah taukan jadi jangan sampai disalahgunakan yak!
(Ref: sandk, catatansandk.com, dw.com, wikipedia.org)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.