Ada 4 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Kulitmu Berjerawat!

Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.

Ketika jerawat muncul, tak sedikit wanita yang langsung mencoba berbagai macam cara untuk mengatasinya. Ada yang mencoba berbagai pengobatan tradisional menggunakan bahan-bahan alami, ada juga yang langsung bikin janji dengan dokter kulit. Apapun yang dilakukan wajar kok, karena setiap wanita pasti menginginkan kulit yang sehat dan bersih. Namun, saat jerawat tak kunjung hilang, ada baiknya cek beberapa hal berikut ini. Mungkin ada yang tanpa disadari terlewat dari perhatian Anda selama ini. Yuk langsung saja simak!

Kulit Berjerawat
1. MEMBERSIHKAN MUKA DENGAN TELITI

Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah banyaknya kotoran yang menumpuk di dalam pori-pori. Entah Anda beraktivitas di luar ruangan maupun tidak, menggunakan makeup atau tidak, debu atau kotoran bisa sampai ke dalam ruangan. Jika tercampur dengan minyak alami yang diproduksi kulit, kombinasi ini bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan berpotensi menimbulkan jerawat.

Idealnya, kita perlu membersihkan wajah di pagi dan malam hari. Anda yang menggunakan makeup, gunakan makeup remover seusai beraktivitas untuk mengangkat makeup terlebih dulu, kemudian gunakan cleanser yang mampu membersihkan kulit. Nah, yang perlu diperhatikan adalah pemilihan cleanser yang dipakai. Pilih cleanser yang soap-free, bisa membersihkan kulit tanpa membuat kulit terasa kering atau tertarik.

2. PILIH PRODUK YANG PUNYA KANDUNGAN UNTUK MELAWAN JERAWAT

Ada beberapa kandungan yang terbukti ampuh mengatasi jerawat. Di artikel ini, Anda bisa melihat penjelasan untuk masing-masing kandungan seperti salicylic acid, benzoyl peroxide, dan glycerin yang punya manfaatnya tersendiri untuk jerawat. Nah, pilih toner, serum, pelembap, dan spot treatment dengan kandungan yang bisa melawan jerawat. Karena tiap kulit bisa memberi reaksi yang berbeda, coba untuk sesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda dan lebih aware dengan perubahan yang terjadi. Jika merasa kulit jadi terlalu kering, beri jeda pemakaian menjadi dua atau tiga hari sekali.

3. HINDARI FACE SCRUB UNTUK SEMENTARA WAKTU

Bagi Anda yang sedang berjerawat, hindari menggunakan face scrub untuk sementara, terlebih di saat jerawat sedang meradang. Menggunakan face scrub dapat membuat jerawat semakin meradang dan kulit semakin kering. Kulit yang semakin kering justru memicu produksi minyak yang berlebih, lho. Lalu bagaimana cara mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk tanpa face crub? Coba alternatif lain seperti menggunakan acid exfoliant (Anda bisa mencoba BHA) yang lebih lembut dan efektif untuk kulit berjerawat. Kalau kulit sudah terlanjur terasa panas, perih, atau iritasi, gunakan face spray yang bisa menenangkan dan menyejukkan kulit.

4. SABAR

Kalau bersangkutan dengan kesehatan dan kondisi kulit, hampir tidak ada sesuatu yang instan. Apalagi kalau kita berbicara tentang jerawat. Karena bagaiamanapun, kita tidak bisa membandingkan produk skincare dengan produk makeup yang begitu diaplikasikan langsung terlihat seperti apa hasilnya. Butuh kesabaran untuk mengenal kembali kebutuhan kulit, mencari tahu penyebab jerawat, dan memilih produk yang sesuai. Produk perawatan kulit biasanya butuh waktu beberapa minggu sampai hasilnya mulai terlihat. Coba konsisten dulu dengan satu rutinitas skincare yang Anda jalani, dan tunggu beberapa minggu untuk mengetahui hasilnya ya.

Baca Juga:
  1. Tafsir Surat Al-Fajr Tentang Kebakaran di Israel
  2. Inilah 8 Foto Yang Mengguncang Dunia
  3. 10 Keajaiban Alam ES di Dunia
  4. Azab Kebakaran Israel, Belerang Keluar Dari Perut Bumi dan Meledak Tinggi di Ibu Kota Israel
  5. Pelajaran Yang Sangat Berharga Dari Tragedi Genosida Umat Islam Bosnia
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, vemale.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.