Olahraga Bisa Mengurangi Keinginan Untuk Mengemil

Ngemil adalah makan makanan ringan di luar waktu makan utama yaitu sarapan, makan siang dan makan malam. Bagi orang yang memiliki kelebihan berat badan atau kegemukan (obesitas), kebiasaan ini dianjurkan untuk dikendalikan untuk mengupayakan berat badan ideal

Apakah kamu tahu? bahwa ada cara yang jauh lebih sehat untuk dijadikan pelampiasan saat bosan atau stres daripada ngemil, yaitu olahraga. Sebuah penelitian menemukan bahwa ada cara baik melindungi tubuh dari efek negatif kebanyakan makan dan rasa bosan, yaitu latihan fisik.

Ilustrasi mengemil
Bukan hal yang mengejutkan memang. Semua orang tahu bahwa olahraga adalah cara utama menjaga berat badan dan menjaga tubuhmu tetap sehat. Tapi ternyata olahraga juga bisa mengalihkan keinginanmu untuk ngemil lho.

Para peneliti dari University of Michigan mencoba melihat apakah seminggu ngemil memiliki pengaruh yang sama dengan seminggu olahraga untuk mengalihkan perhatian bosan dan stres. Partisipan dibagi menjadi dua kelompok, yang melakukan olahraga dan yang tidak. Kelompok olahraga diminta melakukan latihan fisik selama 150 menit sedang yang lain tidak.

Baca Juga:
  1. Jangan Melakukan Hal Ini Jika Kamu Ingin Sehat!
  2. 10 Makanan Tersehat di Dunia!

Ternyata, kelompok yang melakukan olahraga memiliki keinginan lebih sedikit untuk ngemil dibanding mereka yang tidak melakukan apa-apa. Kadar gula darah orang yang tidak melakukan olahraga akan meningkat sehingga membuat mereka lebih ingin ngemil.

Ada perbedaan besar dalam aktivitas metabolisme tubuh kedua kelompok ini. Namun Alison Ludzki, kepala penelitian ini mengatakan bahwa penelitian ini masih butuh banyak pengembangan untuk mengetahui lebih jauh mengenai pengaruh olahraga dan keinginan ngemil.

Namun paling tidak, kini kamu tahu bahwa melakukan aktivitas dan menjaga tubuh tetap aktif ternyata bisa mengalihkan perhatianmu untuk ngemil. Karena kurangnya kesibukan, banyak orang akhirnya terjebak dengan aktivitas ngemil, yang membuat tubuh gemuk. (diahanggra, vemale.com, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.