Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan Kita

Tidur pada siang hari sering kali dihadapkan kepada stigma sosok yang malas atau kurang antusias dalam bekerja, namun hal itu tidak sepenuhnya benar. Justru tidur siang dapat meningkatkan produktivitas seseorang.

Memang kebanyakan orang sangat membutuhkan tidur siang. Orang yang sering sekali memanfaatkan untuk tidur siang, jika tidak tidur siang maka orang tersebut merasakan pusing. Tidur siang memang banyak manfaatnya. Yuk langsung saja simak!

Ilustrasi tidur siang
Manfaat Tidur Siang

1. Meningkatkan daya ingat otak

Manfaat tidur siang ternyata mampu meningkatkan daya ingat pada otak, sangat baik khususnya bagi orang tua (lansia). Karena semakin meningkatnya umur, mereka cenderung melupakkan memori di masa lampau dan menurunnya daya ingat.

Bagi anak-anak, dapat meningkatkan kerja otak dalam mengingat sesuatu. Anak-anak pun sama pentingnya karena mereka belajar dan mungkin mengkhafal setiap pelajaran yang mereka dapatkan disekolah. Konon katanya manfaat tidur adalah duplikasi dari manfaat air putih untuk kesehatan tubuh kita, “melancarkan segalanya”.

2. Meningkatkan Kewaspadaan

Ada saatnya ketika kelopak mata sulit terbuka, terutama setelah makan siang dan anda mengalami kantuk berat. Jika sudah begini, anda tentu tidak melakukan pekerjaan dengan baik dan cepat. Setidaknya luangkanlah waktu untuk tidur siang dan kemudian kembali melanjutkan aktivitas seperti semula.

Sebuah studi dari NASA menemukan bahwa 40 menit tidur siang akan meningkatkan kewaspadaan sampai dengan 100%. Penelitian lain menemukan bahwa 20 menit tidur siang lebih efektif daripada 200 mg kafein atau olahraga. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa pilot yang diizinkan untuk tidur siang selama 25 menit (digantikan co-pilot) melakukan kesalahan lebih sedikit selama take-off dan pendaratan.

Mah Ini adalah manfaat tidur siang yang paling ampuh, yaitu meningkatkan kewaspadaan.

3. Meningkatkan Mood

Neurotransmitter serotonin mengatur suasana hati, tidur, dan selera kita, ia juga menghasilkan perasaan kepuasan dan kesejahteraan. Tapi ketika tubuh kita stres, serotonin yang digunakan juga lebih tinggi dan sementara produksinya berhenti. Akibatnya, kita bisa menjadi cemas, mudah marah, depresi, kewalahan, dan mudah terganggu. Menurut Mednick, “tidur siang menggenangi otak dengan serotonin, membalikkan efek tersebut dan menciptakan pandangan yang lebih positif.”

4. Meningkatkan Fungsi Indera dan Kreativitas

Menurut ilmuwan napologist, Sara Mednick C., tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik sama efektifnya seperti tidur malam. Manfaat tidur siang juga meningkatkan kreativitas dengan memberikan berbagai ide baru dan membuka wawasan yang ada di otak anda.

5. Mengatasi Insomnia

Tidur siang ternyata mampu mengobati insomnia (susah tidur di malam hari). Kebiasaan gejala susah tidur saat malam hari ini tidak baik bagi kesehatan. Tubuh pun perlu istirahat dan memejamkan mata hingga terlelap, jika hal sepele ini diabaikan maka bersiap anda akan terkena kelelahan, daya ingat menurun, sulit untuk berkonsentrasi, hingga pada penurunan kualitas kerja dan sampai meningkatkan risiko kecelakaan.

Tentu ini akan sangat berbahaya bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk orang sekitar, tidur siang merupakan obat penganti sulit tidur malam hari yang biasa kita sebut insomnia.

6. Mengurangi Stress

Stress merupakan salah satu sumber penyakit berbahaya lainnya seperti gangguan syaraf dan jantung. Banyaknya aktivitas yang di kerjakan, otak menjadi lebih tegang karena terlalu banyak berfikir secara terus menerus, bisa menjadi beban bagi otak dan membuat stress yang berlebihan. Betapa pun banyaknya aktivitas yang dijalani, sebaiknya dapat tidur siang beberapa menit saja. Hal ini dikarenakan tidur siang dapat mengoptimalkan seluruh organ tubuh untuk kembali menjalani aktivitas dengan lancar.

Baca Juga:
  1. Manfaat Buah Tin dan Buah Zaitun Untuk Kesehatan
  2. Manfaat Akar, Daun dan Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

7. Mencegah penyakit jantung & stroke

Tidur siang pun ternyata juga mampu mencegah penyakit jantung, bayangkan jika kita sedang memaksakan diri untuk tidak tidur, padahal mata sudah “5 watt” pasti yang terjadi adalah jantung akan berdetak lebih kencang. Selain itu yang lebih parah lagi jika anda memaksakan meminum kopi atau minuman energi yang mengandung kafein tentu pasti berakibat buruk. Jika melakukan tidur siang singkat selama 20-40 menit setiap harinya akan dapat mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke.

8. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Kurang tidur menyebabkan kelebihan hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres, membantu kita dalam respon anggota tubuh. Kelebihan kortisol meningkatkan intoleransi glukosa dan lemak perut, melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh, Mengurangi tingkat hormon pertumbuhan dan testosteron pada tubuh kita akan membantu mencegah hal ini. Efek dari kelebihan hormon ini akan merusak dan dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung.

9. Meningkatkan Produktivitas

Orang yang sudah lelah, jika terus di paksakan akan menghasilkan pekerjaan yang sangat tidak baik. Tidur siang adalah salah satu solusi untuk meningkatkan produktivitas.

Manfaat Tidur Siang Lainnya
  • Meningkatkan Stamina
  • Mengurangi risiko pikun
  • Mengembalikan tenaga yang hilang
  • Meningkatkan efektivitas dalam bekerja
  • Meningkatkan kebugaran tubuh
  • Membuang toxin dalam tubuh.
  • Melancarkan metabolisme

Jika ditanya apa manfaat tidur siang yang paling ampuh untuk kita ? jawabannya adalah meningkatkan kewaspadaan. Pekerjaan yang mewajibkan kewaspadaan seperti sopir, pilot, pekerja lapangan, bahkan ahli komputer dan programmer penting untuk tidur siang jika memang sudah tidak tertahan. Jangan sepelekan tidur siang yang singkat ini, namun tentu tidur siang harus dilakukan sewajarnya

Tipe Tidur Siang

Untuk mendapatkan manfaat besar dari tidur siang, sebaiknya kita mengenal 3 tipe tidur siang :
  1. Tidur siang yang direncanakan. Terjadi ketika anda mengambil tidur siang sebelum benar-benar mengantuk. Anda dapat menggunakan teknik ini ketika tahu bahwa anda membutuhkan istirahat sebelum terjadi kelelahan dan pusing.
  2. Tidur siang darurat. Terjadi ketika secara tiba-tiba anda sangat lelah dan tidak dapat melanjutkan aktivitas rutin. Jenis tidur siang ini dapat digunakan untuk memerangi kantuk saat mengemudi atau kelelahan saat menggunakan mesin berat dan ini wajib dilakukan karena akan berbahaya.
  3. Tidur siang rutin. Dilakukan ketika seseorang mengambil tidur siang pada waktu yang sama setiap hari. Anak-anak kecil mungkin tertidur pada waktu yang sama setiap sore atau orang dewasa mungkin mengambil tidur siang singkat setelah makan siang setiap hari.

Tips Tidur Siang Yang Baik

Tidur siang harus dilakukan secara bijak, karena jika tidak maka bukannya manfaat yang diperoleh melainkan penyakit yang semakin menumpuk. Berikut adalah beberapa tips jika anda ingin tidur siang dan mendapatkan manfaat optimal dari proses tersebut.
  • Tidur siang singkat biasanya disarankan selama 20-30 menit untuk meningkatkan kewaspadaan jangka pendek. Jenis tidur siang ini akan memberikan manfaat yang signifikan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kinerja tanpa mengganggu jam tidur di malam hari.
  • Usahakan jangan melakukan tidur siang sebelum jam 12 siang
  • Pastikan tempat tidur anda nyaman
  • Pastikan suhu ruangan sesuai dengan kebutuhan anda
  • Jangan mengambil tidur siang terlambat (biasanya sudah sore) karena akan mengganggu pola tidur di malam hari. Karena kualitas dan manfaat tidur di malam hari juga jauh lebih baik.

Jika anda seorang karyawan, pastikan bahwa jika mata sudah sulit terbuka (‘5 watt’) untuk izin tidur beberapa menit (20-30) menit namun tidak mengganggu pekerjaan anda. Jika anda seorang bos, pastikan tidak melarang aktivitas ini, terutama jika pekerjaan karyawan tersebut sangat vital. (diahanggra, manfaat.co.id)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.