Hati-Hati! Anak Korban Bully Beresiko Obesitas Saat Dewasa

Bullying adalah tindakan di mana satu orang atau lebih mencoba untuk menyakiti atau mengontrol orang lain dengan cara kekerasan. Ada banyak jenis bullying. Bisa menyakiti dalam bentuk fisik, seperti memukul, mendorong, dan sebagainya. Dalam bentuk verbal adalah menghina, membentak, dan menggunakan kata-kata kasar.

Bullying memang efeknya tidak instan tapi perlahan-lahan. Tapi yang perlahan-lahan itulah yang bisa membahayakan. Ternyata bullying bisa mengakibatkan obesitas lho. Yuk langsung saja simak!

Ilustrasi Korban buli
Dalam studi yang dipublikasikan di Psychosomatic Medicine, para peneliti meneliti apakah intimidasi dalam konteks modern seperti cyber bullying juga dapat menyebabkan efek yang sama. Para peneliti menganalisis data pada lebih dari 2.000 anak-anak melalui wawancara dengan ibu dan anak-anak pada usia 7, 10 dan 12.

Mereka menemukan bahwa 28 persen dari anak-anak dalam penelitian ini telah mengalami bullying pada sekolah dasar atau sekolah menengah. Baik bullying kronis maupun sementara menghasilkan efek yang buruk. Anak-anak yang kronis diganggu di sekolah 1,7 kali lebih mungkin kelebihan berat badan saat dewasa dibandingkan anak-anak non-diintimidasi. 

Baca Juga:
  1. Mengerikan, Di Kebun Binatang Ini Para Wisatawan Dimasukkan ke Kandang dan Diumpankan untuk Singa dan Harimau!
  2. 5 Kebiasaan Yang Salah Ini Bisa Membuat Tubuhmu Rentan Peyakit

"Studi kami menunjukkan bahwa anak-anak yang diintimidasi lebih cenderung memiliki kelebihan berat badan saat dewasa, dan itu bisa menjadi penyakit turunan genetik mereka setelah menjadi korban bullying," kata Andrea Danese, peneliti di King College London.

Sebisa mungkin orang tua harus tanggap dan segera membantu menyelamatkan anak yang jadi korban bullying. Pastikan anak mendapat jaminan dirinya merasa aman dan memiliki kekuatan untuk bisa menyelesaikan masalahnya. Dampingi anak dan beri motivasi selalu. Semoga informasi ini bermanfaat. (diahanggra, vemale.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.