9 Sekolahan Yang Mempunyai Konsep Belajarnya Sangat Unik

Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa/murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar negara memiliki sistem pendidikan formal, yang umumnya wajib. Dalam sistem ini, siswa kemajuan melalui serangkaian sekolah.

Penerapan sistem dalam sekolah biasanya berbeda-beda. Di negara pun juga seperti itu, belum tentu sama pasti sistemnya berbeda-beda. Biasanya setiap sekolahan itu memberi kenyamanan untuk para muridnya. Ada beberapa hal yang mungkin kamu heran, di beberapa sekolah ini menerapkan konsep yang sangat jarang di terapkan oleh sekolah lain. Yuk langsung saja simak!

Tidak hanya di Finlandia ternyata banyak sekolah lain di berbagai negara yang menerapkan konsep pendidikan yang tak lazim.

1. Steve Jobs School

Steve Jobs School
Sekolah ini didirikan oleh perusahaan ponsel, Apple dengan menggunakan kurikulum berbasis pada iPad. Di Belanda, Steve Jobs School telah berdiri di tujuh kota Sneek, Breda, Almere, Emmen, Heenvliet, dan Amsterdam. Yang menarik dari Steve Jobs School ini adalah hadir kurikulum khusus untuk anak 4 - 12 tahun yang memperlakukan semua siswa secara sama.

2. Sekolah di Finlandia

Finlandia
Sekolah di negara ini punya konsep pendidikan yang unik dan tak lazim. Berbeda dengan sekolah pada umumnya, guru sangat menghargai siswanya yang merasa lelah saat belajar. Suasana sekolahnya dibuat sangat santai, guru hanya menghabiskan beberapa jam saja di dalam kelas, hampir tidak ada PR dan tidak ada ujian nasional. Sekolah menyediakan makanan, perawatan medis, konseling dan layanan taksi jika diperlukan dan semuanya gratis. Kurikulumnya memang dirancang agar membuat siswanya menjadi tidak stres.

3. Sra Pou Vocational School

Sra Pou Vocational School
Terletak di Desa Sra Pou, Kamboja sekolah ini punya misi untuk membangun masyarakat. Uniknya sekolah ini dibangun dibangun oleh anggota masyarakat, untuk masyarakat, untuk belajar bagaimana mengubah gairah mereka menjadi pada bisnis. Sekolah ini dirancang oleh arsitektur asal Finlandia Rudanko dan Kankkunen yang diperuntukkaa bagi siswa segala usia. Gurunya berasal dari sebuah LSM lokal setempat.

4. Egalia Pre-school

Egalia
Sekolah pra-sekolah atau TK ini terletak di Stockholm, Swedia. Sekolah ini terkenal karena kesetaraan gendernya, jadi anak-anak yang sekolah di sana tidak dibedakan antara laki-laki dan perempuan. Sistem sekolah di Egalia didirikan total kesetaraan antara siswa. Sistem ini terdiri dari dua sekolah, Egalia dan Nicolaigården, yang menolak pengajaran berbasis gender dengan bahwa anak-anak ini kelak memikirkan satu sama lain pada istilah yang sama.

5. P-TECH High School

P-TECH
Sekolah yang berlokasi di Brooklyn, New York ini merupakan sekolah yang menjembatani sekolah dengan perguruan tinggi. P-TECH diluncurkan pada tahun 2011 oleh IBM untuk memberikan remaja di New York menuju ke perguruan tinggi yang biasanya ditempuh empat tahun. Sebaliknya, siswa P-TECH dapat menyelesaikan gelar hanya dalam enam tahun. Didorong oleh bimbingan dan magang di bidang STEM, tahun kelima dan keenam siswa akan mendapatkan gelar sarjana dari New York City College of Technology, dan  Tapi banyak juga siswanya yang lulus lalu mengejar gelar sarjana lagi sesudahnya.

6. Ørestad Gymnasium

Orestad
Sekolah dalam kubus yang berlokasi di Kopenhagen, Denmark ini adalah salah satu kelas raksasa, di mana terdapat lebih dari 1.100 siswa. Siswanya menghabiskan setengah waktu belajar di sebuah kubus kaca yang luas atau sebuah gymnasium. Tujuan dari sekolah ini adalah untuk untuk menghindari instruksi tradisional. Dengan mendorong siswa untuk berkolaborasi dalam pengaturan yang terbuka lebar, sekolah berharap anak-anak akan punya cara berpikir fleksibel pada topik yang beragam di kemudian hari.

7. Sekolah 'Dunia Nyata' Big Picture Learning

Sekolah dunia nyata
Sekolah yang terletak di Rhode Island, Amerika Serikat memecahkan dinding pembatas antara pendidikan dan dunia kerja. Dari awal, siswanya akan belajar sesuai kesukaan dan kreatifitas mereka. Untuk membantu menyalakan minat, siswa dipasangkan dengan mentor yang bekerja di bidang yang sesuai.

8. Carpe Diem Schools

Carpe Diem School
Sekolah yang terletak di Ohio, Amerika Serikat ini dibangun mirip seperti kantor. Karena kelasnya terlihat lebih seperti gedung perkantoran daripada ruang kelas. Di dalam ruang utama, yang dikenal sebagai The Learning Center, ada 300 bilik (satu untuk setiap siswa). Dimana setiap biliknya merupakan rumah komputer yang memandu siswa dalam belajar.

9. Makoko Floating School

Makoko, Nigeria
Sekolah yang terletak di Lagos, Nigeria ini merupakan sekolah yang mengapung di atas air. Berada di lingkungan mengambang Makoko, ini merupakan sekolah untuk segala usia. Sekolah ini berfungsi sebagai ruang belajar komunal dan contoh bagi proyek-proyek pembangunan masa depan di daerah pesisir Afrika. Bingkai segitiga Makoko terdiri dari tiga tingkat, dibangun untuk menahan naiknya permukaan air di laguna. Sekolah dibuat oleh perusahaan NLE, Heinrich Böll Foundation dan PBB dengan area 1000 kaki persegi yang meliputi area bermain, toilet kompos, dan ruang kelas, yang semuanya dapat menampung hingga 100 siswa atau warga.

Nah, itu semua sekolah-sekolah yang menerapkan konsep pendidikan yang tak lazim.

Baca Juga:
  1. Hati-Hati, Ini 5 Tanda Prangkeasmu Bermasalah
  2. Jika Ujian Hidupmu Berlika-Liku, Maka Bersabarlah Bahwa Kamu Sedang di Perkuat!
  3. Shalat Jum'at Dijalanan Sah atau Tidak? Ini Dia Penjelasannya Berdasarkan Sejarah!
  4. Kasih Yang Tak Terbalas "Maafkan Aku Ibu"
  5. Apakah Benar? Hand Sanitizer Bisa Menggantikan Sabun Pencuci Tangan?
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, style.tribunnews.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.