Ini Tandanya, Jika Kamu Tidur Tidak Bermimpi!

Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep).

Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming. Dalam mimpi demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.

Pernah kah kamu mengalami mimpi? pasti pernah kan? Beberapa mimpimu ada yang membuatmu terkenang dan ada juga mimpi yang kamu gak inginkan. Namun kadang ada orang yang tak pernah bermimpi sama sekali. Tidur tanpa bermimpi ini artinya seseorang sedang mengalami kualitas yang baik.

Ilustrasi Mimpi
Menurut dr. Astuti Sp.S (K) dari Klinik Gangguan Tidur di RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta, mimpi adalah salah satu tanda tidur yang berkualitas.

Baca juga : Jika Jomblo Dapat 5 Mimpi Ini Tandanya Bakal Cepat Dapat Jodoh

“Kalau orang enggak pernah mimpi, berarti arsitektur (siklus) tidur tidak terpenuhi. Tidur tidak berkualitas,” ujar Astuti.

5 Siklus tidur

Astuti menjelaskan, tidur yang berkualitas mencapai lima siklus tidur. Pada tahapan tiga dan empat, biasanya seseorang mulai bermimpi. Dan ketika seseorang terbangun pada fase ini , maka mimpi pun akan sulit untuk di ingat.

Sementara pada tahapan terakhir, yaitu siklus rapid eye movement (REM), maka kehadiran mimpi biasanya lebih panjang. Seseorang akan mengalami tidur nyenyak atau pulas.

“Bahkan orang tersebut bisa menceritakan mimpinya secara utuh ketika terbangun,” kata Astuti.

Setelah melewati tahap REM, bangun tidur di pagi hari pun akan terasa segar dan fit. Sebab, pada tahapan terakhir, tubuh dipersiapkan untuk bangun.

Baca Juga:
  1. Mengerikan, 4 Benda Yang Secara Tak Sadar Telah Kita Makan
  2. Terkadang, Pria Yang Bersikap Dingin Membuat Kita Penasaran

Tidur berarti memberi kesempatan kepada tubuh, termasuk otak untuk beristirahat. Arsitektur atau siklus tidur yang normal berlangsung selama 7 jam atau tak lebih dari 8 jam.

Jadi , mimpi saat tidur bisa menjadi nilai kualitas tidur kamu. Tidur yang berkualitas juga dipengaruhi oleh pola hidup yang sehat.

Bagi kamu yang punya gangguan tidur , sebaiknya jaga pola hidup lebih sehat dengan menghindari minuman berkafein di malam hari, tidak melakukan aktivitas apapun di atas kasur selain tidur dan melakukan hubungan seks, hingga menciptakan kamar yang nyaman. (diahanggra, palingseru.com, wikipedia.org)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.