Mengerikan, 4 Benda Yang Secara Tak Sadar Telah Kita Makan

Makanan adalah bahan, biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan, yang dimakan oleh makhluk hidup mendapatkan tenaga dan nutrisi. Cairan yang dipakai untuk maksud ini sering disebut minuman, tetapi kata 'makanan' juga bisa dipakai. 

Kita sering sekali mengira bahwa hasil olahan makanan yang diperjual belikan bebas di pasaran dan yang sudah berstandarisasi dari badan pengawasan makanan adalah makanan sehat dan aman. Namun, siapa yang mengira, jika makanan sehat dan aman yang kita kira ini menggunakan bahan-bahan seperti cat.

Ilustrasi cat
Nah, kamu yang mendengarnya pasti terkejut bukan. Tapi inilah fakta sebenarnya yang tidak pernah kamu ketahui selama ini.

1. Cat

Sadar tidak sadar, makanan yang berwarna merah yang mungkin pernah kamu konsumsi mengandung cat. Biasanya, kandungan cat pada makanan ini diberi kode E171 yang berarti Titanium Dioksida. Ternyata Titanium Dioksida juga ditemukan pada produk kosmetika karena zat ini sangat baik untuk memutihkan dan memantulkan cahaya. Zat ini sering ditemukan pada krimmer kopi, saus salad, dan berbagai hal yang terlihat lebih putih daripada biasanya.

2. Serpihan kayu

Jika mendengar kata serpihan kayu, siapapun pasti tidak ingin memakannya. Tapi tanpa kamun sadari selama ini kamu telah memakannya. Ya, olahan serpihan kayu ini sering digunakan dalam produk keju, es krim rendah lemak, dan roti. Daftar makanan yang sering kamu makan bukan?

Baca Juga:
  1. Terkadang, Pria Yang Bersikap Dingin Membuat Kita Penasaran
  2. Ini Dia Tips Untuk Kamu Yang Terlibat Cinlok di Kantor

Tapi tenang, sebelum digunakan ke dalam olahan makanan, serpihan kayu ini sudah melalui beberapa proses terlebih dahulu, yang kemudian diekstrak menjadi selulosa. Yaitu sebuah zat yang dapat menambah serat dalam makanan yang dikonsumsi. Jadi, serpihan kayu ini sudah aman untuk dikonsumsi oleh manusia.

3. Pasir pantai

Pernah mengonsumsi garam, tepung, dan krimmer kopi? Itu berarti kamu juga pernah mengonsumsi pasir pantai. Ternyata beberapa produk makanan tersebut menggunakan bahan berupa pasir pantai. Peran pasir pantai dalam produk ini rupanya sangat penting. Dengan menambahkan pasir pantai, maka produk makanan tersebut akan terhindar dari kelembapan berlebihan.

4. Botol plastik

Zat yang ada dalam botol plastik yang bernama propylene glycol ternyata sering digunakan ke dalam produk makanan. Zat tersebut berfungsi sebagai anti beku. Biasanya anti beku ini ditambahkan ke dalam produk minuman seperti soda, alkohol, dan makanan yang dipanggang. Anti beku ini juga menambah rasa dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.(diahanggra, palingseru.com, wikipedia.org)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.