Manfaat Serai Untuk Kesehatan

Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Minyak serai adalah minyak atsiri yang diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut.

Selain digunakan sebagai penambah cita rasa pada masakan, serai juga digunakan sebagai bahan pengusir nyamuk karena salah satu kandungannya yaitu sitronela yang tidak disukai oleh nyamuk dan serangga lainnya. Ternyata banyak kandungan gizi yang terdapat dalam serai antara lain mineral seperti fosfor, mangan, potasium , kalsium, magnesium, tembaga, seng dan zat besi, serta vitamin-vitaminnya seperti vitamin A, vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin) B5 (asam pantotenat), B6, asam folat dan vitamin C. Tahukah Anda kalau serai ini sudah menjadi bahan favorit yang dimanfaatkan untuk kuliner maupun obat Thailand, Vietnam, Malaysia, kamboja dan bahkan di benua Afrika serta Amerika. Nah, dinegara lain sudah dimanfaatkan dalam berbagai hal, apa lagi di Indonesia. Lalu apa saja sih manfaat serai untuk kesehatan bila kita menggunakannya? Yuk langsung saja simak!
Serai
Memelihara Sistem Saraf
Kandungan magnesium, fosfor, dan folat yang terdapat dalam serai dapat membantu perkembangan fungsi saraf Anda. Kemudian dapat juga meningkatkan konsentrasi dan kemampuan otak dalam memproses informasi yang didapatkan.

Mengatasi Anemia
Zat besi sangat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Di dalam serai mengandung zat besi dan tentunya sangat berguna untuk membantu sel darah merah dan hemoglobin yang berperan dalam membawa oksigen keseluruh jaringan tubuh. Kalau Anda merasa lemas, cobalah untuk meminum rebusan serai ditambah manisnya madu agar tumbuh kembali fit dan segar lagi.

Mencegah Kanker
Dalam daun serai mengandung senyawa citral yang berperan sebagai zat anti-kanker yang dapat membunuh sel kanker dengan memproteksi sel dan jaringan sehat yang terdapat dalam tubuh kita. Selain itu, kandungan antioksidan dalam serai juga berperan dalam menangkal radikal bebas pemicu timbulnya kanker.

Mengatasi Diabetes
Dengan meminum teh serai, anda dapat membantu membersihkan pancreas dan meningkatkan fungsi pankreas tersebut. Hal itu mampu untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita penyakit diabetes.

Anti Bakteri
Serai mengandung sifat anti bakteri yang dapat mengatasi mikroorganisme jahat yang berada di dalam tubuh kita, detoksifikasi serta membersihkan darah dan dapat membantu menghilangkan bakteri jamur ataupun ragi.

Baca Juga:
  1. Manfaat Akar, Daun dan Buah Ciplukan Untuk Kesehatan
  2. 11 Manfaat Petai Untuk Kesehatan Kita

Detoksifikasi
Serai mengandung senyawa anti-oksidan, anti-septik dan efek deuratik yang berperan dalam membantu membersihkan serta memurnikan kandung kemih, pankreas, hati, dan ginjal. Kemudian serai juga dapat meningkatkan sirkulasi darah. Sedangkan efek deuratik akan mengeluarkan racun secara efektif.

Menurunkan Berat Badan
Efek deurotik dalam serai dapat membantu Anda dalam mengeluarkan lemak secara detoksifikasi. Bagi Anda yang sedang menjalani program diet tak ada salahnya untuk mencoba meminum rebusan serai dan bila Anda ingin menambahkan rasa manis maka tambahkanlah madu secukupnya.

Anti Inflamasi dan Anti Septik
Sifat anti-inflamasi dan anti-septik dalam serai mampu mengobati penyakit arthritis, asam urat serta radang saluran kemih.

Mengurangi Kolesterol
Kandungan zat anti-kolesterol yang terdapat dalam serai, dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol yang terdapat di usus serta membantu oksidasi LDL atau kolesterol jahat dalam darah.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat serai untuk kesehatan. Semoga bermanfaat. (diahanggra, 1000macammanfaat.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.