5 Daftar Gempa Bumi Terdahsyat Dengan Total Kerugian Terbesar di Dunia

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi).

Gempa bumi berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) mengguncang Pidie Jaya, Aceh, Rabu lalu. Hingga hari keenam, gempa tercatat menyebabkan kerusakan fisik meliputi rumah 11.668 unit, masjid 61 unit, meunasah 94 unit, ruko 161 unit, kantor pemerintahan 10 unit, fasilitas pendidikan 16 unit, dan lainnya.

Wakil Bupati Pidie Jaya selaku Komandan Satgas Tanggap Darurat di Pidie Jaya, Said Mulyadi, mengatakan data terkait kerusakan infrastruktur, rumah, ruko, fasum (kantor pemerintah, pendidikan, masjid) lain belum diterima dengan sempurna. 

"Camat telah diperintahkan sampaikan hari ini untuk disampaikan sebagai data sementara. Rumah yang hancur dan berapa yang rusak berat, sedang dan ringan harus segera didata dan dilaporkan ke Posko Utama," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (12/12).

Selain gempa di Pidie Jaya, Aceh, beberapa negara lain juga pernah mengalami bencana berkekuatan tinggi dan merobohkan banyak bangunan, sehingga menyebabkan kerugian besar.

Dilansir dari Most Luxurious List, di bawah ini daftar negara yang pernah mengalami gempa hebat yang menyebabkan kerugian besar.

1. Gempa Cile

Gempa Cile
Cile, pada Mei 1960, dihantam gempa besar berkekuatan sekitar 9,5 SR. Guncangan gempa yang berlangsung hingga berjam-jam menyebabkan hampir 5.700 orang meninggal dunia.

Selain korban jiwa, gempa juga menyebabkan kerugian meteril yakni rubuhnya sejumlah bangunan. Kerugian ditaksir mencapai USD 675 miliar atau setara Rp 9.003,8 triliun (USD 1=Rp 13.338) di Cile serta Alaska.

2. Gempa San Fransisco

Gempa San Fransisco
Gempa juga sempat mengguncang San Fransisco, salah satu kota besar di Amerika Serikat, pada 1906. Gempa berkekuatan 7,8 SR berpusat di teluk San Fransisco ini menyebabkan tsunami yang meluluhlantakan sejumlah bangunan.

Total kerugian bangunan diperkirakan sebesar USD 524 juta atau setara Rp 6,9 triliun, dan merengut nyawa 3.000 orang.

3. Gempa Peru

Gempa Peru
Peru mengalami gempa hebat pada medio Mei 1970. Gempa berkekuatan 7,9 SR merubuhkan sejumlah bangunan besar di negara tersebut sehingga menimbulkan banyak korban jiwa. Setidaknya sebanyak 66.000 orang tercatat tewas. 

Kerugian yang dirasakan pun cukup besar yakni USD 500 juta atau setara Rp 6,7 triliun. Ilmuan di negara ini menjelaskan bahwa gempa yang dialami diakibatkan pergeseran lempengan Samudera Pasifik.

4. Gempa Alaska

Gempa Alaska yang diikuti Tsunami
Gempa Alaska menjadi yang salah satu terbesar di dunia. Gempa berkekuatan 9,2 SR mengguncang Alaska pada 1964.

Pangeran Alaska, William, salah satu korban gempa saat itu. Total sebanyak 110 orang tewas dan kerugian yang dialami mencapai USD 311 juta atau setara Rp 4,1 triliun.

Masifnya dampak gempa, butuh waktu lama bagi Alaska untuk pulih dan membangun kembali wilayahnya.

5. Gempa China

Gempa China
Pada 1976 China sempat diguncang gempa berdaya 7,5 SR. Gempa di China dipicu oleh pergeseran lempeng Samudera Pasifik. 

Akibat gempa tercatat sebanyak 250.000 orang tewas karena keruntuhan bangunan. Gempa selain meninggalkan trauma mendalam juga menyebabkan kerugian materil mencapai USR 655.000 atau setara Rp 8,7 miliar.

Baca Juga :
  1. Inilah Menara Yang Kelak Akan Menjadi Tempat Turunnya Nabi Isa as di Hari Kiamat
  2. Video Tentara Israel Lempari Batu ke Anak SD Palestina Bikin Siapa Saja Geram
  3. Inilah 6 Orang Yang Mempunyai Nama Terpanjang
  4. Cerita Mengharukan Dari Para Pedagang Sari Roti Yang Dagangannya Tak Laku
  5. Ternyata Tidur Larut Malam Baik Untuk Kesehatan dan Kecerdasan
(Ref: sandk, catatansandk.com, merdeka.com, wikipedia.org, mostluxuriouslist.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.