Ini Dia 5 Makanan Yang Bisa Membawa Pengaruh Buruk Untuk Kesuburan Wanita

Kesuburan merupakan ukuran bagi seorang pria dan wanita untuk bisa memiliki anak. Sebagai alat ukur, tingkat kesuburan merupakan jumlah anak yang lahir per pasangan, orang, maupun populasi. Lawan dari kesuburan adalah kemandulan.

Usia kesuburan wanita berkisar antara 13-50 tahun. Pria sudah subur semenjak pubertas dan tidak akan pernah berhenti sampai masa tua. Kesuburan manusia bergantung pada faktor gizi, perilaku seksual, budaya, naluri, endokrinologi, waktu, ekonomi, gaya hidup, dan emosi.

Bagi kamu yang ingin subur Yuk hindari makanan berikut agar tidak menghambat masa subur kamu. Yuk langsung saja simak!

Ilustrasi Kesuburan
1. Kopi

Kandungan kafein dalam kopi menjadi masalah bagi tubuh. Mama tetap bisa mengonsumsi kafein namun porsinya benar-benar dikurangi. Pastikan Mama hanya mengonsumsi 200 mg kafein per hari. Jika berlebihan akan menyebabkan masalah kesuburan. Tidak hanya pada kopi, kafein juga ada di dalam minuman kemasan.

2. Ikan Bermekuri Tinggi

Omega-3 dalam salmon memang baik untuk Mama yang ingin hamil. Namun di sisi lain, ada ikan yang perlu Mama hindari misalnya ikan yang tinggi merkuri. Ikan hiu atau ikan pemburu menjadi jenis ikan yang punya kandungan racun tinggi. Merkuri dari dalam ikan bisa masuk ke dalam tubuh dan bahkan bertahan hingga satu tahun! Ikan yang tidak segar juga sebaiknya dihindari karena mengandung racun.

Baca Juga:
  1. Aneh, Remaja Perempuan Ini Mengalami Menstruasi Terus Menerus Selama 5 Tahun, Dokter Temukan Fakta Mengerikan!
  2. Benarkah Sarapan Dengan Oatmeal Lebih Menyehatkan Dibandingkan Nasi?

3. Kedelai

Tanaman ini mengandung banyak estrogen. Saat Mama terlalu banyak mengonsumsi kedelai artinya akan mengalami kelebihan estrogen. Kelebihan hormon artinya mengalami ketidakseimbangan hormon sehingga memengaruhi produksi sel telur dan ovulasi. Tidak perlu dihindari secara seluruhnya, Mama hanya perlu membatasi mengonsumi kedelai termasuk olahannya seperti susu, tahu dan tempe.

4. Daging Berlemak

Sebuah studi di Harvard University mengungkapkan daging olahan akan menurunkan kualitas sel telur maupun sperma. Kandungan lemak dalam daging dapat berpengaruh pada kesuburan. Daging olahan seperti nugget dan sosis juga perlu dibatasi. Kandungan pengawet dan bahan kimia lainnya dapat menganggu kesuburan Mama.

5. Gula

Jenis makanan yang buruk untuk kesuburan wanita berikutnya paling sering Mama temui dan konsumsi. Gula yang terllau tinggi dapat berpengaruh pada ketidak seimbangan hormon.

Maka, penting bagi Mama untuk membatasi makan permen, soda, minuman dan makanan dalam kemasan. (diahanggra, tribunnews.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.