7 Mata Uang di Beberapa Negara Ini Paling Sulit Untuk di Palsukan!

Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang

Tindak kejahatan pemalsuan uang sering terjadi di berbagai negara. Bahkan di Indonesia sendiri juga sering terjadi.

Oleh sebab itu, pemerintah mengambil tindakan dengan menciptakan pecahan uan terbaru yang dikatakan sangat sulit untuk dipalsukan.

Ini karena pecahan uang rupiah terbaru yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia ini disebut memiliki tingkat pengamanan paling baik. Yaitu dari colour shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature (level 2), tactile effect dan rectoverso.

Namun, sebelum pecahan uang rupiah ini, ada beberapa mata uang di dunia yang dikatakan memiliki pengamanan paling baik di dunia dan sangat sulit untuk dipalsukan. Yuk langsung saja kita lihat!
1. 10 ribu Tenge, Kazakhstan

Kaxakhstan
Pecahan uang 10 ribu Tenge adalah jenis pecahan pertama yang menggunakan benang pengaman yang bisa terlihat dari dua sisi. Benang ini memiliki tanda khusus yang bisa dikenali dengan mudah.

2. 50 Peso, Meksiko

Meksiko
Pecahan uang 50 Peso, terbuat dari polimer plastik berlapis yang bisa berubah warna saat dilipat. Fitur ini sangat sulit untuk ditiru dengan alat canggih apa pun.

3. 1.000 Kronor, Swedia

Swedia
1.000 Kronor dibuat dengan tanpa pengaman yang sangat unik. Pecahan ini menggunakan benang mikrolens, yang juga digynakan oleh  pecahan 100 dolar Amerika Serikat.

4. 10 Dolar, Hong Kong

Hongkong
10 dollar Hong Kong dibuat menggunakan tinta khusus yang sangat sulit didapatkan dan ditiru. Dengan tinta khusus tersebut juga akan membuat uang pecahan 10 dollar memiliki tekstur yang berbeda.

5. 10 Rupee, Nepal

Nepal
10 Ruppe dari Nepal terbuat dari  benang metalik yang dicampurkan dalam kertasnya. Bahan polimer yang digunakan untuk pecahan uang 10 Rupee ini sangat sulit untuk dipalsukan.

6. 1.000 Dinar, Irak

Irak
1.000 dinar dari Irak dibuat dengan huruf yang menonkol. Uang ini juga dicetak dengan tinta khusus dengan pengaman yang khusus juga dan hanya bisa dilihat dari bawah sinar ultraviolet.

7. 20 Pound sterling, Inggris

Inggris
20 Poundsterling asal Inggris memiliki benang holograp yang permanen. Tulisan benang tersebut hanya bisa dilihat saat uang dilipat.

Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.